Sains

Penampakan Dua Sinar Matahari di Makassar Bikin Heboh, Ini Kata BMKG

BMKG menyebutkan bahwa fenomena tersebut bernama Sun Dog.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia

Logo BMKG. (BMKG)
Logo BMKG. (BMKG)

Hitekno.com - Belum lama ini, warga Makassar, Sulawesi Selatan dibuat heboh dengan penampakan dua sinar matahari di waktu yang bersamaan. Jadi pertanyaan, BMKG lalu mengeluarkan pernyataan resminya terkait hal ini.

Di Instagram, fenomena langka ini menjadi topik hangat usai diunggah akun @makassar_iinfo pada Minggu (19/1/2020) lalu.

Nampak dalam video yang diunggah, warga heboh saat melihat penampakan dua sinar matahari di waktu yang sama ini. Menurut info, momen tersebut terjadi saat petang.

Menimbulkan banyak analisa di media sosial, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) wilayah Makassar lalu memberikan konfirmasinya.

Penampakan dua sinar matahari. (instagram/makassar_iinfo)
Penampakan dua sinar matahari. (instagram/makassar_iinfo)

 

BMKG menyebutkan bahwa fenomena tersebut bernama Sun Dog. Lebih lanjut, BMKG menjelaskan bahwa fenomena ini terjadi bukan karena matahari tiba-tiba menjadi dua.

Hal tersebut terjadi karena pembiasaan cahaya di sekitar matahari. Pembiasan cahaya ini populer dengan sebutan fenomena optik.

Biasanya fenomena optik ini membuat titik-titik terang di langit yang nampak sebagai pancaran cahaya berwarna di daerah kiri dan kanan matahari serta berada di atas cakrawala.

Penampakan dua sinar matahari. (instagram/makassar_iinfo)
Penampakan dua sinar matahari. (instagram/makassar_iinfo)

 

Pemicu fenomena ini biasanya adalah kristal es di awan sirus yang berada tepat di samping matahari saat ketinggian awan sirus mencapai 6 ribu meter dari permukaan Bumi. Kristal es tersebut biasanya berbentuk vertikal dan prisma atau persegi enam.

Jika bentuk kristal es menjadi vertikal ini yang nantinya membuat munculnya penampakan dua sinar matahari ini. Namun, jika bentuk kristal es menjadi prisma, maka fenomena yang muncul adalah matahari cincin.

Pihak BMKG berharap setelah penjelasan ilmiah ini diketahui penampakan dua sinar matahari di Makassar ini tidak disangkut pautkan dengan berbagai hal yang membuat munculnya ketakutan.

Berita Terkait