Universitas Gunadarma Kembangkan Agrotechnoecoedutourism Lewat Technopark, Cetak Generasi Muda Cakap Teknologi

UG Technopark merupakan kawasan bagi dosen dan mahasiswa serta mitra kampus baik dari Industri maupun institusi lainnya dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Agung Pratnyawan
Senin, 24 Juli 2023 | 14:18 WIB
Universitas Gunadarma Kembangkan Agrotechnoecoedutourism Lewat Technopark. (Universitas Gunadarma)

Universitas Gunadarma Kembangkan Agrotechnoecoedutourism Lewat Technopark. (Universitas Gunadarma)

Hitekno.com - Universitas Gunadarma sebagai perguruan tinggi swasta terus memberikan ruang bagi seluruh anak didiknya dalam mengembangkan diri di multidisiplin ilmu dan cakap teknologi. Salah satunya dengan mendirikan UG opark yakni merupakan Kawasan terpadu yang diintegrasikan dalam tridharma tinggi, dan kebijakan terbaru terkait dengan kampus merdeka.

UG opark merupakan kawasan bagi dosen dan mahasiswa serta mitra kampus baik dari Industri maupun institusi lainnya dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat termasuk program edukasi untuk masyarakat. UG opark memiliki peran yang sangat sentral yakni sebagai bentuk dukungan terhadap pembelajaran diluar kampus yang sudah menjadi kebijakan Pemerintah yang dikenal dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Selain itu, UG opark sebagai wadah ajang berlatih dosen dan mahasiswa dalam menerapkan berbagai inovasi atau kreativitas. Kawasan ini memuat sebuah kawasan Green House, opark, Ecopark, Agroscience, Edupark, Tourism Park, Sport Science Park dan lain-lain yang diintegrasikan menjadi Agrotechnoecoedutourism Park.

Hal itu juga dinyatakan secara langsung oleh Prof, Dr. Ir. Budi Hermana, MM, selaku Kepala Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi Universitas Gunadarma. Menurutnya, berkat adanya semangat mahasiswa dan dosen sebagai kontribusi untuk menjadikan UG opark sebagai salah satu model edukasi.

Baca Juga: Universitas Gunadarma Kembangkan Agrotechno Eco Edutourism Lewat Technopark, Cetak Generasi Muda Cakap Teknologi

Beberapa wahana yang ada merupakan pengembangan teknologi dari hasil karya inovatif dosen dan mahasiswa. UG opark tidak hanya menyediakan fasilitas, tetapi juga memberikan informasi lewat media infografis, ruang galeri, hingga ragam alat yang ditunjukkan guna menjelaskan teori dibalik permainan itu. Hal itu yang menjadi menarik dengan memberikan sentuhan teknologi dan sains“, ungkap Prof. Budi Hermana saat diwawancarai oleh UG TV.

Universitas Gunadarma sebagai universitas terkemuka di Indonesia, menunjukkan komitmennya dalam mendorong upaya pemenuhan agenda pembangunan berkelanjutan terlebih dalam kondisi pascapandemi Covid-19. Hal ini terefleksi melalui pengembangan yang berkelanjutan pada UG opark yang terus dilakukan.

UG opark juga didukung oleh mitra internasional Universitas Gunadarma yang secara langsung datang mengunjungi UG opark. Salah satunya dengan pendirian Masjid Imam Bukhari yang merupakan bangunan masjid sebagai wujud kerjasama dengan pemerintah Uzbekistan. Tidak hanya itu, Prof. Budi Hermana juga menuturkan kerja sama dan kolaborasi apik juga datang dari mitra nasional mulai dari pemerintah dan perguruan tinggi lainnya.

Baca Juga: Peran Universitas Gunadarma Dalam Mengembangkan Robotik Untuk Indonesia

Konteksnya adalah untuk berbagi pengalaman, bagaimana kita mengelola sebuah opark. Karena sains dan technopark bagian dari salah satu arahan bapak Presiden RI, Joko Widodo. Duta besar Uzbekistan yang turut hadir saat Grand Launching Masjid Imam Bukhari terkesan dengan teknologi yang diaplikasikan. Ternyata mereka pun juga menyadari bahwa menggunakan teknologi bisa menyenangkan. Sehingga, mereka dapat teredukasi dengan kehadiran UG opark ini, “ jelas Prof. Budi.

Komitmen yang sama ditegaskan kembali dalam pengembangan di UG o Park ini, yang memiliki tujuan untuk memberikan informasi lewat media infografis, ruang galeri, hingga display yang dapat menjelaskan teori dibalik permainan. UG opark hadir dengan mengusung semangat inovatif, teknologi terbarukan, serta proses yang berkelanjutan. Proyek ini melibatkan kolaborasi apik antara Universitas Gunadarma dan mitra nasional maupun internasional dengan fokus pada penggunaan teknologi, sains, dan sumber energi yang ramah lingkungan.

Prof. Budi menambahkan pengembangan demi pengembangan dilakukan untuk UG opark, termasuk adanya lokasi tanaman langka, ada zona farmology yaitu zona buah buahan, serta zona smart farming, kemudian ada danau. Sehingga dapat merepresentasikan program studi yang ada di UG yang saling bersinergi.

Adanya sarana dan fasilitas UG opark membuat mahasiswa dapat melakukan learning by doing, membiasakan melihat dari berbagai sarana, infografis dan teori dasar menjadi salah satu hal yang efektif sehingga mahasiswa dapat menerapkan segala jenis inovasi pembelajaran dan dapat memenuhi segala sisi kebutuhan pembelajaran mahasiswa,“ ungkapnya lebih lanjut.

Baca Juga: Universitas Gunadarma Sabet Juara TikTok FIGHT Campus Legend Season 2

Universitas Gunadarma secara lugas menempatkan diri sebagai bagian dari kelompok terdepan dalam menghadapi berbagai perubahan dan tantangan zaman, baik teknologi terlebih di era digital saat ini telah memberikan bentuk kepedulian sosial yang nyata bagi masyarakat sekitar.

"Berbagai program telah disiapkan, seperti melakukan target internasional sehingga dapat berorientasi internasional. Selain itu sebagai langkah dalam pengembangan institusi telah lahirnya program studi baru, yaitu salah satunya pada awal tahun 2023 UG merespon program pemindahan ibu kota nasional (IKN) dengan berkontribusi pengembangan sektor pendidikan melalui kerjasama dengan perguruan tinggi di wilayah IKN, pemerintah daerah disana. Program studi yang dikembangkan adalah program studi diluar kampus utama (dikenal dengan istilah PSDKU) dan berbagai program penelitian serta pengabdian masyarakat, "lanjut Prof.Budi.

Selain PSDKU, telah terbentuknya pula Program Studi Doktor (S3) Ilmu Komunikasi yang sedang dalam proses persiapan matang sehingga dapat bersaing dengan teknologi informasi, sosiologi dan ekonomi. Bahkan UG berupaya dalam menjalin interaksi secara maksimal dengan mahasiswa baik secara daring maupun luring dengan sistem komunikasi. Tidak hanya itu UG juga memiliki program untuk membantu dalam perencanaan keuangan agar tidak membebani mahasiswa atau calon mahasiswa, yakni dengan program beasiswa seperti Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K) dari Kemdikbudristek atau beasiswa Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU) dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Baca Juga: UGM, Binus, dan Gunadarma Saling Berebut Gelar Juara di FCL 2021

UG berkomitmen dalam orientasi secara global dan berkontribusi dalam pembangunan berkelanjutan melalui program tri dharma perguruan tinggi dan tata kelola yang adaptif, transformatif, dan inovatif untuk mendukung daya saing nasional.

Bagi UG, adopsi teknologi yang berkolaborasi dengan sains, teknologi dan institusi global serta peningkatan akreditasi bertaraf internasional merupakan program yang terus dijalankan dan dikembangkan guna memastikan mutu pendidikan, penelitian serta pengabdian masyarakat di Universitas Gunadarma sehingga menjadi semakin berkualitas dan berstandar global.

Berita Terkait
TERKINI

Rencana Transaksi ini masih dalam tahap evaluasi awal, di mana Axiata dan Sinar Mas memiliki tujuan untuk tetap menjadi ...

internet | 10:12 WIB

Selain di Jakarta, Nobar Warga Grab tahun ini juga diadakan di Malang, Samarinda, Kediri, Gorontalo, Mataram, Pontianak,...

internet | 10:36 WIB

Dell APEX Cloud Platform for Red Hat OpenShift ini merupakan hasil kerja sama Dell dan Red Hat....

internet | 10:34 WIB

Garmin Run ini akan berlangsung pada 29 September 2024 mendatang di ICE BSD, Tangerang....

internet | 10:25 WIB

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB
Tampilkan lebih banyak