Sains

Gali Kuburan Purba di Mesir, Arkeolog Temukan Mumi Tikus

Tak hanya tikus, sejumlah mumi binatang juga ditemukan.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi mumi. (pixabay/albertr)
Ilustrasi mumi. (pixabay/albertr)

Hitekno.com - Dalam sebuah penggalian kuburan purba yang cantik di dekat koa Sohag, Mesir (6/4/2019) dalam laporan BBC, para arkeolog menemukan sejumlah mumi tikus

Selain mumi tikus, juga ditemukan puluhan mumi binatang lain seperti kucing dan burung elang. Mumi-mumi binatang itu ditemukan bersama mumi seorang perempuan dan seorang bocah lelaki.

Mumi perempuan itu diperkirakan meninggal pada usia antara 35 sampai 50 tahun. Sementara bocah lelaki yang dikuburkan bersamanya diduga meninggal di usia 12 sampai 14 tahun.

Mumi-mumi itu dikuburkan di dalam sebuah makam yang indah, karena dihiasi oleh gambar penuh warna. Gambar-gambar tersebut menceritakan menngenai ritual penguburan dan orang-orang yang sedang bekerja di kebun.

Ilustrasi Mumi. (enjoyourholiday.com)
Ilustrasi Mumi. (enjoyourholiday.com)

 

Para ilmuwan meyakini bahwa kuburan itu berusia lebih dari 2000 tahun. Makam purba itu diduga milik seorang pejabat senior era Mesir kuno bernama Tutu dan istrinya.

Makam itu sendiri ditemukan pada Oktober 2018 lalu, ketika pihak berwajib menangkap beberapa pemburu harta karun sedang mencari artefak di lokasi itu.

Pemerintah Mesir berharap penemuan mumi tikus dan makam purba itu akan menarik banyak wisatawan ke kota Sohag, sebuah kota di tengah gurun yang berjarak 390 kilometer di Kairo.(Suara.com/Liberty Jemadu)

Berita Terkait