Sains

Bus Tanpa Supir Baidu Meluncur Tahun Depan

Baidu telah menghadirkan chip kecerdasan buatan untuk menjalankan komputasi dari pusat data hingga teknologi untuk mendukung kendaraan otonom.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

Sumber baidu
Sumber baidu

Hitekno.com - Baidu merupakan salah satu pemain besar dalam menghadirkan teknologi di produk-produk terbarunya. Raksasa teknologi asal Cina ini dikabarkan sedang bersiap untuk meluncurkan bus tanpa supir di Jepang tahun depan.

Bus ini diyakini akan memenuhi jalanan di kota jepang pada 2019 nanti. Baidu yang sering dijuluki Googlenya Cina sudah bekerjasama dengan perusahaan pembuat bus asal Cina.

Sumber: China Plus
Chip AI Kunlun
(Sumber: China Plus)

Menurut laporan yang dibuat oleh Bloomberg, Baidu telah menghadirkan chip kecerdasan buatan untuk menjalankan komputasi dari pusat data hingga teknologi untuk mendukung kendaraan otonom.

Chip AI yang dijuluki "Kunlun" ini sebagai jawaban atas persaingan global dari perusahaan teknologi raksasa yang sudah meluncurkan chip AI lainnya seperti Huawei, Google, Intel dan raksasa teknologi lainnya.

Sumber: Bloomberg/ Qilai Shen
Sumber: Bloomberg/ Qilai Shen

Baidu bekerjasama dengan perusahaan pembuat bus asal Cina yang bernama King Long. Bus ini akan diberi nama Apollo. Kendaraan besar tanpa supir tersebut sudah diproduksi sebanyak 100 unit.

Sebagai langkah pertama, Baidu akan membawa 10 bus ke Tokyo dan kota-kota Jepang lainnya pada awal tahun depan. Mereka juga akan hadir di kota besar lain di Cina seperti Beijing, Shenzhen dan Wuhan. Bus tanpa supir ini akan menjemput penumpang di daerah wisata, taman, bandara dan area geopark.

Kemampuan AI dari Baidu sudah mencapai level empat kapabilitas kenderaan otonom. Level tersebut menunjukkan bahwa kendaraan ini aman beroperasi meskipun tanpa supir di wilayah tertentu.