Qualcomm Bahas Hybrid AI, Dapat Menghasilkan Karya Digital dan Banyak Manfaat

Qualcomm membuat One Technology Road Map yang akan digunakannya untuk mengembangkan Hybird AI

Rezza Dwi Rachmanta
Sabtu, 01 Juli 2023 | 20:11 WIB
Logo Qualcomm. (Qualcomm)

Logo Qualcomm. (Qualcomm)

Hitekno.com - Qualcomm baru-baru ini membahas mengenai potensi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan di masa depan. Mereka turut menyinggung adanya Hybrid AI yang bakal meluncur.

Hybrid AI diklaim dapat menghasilkan karya digital dan memberikan banyak manfaat di masa depan.

Berdasarkan penjelasan dari Country Director Qualcomm Indonesia Shennedy Ong, Hybird AI merupakan teknologi AI besutan Qualcomm yang menggabungkan antara pemrosesan AI di cloud dengan perangkat.

Baca Juga: Apa itu Google Gemini? Teknologi AI Pesaing ChatGPT

Sehingga, menghasilkan komunikasi yang mulus antara Cloud dan perangkat Edge.

“Inilah yang kita namakan Hybird AI karena semua yang ada di cloud untuk prosess input, mereka pasti butuh semua perangkat yang di edge ini untuk cloud,” pungkas Shennedy dalam acara Snapdragon Academy 2023: The Future of AI is Hybird di Jakarta.

Ilustrasi AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan. (Pixabay/ Geralt)
Ilustrasi AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan. (Pixabay/ Geralt)

Qualcomm sendiri sudah membuat sebuah One ology Road Map yang akan digunakannya untuk mengembangkan Hybird AI tersebut. Teknologi tersebut terdiri atas connectivity, CPU processing, GPU Graphic dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Qualcomm Perkenalkan Snapdragon 4 Gen 2, Siap Hadir di Sederet Ponsel Berikut

Semua teknologi tersebut akan dibawa ke cloud supaya dapat memberi “kepintaran” kepada perangkat yang ada. Mulai dari perangkat wearable, hearable hingga perangkat XR dan VR/AR.

Lebih lanjut, Hybird AI sendiri juga dapat memungkinkan generative AI untuk menghasilkan karya digital pada perangkat. Teknologi ini akan secara otomatis juga dapat melakukan penilaian kapan proses generative AI dapat berlangsung di perangkat maupun cloud. Penilaian tersebut didasarkan pada efisiensi dan kebutuhan kecepatan dalam pengambilan data atau keputusan.

Dikutip dari Gadgetdiva.id (jaringan Suara.com), Hybird AI sendiri memiliki beragam manfaat. Di antaranya ialah meningkatkan kemampuan analisis data pada perangkat yang melahirkan banyak inovasi, mendorong transformasi digital pada berbagai sektor dan melindungi dari kebocoran data karena data hanya berada di perangkat.

Baca Juga: Acer SpatialLabs Dapatkan Teknologi 3D Stereoskospik tanpa Kacamata

Adapun dampak yang dapat diberikan oleh Hybird AI terhadap transformasi digital. Salah satu contohnya di pabrik, dengan adanya teknologi AI ini pabrik tak perlu lagi memerlukan intervensi manusia.

Di samping itu, Shennedy turut menyampaikan pendapatnya terkait tantangan adopsi AI di Indonesia. Menurut dia, tantangannya ialah minimnya developer lokal yang berfokus pada pengembangan di bidang AI.

“Sekarang ini memang tantangannya adalah belum banyak developer yang fokus di bidang AI,” pungkas dia.

Oleh sebab itu, menurut Shennedy, Indonesia masih memerlukan developer lokal untuk berkontribusi dalam pengembangan AI tersebut. Mereka bisa memanfaatkan platform yang sudah ada maupun merancang sendiri platform yang mereka inginkan.

Qualcomm sendiri telah menyediakan AI Stack, yakni sebuah wadah untuk mencetak developer lokal. Di sini, para developer lokal dapat merancang sendiri desain platform yang berhubungan dengan AI dengan memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan oleh Qualcomm.

“Jadi ke depannya mungkin kita bisa berharap akan lebih banyak lagi developer di Indonesia yang ingin mengembangkan platform AI menggunakan Qualcomm AI Stack,” tutup dia.

Berita Terkait
TERKINI

Apa saja yang baru dalam update WhatsApp ini?...

internet | 10:10 WIB

Rencana Transaksi ini masih dalam tahap evaluasi awal, di mana Axiata dan Sinar Mas memiliki tujuan untuk tetap menjadi ...

internet | 10:12 WIB

Selain di Jakarta, Nobar Warga Grab tahun ini juga diadakan di Malang, Samarinda, Kediri, Gorontalo, Mataram, Pontianak,...

internet | 10:36 WIB

Dell APEX Cloud Platform for Red Hat OpenShift ini merupakan hasil kerja sama Dell dan Red Hat....

internet | 10:34 WIB

Garmin Run ini akan berlangsung pada 29 September 2024 mendatang di ICE BSD, Tangerang....

internet | 10:25 WIB

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB
Tampilkan lebih banyak