Sains

Nggak Hanya Canggih, Piala Dunia 2018 Dirancang Ramah Lingkungan

Namun pandangan dunia berubah, terutama sejak Rusia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018, dipastikan bahwa selama Piala Dunia 2018 dinyatakan iklim Rusia akan sangat bersahabat.

Dinar Surya Oktarini

Piala Dunia/thenational.ae
Piala Dunia/thenational.ae

Hitekno.com - Perhelatan akbar Piala Dunia 2018 akan segera berakhir. Beberapa hari lagi, kita semua akan mengetahui siapa pemenang Piala Dunia 2018 kali ini.

Tetapi sebelum pesta sepak bola itu berakhir, kalian harus tahu nih ada hal yang menarik mengenai Piala Dunia 2018 dari segi sains dan lingkungan.

Vladimir Putin, Presiden Rusia pernah dikecam sekitar 15 tahun lalu karena berpendapat bahwa peningkatan suhu tidak akan berpengaruh untuk Rusia.

Namun pandangan dunia berubah, terutama sejak Rusia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018, dipastikan bahwa selama Piala Dunia 2018 dinyatakan iklim Rusia akan sangat bersahabat.

Dilansir dari DR Amanda Katili Niode, berikut beberapa fakta menarik terkait Piala Dunia 2018 yang juga menjaga lingkungan.

Panitia Penyelenggara Telah Memperkirakan Jumlah Gas Rumah Kaca

Piala Dunia/performgroup.com
Piala Dunia/performgroup.com

Penyelenggara Piala Dunia 2018 sudah memperkirakan jumlah gas rumah kaca yang dihasilkan perhelatan akbar dunia ini.

Sebanyak 464 ribu kendaraan selama satu tahun dan dari jumlah tersebut sebesar 74 persen berasal dari perjalanan internasional, antar kota dan dalam kota Rusia.

Kira-kira ada dua juta penggemar sepak bola datang ke Rusia dan 3,4 miliar menyaksikan dari layar televisi di seluruh dunia.

Pegiat Lingkungan Khawatir Pembangunan Stadion Merusak Lingkungan

Piala Dunia/cdn
Piala Dunia/cdn

Associated Press melaporkan, beberapa tempat termasuk Kaliningrad yang merupakan lahan basah, Moscow tempat pohon langka tumbuh dan Kazan sebagai hunian spesies eksotis akan merusak lingkungan di sekitarnya.

Pasalnya gas-gas rumah kaca diketahui menyebabkan pemanasan global yang memicu perubahan iklim di Rusia.

Seluruh Stadion Telah Memperoleh Sertifikat Hijau

Piala Dunia/americastarbooks.com
Piala Dunia/americastarbooks.com

Sebanyak 12 Stadion untuk 65 pertandingan Piala Dunia yang bertarung dari Kaliningrad sampai Yekaterinburg dan dari St. Petersburg sampai Sochi telah mendapatkan sertifikat hijau atau peduli lingkungan.

Federasi sepak bola internasional dan panitia penyelenggaran menyusun strategi untuk mengurasi dampak negatif dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya melestarikan lingkungan.

FIFA Bekerja Sama dengan PBB

Piala Dunia/africansportsmonthly.com
Piala Dunia/africansportsmonthly.com

Pihak FIFA bekerja sama dengan PBB (UNFCCC) untuk meluncurkan kampanye bagi pemegang tiket untuk offset emisi karbon.

Peserta yang mendaftar kampanye nantinya akan diundi untuk memenangkan dua tiket laga final.

Kampanye ini akan memastikan lebih banyak orang berpartisipasi dalam kelestarian lingkungan.

Lionel Messi Sebagai Duta Pariwisata

Piala Dunia/givemesport
Piala Dunia/givemesport

Penyerang dari klub Barcelona, Lionel Messi, baru ditetapkan oleh badan PBB sebagai Pariwisata Dunia (UNWTO) sebagai Duta untuk Pariwisata.

Tidak hanya itu, Messi juga menjadi SDG Advocate yang mendorong tercapainya agenda global untuk memberantas kemiskinan, ketimpangan sosial dan perubahan iklim juga lho.

Wah ternyata gelaran akbar Piala Dunia yang diadakan di Rusia ini bukan hanya sekedar even dunia saja tetapi juga ikut menjaga lingkungan.

Berita Terkait