Sains

Throwback, Ini Deretan Penemuan Misterius yang Buat Heboh 2018

Dari lukisan erotis hingga sarkofagus.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia

Lukisan erotis kuno Leda and the Swan. (Pompeii Sites)
Lukisan erotis kuno Leda and the Swan. (Pompeii Sites)

Hitekno.com - Sepanjang 2018, para ilmuwan rupanya berhasil membongkar berbagai penemuan misterius yang sukses buat heboh. Apa saja ya?

Penemuan-penemuan misterius ini terpendam lama dan menjadi saksi bisu dari zaman yang berkembang maju dan semakin canggih.

Keberadaannya sudah dipastikan menjadi rahasia masa lampau yang menarik untuk diteliti di masa kini. Tidak kaget jika para ilmuwan begitu terobsesi untuk membongkarnya dan menemukan kisah di baliknya.

Lalu, apa saja penemuan misterius yang sudah membuat heboh sepanjang 2018? Berikut untuk kamu tim HiTekno rangkum enam di antaranya.

1. Sarkofagus hitam zaman Firaun

Sumber:  BBC.co.uk
Sarkofagus hitam. (BBC)

 

Pada Juli 2018, netizen dibuat heboh dengan penemuan peti mati atau sarkofagus hitam zaman Firaun yang sangat misterius.

Sarkofagus ini akhirnya dibuka oleh para arkeolog Mesir dan menemukan tiga kerangka dan air limbah berwarna merah kecokelatan yang begitu menyengat.

Peti mati hitam yang memiliki berat sekitar 27 ton ini diyakini berasal dari periode Ptolemaic awal yaitu sekitar 323 SM setelah kematian Alexander Agung.

Kemungkinan, para ilmuwan mengungkapkan jika tiga kerangka tersebut adalah tentara pada masa Firaun. Setelah menemukannya, para ilmuwan lalu melakukan penelitian lanjutan untuk mempelajari makam secara mendalam.

2. Keju tertua yang sudah berumur 3.200 tahun

Keju Prasejarah. (Universitas Catania)
Keju Prasejarah. (Universitas Catania)

 

Penemuan pada akhir Agustus 2018 ini sukses membuktikan bahwa manusia sudah memproduksi dan mengkonsumsi keju sejak ribuan tahun yang lalu. Keju yang dikalim tertua di dunia ini ditemukan di sebuah makam kuno yang berada di Mesir.

Setelah diteliti, keju yang berumur 3.200 tahun ini memiliki kandungan zat yang berbahaya. Namun, walaupun sudah lebih dari 30 abad terpapar suhu padang pasir yang panas, keju satu ini rupanya masih menyimpan senyawa atau kandungan kimia yang asli.

Keju purba ini ditemukan tepat di samping makam Ptahmes, walikota Mesir Hilir yang terletak di Memphis. Ptahmes sendiri diyakini sudah memerintah Mesir sejak 1292 SM hingga 1189 SM.

Setelah dilakukan peneltiian, para ilmuwan menemukan jika keju ini diproduksi dengan mencampurkan susu kambing, domba, dan kerbau Afrika.

Selain menemukan bahan dasar keju ini, para peneliti juga menemukan penanda peptida yang mengandung Brucella Melitensis atau bakteri yang menyebabkan brucellosis.

Zat brucellosis ini yang buruk bagi kesehatan manusia karena dapat menyebabkan demam, nyeri otot, pembengkakan testis, hingga radang sendi.

3. Penemuan pabrik bir tertua di dunia

Throwback, Ini Deretan Penemuan Misterius yang Buat Heboh 2018 - 3
Profesor Li Liu di depan gua tempat penemuan bir. (stanford/Li Liu)

 

Masuk pada September 2018, netizen kembali dibuat heboh dengan penemuan sebuah pabrik bir yang diklaim tertua di dunia.

Pabrik tertua di dunia ini ditemukan berada di gua pra sejarah dekat dengan Haifa, Israel. Bersama ditemukannya pabrik ini, para peneliti juga berhasil menemukan sisa-sisa bir yang diproduksi. Asal muasal bir ini diperkirakan berusia 5.000 tahun sehingga membuatnya menjadi yang paling tua di dunia.

Ditemukannya pabrik bir tertua di dunia ini membuat para ilmuwan berlomba-lomba untuk melakukan penelitian dan menemukan sejarah bir di Bumi.

4. Lukisan erotis kuno di reruntuhan Pompeii

Arkeolog sedang meneliti lukisan erotis kuno. (Pompeii Sites)
Arkeolog sedang meneliti lukisan erotis kuno. (Pompeii Sites)

 

Pada reruntuhan Pompeii, sebuah lukisan erotis kuno yang sudah terkubur selama 2.000 tahun akhirnya ditemukan. Lukisan erotis ini ditemukan terkubur di antara reruntuhan gunung Vesuvius.

Lukisan ini menggambarkan mitos Yunani dan peperangan legendaris yang terjadi bersamanya. Penemuan ini diyakini merupakan bagian dari dekorasi dinding kamar tidur dari keluarga kaya yang berada di Pompeii pada saat itu.

Karena letusan Gunung Vesuvius yang mematikan dalam sejarah Eropa pada tahun 79 M, lukisan ini akhirnya terkubur, Musibah ini sukses memuntahkan awan dan gas mematikan setinggi 33 km dan debu panas dengan laju 1,5 juta ton per detik.

Walaupun sudah terkubur selama 2.000 tahun, lukisan legendaris yang menampilkan adegan erotis antara seekor angsa dan seorang perempuan ini akhirnya berhasil ditemukan.

Dikutip dari Express, lukisan erotis ini rupanya menggambarkan dewa Yunani Zeus yang sedang menyamar sebagai angsa tersebut. Sedangkan perempuan tersebut adalah Ratu Sparta bernama Leda.

5. Peti mumi wanita berumur 3.000 tahun

Throwback, Ini Deretan Penemuan Misterius yang Buat Heboh 2018 - 5
Mumi perempuan 3 ribu tahun saat ditemukan. (Kementerian Barang Antik Mesir)

 

Masuk ke November 2018, para ilmuwan berhasil menemukan peti mumi wanita berumur 3.000 tahun yang ditemukan di makam Luxor. Setelah dibuka, peti ini berisi jenazah mumi yang diawetkan dari seorang wanita bernama Thuya.

Kemungkinan, mumi wanita berusia 3.000 tahun ini merupakan seorang bangsawan atau pejabat senior yang sangat dekat dengan Firaun.

6. Penemuan jejak kaki dinosaurus

Jejak dinosaurus yang ditemukan oleh peneliti. (Science Direct_ Anthony Shillito)
Jejak dinosaurus yang ditemukan oleh peneliti. (Science Direct/Anthony Shillito)

 

Awal Desember 2018, para ilmuwan berhasil menemukan puluhan jejak kaki dinosaurus yang diklaim sebagai koleksi fosil paling langka dengan 85 jejak kaki yang berbeda.

Jejak kaki dinosaurus ini rupanya milik tujuh spesies yang berbeda yang ditemukan dekat kota Hastings, sebelah tenggara Inggris. Ukuran puluhan jejak kaki dinosaurus ini berkisar dari 2 hingga 60 sentimeter dan sangat bervariasi serta menunjukan berbagai detail.

Dari hasil penelitian, ditemukan dinosaurus Theropoda, Ankylosaurus, Stegosaurus Brachiosaurus, dan Brontosaurus

Penemuan jejak kaki dinosaurus ini sukses mengungkapkan lebih dalam mengenai kehidupan dinosaurus yang sangat bervariasi walaupun hidup di tempat yang sama.

Itu tadi deretan penemuan misterius selama 2018 yang sukses membuat heboh netizen di dunia. Menurutmu paling heboh penemuan yang mana?

Berita Terkait