Sains

Waspada, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Sepanjang Hari Ini

BMKG mengeluarkan peringatan dini atas adanya potensi gelombang tinggi untuk sejumlah perairan Indonesia.

Agung Pratnyawan

Logo BMKG. (BMKG)
Logo BMKG. (BMKG)

Hitekno.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini atas adanya potensi gelombang tinggi di sejumlah perairan di Indonesia untuk sepanjang hari ini, Jumat (6/11/2020).

Wilayah mana saja yang memiliki potensi gelombang tinggi untuk hari ini di wilayah Indonesia menurut BMKG?

Sebagaimana informasi yang dikutip dari laman resmi BMKG dilansir Suara.com, gelombang tinggi antara lain diperkirakan terjadi di perairan Bali, Banten, Bengkulu, Selat Lombok dan Selat Makassar.

Di perairan Bali, BMKG meminta masyarakat mewaspadai potensi gelombang laut mencapai 2 meter atau lebih di Selat Bali bagian Selatan, Selat Badung, Selat Lombok bagian Selatan dan Samudera Hindia Selatan Bali.

Sementara di Banten, gelombang tinggi berpotensi terjadi di perairan Selatan Banten, Samudra Hindia Selatan Banten, dan Selat Sunda bagian Selatan.

Sedangkan di perairan Bengkulu, gelombang tinggi mencapai 3 meter berpotensi terjadi di perairan Bengkulu-Enggano hingga Samudera Hindia Barat Bengkulu.

Sedangkan di Selat Lombok bagian selatan, Selat Alas bagian selatan, Samudera Hindia bagian selatan NTB dan Selat Sape bagian selatan berpotensi terjadi tinggi gelombang yang mencapai 2 meter atau lebih.

Adapun di Selat Makassar bagian selatan dan perairan Spermonde Makassar bagian barat, diperkirakan terjadi Moderate Sea atau gelombang 1,25-2,5 meter.

Itulah peringatan dini BMKG akan potensi gelombang tinggi untuk sejumlah perairan Indonesia. Masyarakat diminta waspada akan hal ini. (Suara.com/ Dythia Novianty).

Berita Terkait