Sains

Dr Nancy Grace Roman, Wanita Pertama di NASA

Dialah bunda Hubble.

Agung Pratnyawan

Dr Nancy Grace Roman. (NASA)
Dr Nancy Grace Roman. (NASA)

Hitekno.com - Badan Atariksa Amerika Serikat, NASA tak hanya diisi para pria saja. Dan tahukah kamu, ada Dr Nancy Grace Roman yang dikenal sebagai ''Bunda Hubble'' yang jadi wanita pertama di NASA.

Julukan Bunda Hubble ini terkait dengan karyanya pada tahap awal Teleskop Luar Angkasa Hubble.

NASA mengatakan bahwa warisan terpentingnya adalah kemajuan perempuan dalam sains dan generasi ilmuwan muda yang diilhaminya.

Dia meninggal di Maryland belum lama ini, Rabu (26/12/2018) pada usia 93 tahun. Dr Roman terpesona oleh langit malam yang cerah dari rumah masa kecilnya di Nevada sejak usia sangat dini.

Dr Nancy Grace Roman bergabung dengan klub astronomi ketika dia baru berusia 11 tahun dan hasratnya untuk melihat bintang berlanjut sepanjang hidupnya.

Tetapi Dr Nancy Grace Roman muda harus berjuang melawan prasangka agar diizinkan belajar matematika dan sains di sekolah dan universitas.

Dr Nancy Grace Roman, Bunda Hubble NASA. [Twitter]
Dr Nancy Grace Roman, Bunda Hubble NASA. [Twitter]

 

"Saya masih ingat meminta izin guru sekolah menengah saya untuk mengambil tahun kedua aljabar, alih-alih tahun kelima bahasa Latin," dia pernah mengatakan kepada Voice of America.

"Dia melihat ke bawah ke arahku dan menyeringai, 'Perempuan mana yang mengambil matematika dibandingkan bahasa Latin?' Itu semacam penerimaan yang paling saya dapatkan," katanya.

Terlepas dari hambatannya, ia memperoleh gelar doktor di bidang astronomi dari University of Chicago pada tahun 1949.

Posisi di Laboratorium Penelitian Angkatan Laut Amerika Serikat diikuti. Dia kemudian direkrut NASA untuk menjadi kepala astronomi pertama pada tahun 1959, di mana dia akan bekerja selama dua dekade.

Dalam sebuah video yang dirilis oleh NASA pada bulan Februari, Dr Nancy Grace Roman mengatakan, dia tidak pernah memiliki masalah dengan rekan-rekan lelaki di NASA.

"Saya diterima sebagai ilmuwan dalam pekerjaan saya. Para lelaki itu sangat kooperatif, dan saya merasa para lelaki itu memperlakukan saya sebagai salah satu tim tanpa masalah," katanya.

Dr Nancy Grace Roman, Bunda Hubble NASA. [Twitter]
Dr Nancy Grace Roman, Bunda Hubble NASA. [Twitter]

 

Kontribusinya yang paling terkenal bagi sains adalah perencanaan Teleskop Luar Angkasa Hubble, yang terkenal karena gambar-gambarnya yang menakjubkan tentang bintang-bintang yang sangat dicintainya sejak kecil.

Diluncurkan pada tahun 1990, telah digambarkan sebagai salah satu instrumen ilmiah paling penting yang pernah dibuat.

Karyanya telah diakui oleh Women in Aerospace Lifetime Achievement Award dan Nasa's Exceptional Scientific Achievement Award.

Pada tahun 2017, ketika Lego menciptakan set 231 karya Perempuan NASA, sebuah patung Dr Nancy Grace Roman dimasukkan di antara empat perempuan yang diidentifikasi sebagai perintis luar angkasa. [Suara.com/Dythia Novianty].

Tulisan ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Dr Nancy Grace Roman, Mengenang Eksekutif Perempuan Pertama NASA.

Berita Terkait