Sains

Ada Bukti Keberadaan Gunung Berapi, Mars Makin Layak Huni?

Diakui oleh ilmuwan, Mars memiliki banyak kejutan.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Planet Mars. (Wikipedia/NASA)
Planet Mars. (Wikipedia/NASA)

Hitekno.com - Ilmuwan baru saja menemukan bukti keberadaan Gunung Berapi di Planet Mars yang aktif secara geologis dan vulkanik. Penemuan ini jelas saja semakin membuat planet merah ini sangat layak huni untuk manusia.

Penemuan Gunung Berapi di Mars ini berdasarkan pada studi fitur vulkanik di permukaan Mars. Dari kemunculannya, nampak bahwa deposit lava di Elysium Planitia nampak sangat baru dalam 50.000 tahun terakhir ini.

Dilansir dari Science Alert, untuk skala waktu geologis, periode ini memang singkat. Dengan studi ini jelas membuat Mars sangat layak huni untuk manusia. Dengan geologinya ini, Mars nampak mirip dengan Islandia.

Sebagai informasi, Islandia memiliki daerah dengan aktivitas vulkanik daerah glasial yang menjadi tempat bentuk bakteri ekstremofil yang berkembang biak hingga sama dengan Mars.

Diakui oleh ilmuwan, Mars memiliki banyak kejutan karena bebatuan yang justru nampak kering dan berdebu dengan bukit-bukit yang menunjukan aktivitas vulkanik.

Bukti keberadaan Gunung Berapi di Mars. (NASA)
Bukti keberadaan Gunung Berapi di Mars. (NASA)

 

Penemuan lain menunjukan jika permukaan Mars memiliki warna hangat yang tetap sangat dingin. Pemanasan internal mungkin terjadi di Mars untuk menjaga air di bawah permukaan agar tidak membeku.

Untuk memahami mengenai keberadaan Gunung Berapi di Mars ini, ilmuwan menggunakan data satelit yang menunjukan deposit vulkanik di Elysium Planitia yang merupakan dataran luas dan halu di utara ekuator Mars.

Penelitian mengenai keberadaan Gunung Berapi di Mars memang terus dilakukan. Pasalnya, planet merah jelas saja menjadi target untuk hunian manusia di masa depan nantinya.

Berita Terkait