Sains

Gerhana Matahari 26 Desember 2019 Ancam Pergerakan Bumi?

Pasalnya, gerhana Matahari tersebut menghambat pemansan dan ionisasi pada lapisan ionosfer atmosfer Bumi.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Ilustrasi matahari. (pixabay/qimono)
Ilustrasi matahari. (pixabay/qimono)

Hitekno.com - Menurut prediksi, pada 26 Desember 2019 mendatang, Bumi akan mengalami Gerhana Matahari Cincin. Ilmuwan menjelaskan bahwa fenomena ini nantinya bisa mempengaruhi pergerakan Bumi.

Fenomena alam super langka ini nantinya akan terlihat dari wilayah Indonesia. Penyebab Gerhana Matahari Cincin terlihat dari Indonesia karena wilayahnya yang dilalui oleh bayangan antumbra saat Bulan tepat berada di depan Matahari.

Gerhana Matahari Cincin ini masuk ke dalam kategori siklus saros 132 yang merupakan gerhana ke-46 dari total 71 gerhana. Nantinya gerhana ke-47 akan terjadi di 5 Januari 2038 atau sekitar 18 tahun mendatang.

Beberapa kota di Indonesia yang dapat melihat fase Gerhana Matahari Cincin ini antara lain Padang, Riau, Batam, Singkawang, sebagian Kalimantan Barat, sebagian Kalimantan Utara, dan sebagian Kalimantan Timur.

Puncak Gerhana Matahari Cincin akan dimulai dari Sabang, Aceh pada pukul 10.03 WIB. Untuk Merauke, Papua, akan terjadi sekitar pukul 14.37 WIT.

Ilustrasi Gerhana Matahari Cincin Ring of Fire. (YouTube)
Ilustrasi Gerhana Matahari Cincin Ring of Fire. (YouTube)

 

Sedangkan puncak Gerhana Matahari Cincin paling awal di Sabang, Aceh terjadi pada pukul 11.49 WIB. Puncak paling akhir dari Gerhana Matahari Cincin di Jayapura terjadi pada pukul 15.51 WIT.

Tidak hanya menakjubkan, Gerhana Matahari Cincin ini rupanya memberikan dampak yang cukup mempengaruhi alam semesta dan kehidupan di Bumi. Yang perlu dicatat, Gerhana Matahari Cincin ini memberikan cukup banyak dampak negatif.

Mengutip CNET, salah satu dampak yang dirasa cukup besar adalah adanya gangguan pada gravitasi atau medan magnet Bumi. Pasalnya, gerhana tersebut menghambat pemanasan dan ionisasi pada lapisan ionosfer atmosfer Bumi.

Tidak dijelaskan dengan pasti bagaimana pergerakan Bumi akan terganggu dengan Gerhana Matahari Cincin yang terjadi pada 26 Desember 2019 mendatang. Mengenai dampak apa yang mempengaruhi, nantikan hingga Gerhana Matahari Cincin terjadi ya.

Berita Terkait