Sains

4 Peristiwa Tragis di Dunia yang Terjadi Tanggal 13, Kebetulan atau Tidak?

Yang jarang diketahui, ternyata beberapa peristiwa tragis di dunia terjadi tanggal 13 lho.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Ilustrasi Friday the 13th. (HiTekno.com)
Ilustrasi Friday the 13th. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Jumat tanggal 13 atau Friday the 13th memang identik dengan hal mistis. Bertepatan dengan hari ini, Jumat (13/12/2019), berikut beberapa peristiwa tragis di dunia yang entah kebetulan atau apa malah terjadi di tanggal 13.

Tanggal 13 dan hari Jumat ini untuk beberapa kalangan dianggap sebagai pertanda nasib buruk sekaligus pemberi kesan horor yang cukup menghantui siapa saja.

Mungkin saja mitos ini ada kaitannya dengan film horor Friday the 13th pada tahun 1980 yang memperkenalkan dunia pada seorang pembunuh dengan topeng hoki bernama Jason.

Jauh sebelum film itu dibuat, tahayul mengenai tanggal 13 memang sudah sering dikenal. Bahkan beberapa gedung dan hotel sengaja menghilangkan angka 13 dari gedungnya dengan alasan untuk menghindari nasib buruk.

Yang jarang diketahui, ternyata beberapa peristiwa tragis di dunia terjadi tanggal 13 lho. Apa saja peristiwa tragis itu?

Mengutip Live Science, berikut beberapa di antaranya yang sudah tim HiTekno rangkum untuk kamu.

1. Bom di Buckingham Palace

Buckingham Palace. (Wikipedia/Public Domain)
Buckingham Palace. (Wikipedia/Public Domain)

 

Pada 13 September 1940, Buckingham Palace dihantam bom seberat 50 kilogram yang menghancurkan bagian utara Buckingham Palace.

Saat kejadian naas ini terjadi, Raja dan Ratu diketahui berada di dalam kediamannya dan beruntung selamat dari kejadiaan tersebut. Dilansir dari The Telegraph, jet tempur yang menjatuhkan bom tersebut adalah milik Nazi.

2. Kecelakaan fatal di Pegunungan Andes

Pegunungan Andes. (Wikipedia/Jorge Morales Piderit)
Pegunungan Andes. (Wikipedia/Jorge Morales Piderit)

 

Pada 13 Oktober 1972, sebuah pesawat mengalami kecelakaan fatal di Pegunungan Andes dan menewaskan 174 penumpang. Ada 45 penumpang yang selamat yang kemudian menjadi 16. Namun, pada akhirnya tidak ada yang selamat dari peristiwa ini.

Alasan kematian karena lokasi yang berada di ketinggian, para penumpang yang sebelumnya selamat ini sulit diselamatkan dan membutuhkan waktu yang lama.

Untuk bertahan hidup, para penumpang terpaksa menjadi kanibal dan memakan daging rekannya yang tewas.

3. Tenggelamnya Costa Concordia

Costa Concordia. (Wikipedia/Rvongher)
Costa Concordia. (Wikipedia/Rvongher)

 

Tepat pada 13 Januari 2012, kapal pesiar Costa Concordia harus karam setelah menabrak karang di pantai Tuscan, Isola. Upaya penyelamatan dilakukan dengan biaya mencapai 1,4 miliar euro.

4. Kebakaran di Australia

Ilustrasi kebakaran rumah (sumber foto: pixabay)
Ilustrasi kebakaran. (Pixabay)

 

Pada Jumat 13 Januari 1939, sebuah kebakaran paling buruk di dunia terjadi di Victoria, Australia. Setidaknya ada 20 kilometer lahan dan semak yang berubah warna menjadi abu dimakan api.

Korban akibat kebakaran dahsyat ini mencapai 71 orang. Di daerah tersebut, tanggal bertepatan dengan peristiwa ini dikenal sebagai black friday.

5. Kematian Tupac Shakur

Tupac Shakur. (Wikipedia/MTV Networks)
Tupac Shakur. (Wikipedia/MTV Networks)

 

Jumat, 13 September 1996 dikenal sebagai hari paling tragis bagi dunia hip-hop. Pasalnya, pada tanggal tersebut rapper Tupac Shakur meninggal dunia karena ditembak di Las Vegas Hospital.

Banyak hal yang disebut menjadi penyebab Tupac Shakur ditembak ini, salah satu di antaranya adalah kekerasan antar gank. Mengejutkan banyak orang, kematian rapper ini hingga sekarang sering dikaitkan dengan berbagai teori konspirasi.

Itu tadi 5 peristiwa tragis di dunia yang terjadi pada tanggal 13. Entah kebetulan atau apa, kejadian ini sungguh mengguncang banyak orang yang membuat semakin ketakutan dengan angka 13 atau tanggal 13.

Berita Terkait