Sains

Museum of Failure di Swedia, Pameran Berbagai Produk Gagal

Sayangnya, hubungan yang gagal tidak bisa didaftarkan ke museum ini ya.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Museum of Failure. (Kisscom)
Museum of Failure. (Kisscom)

Hitekno.com - Inovasi yang sukses dan berhasil, awalnya mulai dengan produk gagal yang tidak sesuai dengan keinginan maupun diterima oleh pasaran.

Jika kamu berpikir bahwa produk-produk gagal tersebut akan dibuang dan tidak digunakan lagi, maka kamu salah. Semua produk gagal tersebut disimpan di sebuah museum yang ada di Swedia.

Bernama Museum of Failure, tempat ini menyediakan berbagai produk-produk gagal.

Museum of Failure ini terletak di Helsingborg, Swedia dengan tujuan agar pengunjung dapat belajar dari kegagalan di masa lalu, dan membuat inovasi yang lebih baik di masa depan.

Pendiri museum ini adalah Samuel West, seorang guru besar di bidang industri kreatif Lund University.

Samuel West mengaku lelah melihat media yang terus menyorot inovasi yang sukses. Padahal untuk bisa sukses, berbagai perusahaan pasti lebih dulu menemui kegagalan.

Berikut beberapa produk gagal yang dipamerkan di Museum of Failure yang terletak di Swedia ini.

1. Jauh sebelum sukses dengan produk pasta giginya, Colgate terlebih dahulu membuat produk Beef Lasagna yang cocok untuk dinner. Sayangnya, produk ini gagal total.

Colgate beef lasagna. (thedrum)
Colgate beef lasagna. (thedrum)

 

2. Game Monopoly Trump ini tidak mampu menyaingi kesuksesan game monopoly biasa. Akhirnya, game ini sekarang berada di Museum of Failure bersama produk lainnya.

Monopoly Trump. (arstechnica)
Monopoly Trump. (arstechnica)

 

3. Apple Newton adalah salah satu alat untuk mengirim pesan singkat yang gagal di pasaran. Namun, berkat produk ini, Apple kemudian mengembangkan iPod dan iPhone.

Apple Newton. (OldComputers)
Apple Newton. (OldComputers)

 

4. Nokia N-Gage, ponsel hibrid dengan sistem game yang diluncurkan pada 2003 ini menjadi salah satu produk gagal yang turut ada di Museum of Failure.

N-Gage. (computeridee)
N-Gage. (computeridee)

 

5. Parfum Harley Davidson yang diluncurkan pada 1996 juga menjadi produk gagal di pasaran setelah tidak mampu memenuhi kriteria "macho" yang ditawarkan.

Harley Davidson Perfume. (RideApart)
Harley Davidson Perfume. (RideApart)

 

6. Tidak hanya membuat produk minuman bersoda, Coca Cola juga pernah meluncurkan minuman soda rasa kopi pada tahun 2006 yang dengan cepat dilupakan oleh masyarakat.

Coca Cola Blak. (Alchetron)
Coca Cola Blak. (Alchetron)

 

Nah, itu tadi deretan produk gagal yang masuk dalam pajangan Museum of Failure di Swedia. Tertarik berkunjung ke tempat ini?

Berita Terkait