Sains

NASA Kirim Serum Kecantikan ke Luar Angkasa, untuk Apa?

Apa alasan NASA mengirimkan serum kecantikan ke luar angkasa?

Agung Pratnyawan

Ilustrasi aksi astronot NASA saat melakukan spacewalk. (YouTube/ NASA)
Ilustrasi aksi astronot NASA saat melakukan spacewalk. (YouTube/ NASA)

Hitekno.com - Badan antariksa Amerika Serikat, NASA kadang kerap kali mengirimkan berbagai barang ke luar angkasa. Paling baru mengikimkan serum kecantikan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Tentu saja ada alasan kenapa NASA sampai mengirimkan produk kecantikan ini sampai ke luar angkasa.

Konfirmasi pengiriman ini disebutkan seorang juru bicara NASA yang mengatakan bahwa 10 botol serum Advanced Night Repair buatan Estée Lauder akan ikut melintasi orbit Bumi hingga tiba di alamat ISS pada akhir bulan ini.

Pengangkutan produk kecantikan ke luar angasa ini dilakukan oleh pesawat ruang angkasa Northrop Grumman Cygnus.

Serum untuk peremajaan kulit ini termasuk dalam empat ton kargo lainnya yang dibawa pesawat itu untuk penelitian galaksi.

Ilustrasi Stasiun Luar Angkasa (sumber foto: Pixabay)
Ilustrasi Stasiun Luar Angkasa (sumber foto: Pixabay)

 

Sesampainya di ISS, produk kecantikan ini akan digunakan untuk pemotretan di ruang hampa udara, dan akan menjadi konten promosi perusahaan.

"Saya seorang pengambil risiko. Pada dasarnya saya datang dengan ide-ide yang sedikit gila, di luar cara-cara mainstream saat melakukan pemasaran," kata Presiden Estée Lauder, Stephane de la Faverie, seperti dikutip dari New York Post pada Minggu (20/9/2020).

Secara teknis, ini bukan pertama kalinya sebuah potret iklan diproduksi di luar angkasa. Beberapa merek internasional telah melakukan aksi seperti itu, seperti Pepsi dan Pizza Hut.

Kolaborasi dengan pihak swasta ini dilakukan di tengah dorongan dari para eksekutif NASA untuk mengkomersilkan perjalanan luar angkasa agar bisa mendapatkan pendapatan. Kelak,bakal bisa membantu mendanai mereka membiayai eksplorasi luar angkasa.

Selain mempromosikan produk, aktor Tom Cruise dan Administrator NASA, Jim Bridenstine juga telah menandatangani kontrak untuk memproduksi film di ISS, namun dalam waktu yang belum disebutkan.

Itulah alasan NASA mengirimkan serum kecantikan ke luar angkasa, yakni untuk pemotretan iklan. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

Berita Terkait