Sains

Astronot Apollo 11 Buzz Aldrin Dapat Vaksin Covid-19 di Umur 90 Tahun

Pemberian vaksin tersebut tepat sebelum ulang tahun Aldrin yang ke-91 pada 20 Januari.

Dinar Surya Oktarini

Buzz Aldrin. (NASA)
Buzz Aldrin. (NASA)

Hitekno.com - Dikenal usai mendaratdi Bulan lebih dari 51 tahun lalu, Astronot Apollo 11 Buzz Aldrin mendapatkan vaksin virus Corona pertamanya pada Senin (18/1/2021). 

Pemberian vaksin tersebut tepat sebelum ulang tahun Aldrin yang ke-91 pada 20 Januari.

"Menerima vaksin Covid-19 pertama saya hari ini, beberapa hari sebelum ulang tahun saya yang ke-91," cuit Aldrin melalui akun Twitter resminya @TheRealBuzz.

Aldrin juga membagikan potret dirinya sedang divaksinasi dan ucapan terima kasihnya kepada para ilmuwan, tenaga medis, serta pemerintah.

"Saya ingin berterima kasih kepada semua ilmuwan, petugas kesehatan, dan pejabat pemerintah yang bekerja tanpa lelah untuk mengembangkan dan mendistribusikan vaksin Covid-19," tambahnya.

Cuitan astronot Apollo 11, Buzz Aldrin dapat vaksin Covid-19. [Twitter]
Cuitan astronot Apollo 11, Buzz Aldrin dapat vaksin Covid-19. [Twitter]

Aldrin sendiri tidak asing dengan vaksinasi. Sebelum penerbangan bersejarahnya ke Bulan, di mana ia dan astronot Neil Armstrong menjadi manusia pertama yang berjalan di permukaan Bulan, Aldrin dan kru Apollo 11 lainnya mendapatkan sejumlah vaksinasi.

Astronot Apollo divaksinasi untuk difteri, tifus, tetanus, influenza, gondongan, poliomielitis, rubella, rubeola, cacar, dan demam kuning.

Menurut NASA, anggota keluarga astronot juga diharuskan mendapatkan beberapa vaksinasi tersebut.

"Pencegahan paparan penyakit adalah aspek terpenting dari program Apollo. Jika paparan penyakit menular tidak diminimalkan atau dihilangkan, program tersebut tidak akan berhasil terlepas dari efektivitas gabungan semua aspek lainnya," kata tim di balik program pengobatan NASA untuk Apollo, seperti dikutip dari Space.com, Kamis (21/1/2021).

Lebih dari 10,5 juta orang di Amerika Serikat atau sekitar 3 persen dari populasi negara telah menerima setidaknya satu dosis vaksin Covid-19 hingga Kamis (21/1/2021). (Suara.com/Lintang Siltya Utami)

Berita Terkait