Sains

Anti Galau, Hasil Penelitian Ini Ungkap Cara Cepat Move On

Get yourself together and move on!

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Ilustrasi. (pixabay/Foundry)
Ilustrasi. (pixabay/Foundry)

Hitekno.com - Putus cinta memang hal yang paling menyebalkan untuk siapa saja yang sudah menjalin hubungan dengan seseorang yang ia benar sayangi. Mimpi buruk yang datang bersamaan dengan putus cinta adalah sulitnya move on. Belum lama ini, dalam sebuah penelitian, terungkap beberapa cara cepat move on nih. Apa saja? Simak ya.

Hampir seluruh populasi manusia di dunia pasti pernah mengalami sakitnya putus cinta dan ditinggalkan oleh orang yang sebelumnya menghabiskan waktu bersama.

Faktanya, move on dan sembuh dari putus cinta bukanlah hal yang mudah. Banyak kenangan yang biasanya turut menyiksa saat putus cinta mulai dirasakan.

Untuk beberapa kasus dan beberapa orang, butuh sekitar bertahun-tahun untuk bisa sepenuhnya move on dari hubungan yang dijalin sebelumnya.

Ilustrasi. (pexels/freestocks)
Ilustrasi. (pexels/freestocks)

 

Dalam sebuah hasil penelitian yang diunggah oleh Sciencalert, dibocorkan beberapa cara cepat move on yang semoga saja ampuh untuk kamu yang hingga kini masih menggalau.

Pada penelitian tahun 2012 Cyberpsychology, diungkapkan bahwa stalking media sosial mantan adalah salah satu hal yang patut kamu hindari saat baru putus cinta.

Hasil penelitian ini menemukan bahwa orang yang memantau profil media sosial mantannya cenderung memiliki perasaan negatif, terus tergantung, dan tertarik padanya. Siap-siap makin tenggelam dalam kenangan lama terus ya.

Penelitian lainnya yang dilakukan oleh Andrea Syrtash, seorang ahli psikologi mengungkapkan bahwa kamu harus beralih melakukan aktivitas positif.

Membuat daftar lima hal yang harus dimiliki dan lima hal yang kamu tidak mau terjadi di calon pasanganmu selanjutnya adalah hal yang patut dilakukan. Bangun dan belajar dari hubungan sebelumnya yang gagal ya.

Kalau sudah bisa bangun dari keterpurukan, coba kembali pikirkan hal positif dari hubungan yang sudah berlangsung sebelumnya dan ayo move on!

Ilustrasi. (pexels/Daniel Reche)
Ilustrasi. (pexels/Daniel Reche)

 

Beralih ke penelitian lainnya, yaitu pada tahun 2016 berjudul Personality and Social Psychilogy Bulletin, disebutkan bahwa saat menghadapi putus cinta, kamu perlu sangat mengontrol perasaanmu sendiri.

Saat putus cinta, biasanya kamu akan merasa bahwa ada sesuatu yang salah denganmu. Sebaiknya hentikan untuk berpikir seperti itu, okay?

Cara cepat move on terakhir berdasarkan hasil penelitian adalah dengan curhat mengenai putus cinta yang kamu alami pada seseorang.

Berbagi cerita dengan seseorang terbukti dapat mengurangi rasa stres dan memberikan perasaan senang serta plong. Jangan sampai stuck dan makin enggak move on dong.

Itu tadi beberapa cara cepat move on menurut beberapa hasil penelitian. Sudahi galau yang kamu rasakan, dan move on ya.

Berita Terkait