Menguak Rahasia Zealandia, Benua Kedelapan yang Tenggelam

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta
Sabtu, 28 Juli 2018 | 11:00 WIB
Sumber: The Sun

Hitekno.com - Dalam ilmu pengetahuan yang kita dapatkan di bangku sekolah, kita hanya mengenal tujuh benua. Namun ternyata kita harus menguak rahasia Zealandia, sebuah benua kedelapan yang diyakini sudah tenggelam.

Benua yang kita kenal seperti Asia, Afrika, Australia, Antartika, Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Eropa. Namun sepertinya kita harus menambahkan sebuah benua baru yaitu Zealandia.

Baca Juga: - Mudah Banget, Ini 5 Tips Memotret Milky Way Lewat Smartphone - Alasan Gerhana Bulan 28 Juli 2018 Tidak Boleh Terlewatkan - Plot Twist 7 Game Ini Bocorkan Rahasia Sejak Awal - Deretan Meme Sinetron Gerhana, Bikin Ngakak - Kisah Christopher Columbus Selamat Karena Gerhana Bulan Total

Zealandia membentang lima juta kilometer persegi dan 94 persennya ada di bawah air. Penelitian ini sudah dipublikasikan di Geological Society of America's Journal dan menyatakan bahwa ukuran benua ini lebih besar daripada negara India.

Sumber: GSA today

Dilansir dari The Sun, Zealandia adalah bagian dari benua super Gondwana yang pecah sekitar 100 juta tahun yang lalu.

Selandia Baru tidak pernah dianggap sebagai bagian benua Australia, meskipun dalam istilah geografis Australasia masih sering digunakan untuk menyebut kumpulan pulau yang ada di wilayah barat daya Pasifik.

Setelah 20 tahun penelitian, para ilmuwan percaya bahwa pulau yang terisolasi tersebut ternyata memiliki daratan supernya sendiri.

Tim ilmuwan menggunakan data satelit dan pemetaan untuk menyatakan bahwa Zealandia bukan kumpulan "fragmen benua yang terendam" tetapi merupakan kesatuan lahan luas. Atas penemuan itu Zealandia harus diberi status benua.

Bagian bawah air dari Zealandia diyakini telah terlepas dari benua Australia dan tenggelam pada 60 sampai 85 juta tahun lalu.

Di daerah lepas pantai negara bagian Queensland, Australia, dua benua hanya berjarak lima belas mil. Keraknya relatif tipis dan ketebalan berkisar 6 hingga 24 mil.

Setelah mengumpulkan data selama 20 tahun, para peneliti yakin bisa menguak rahasia Zealandia sebagai benua kedelapan. Nick Mortiner seorang penulis utama dalam penelitian itu menyebut bahwa Zealandia merupakan benua termuda, tertipis, dan keberadaannya paling tenggelam di antara benua-benua yang lain.

Sumber: GSA today

Peneliti juga menambahkan bahwa penemuan ini membuktikan bahwa sesuatu yang paling besar dan jelas di alam dapat diabaikan. Hal itu mungkin sebagai jawaban dari Zealandia yang belum masuk secara resmi dalam kategori benua.

Para ilmuwan masih melanjutkan penelitiannya untuk menguak rahasia Zealandia lebih dalam lagi.