Apa itu Google Gemini? Teknologi AI Pesaing ChatGPT

Tak mau kalah dari OpenAI, Google kembangkan kecerdasan buatan Gemini ini.

Agung Pratnyawan
Sabtu, 01 Juli 2023 | 09:51 WIB
Ilustrasi AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan. (Pixabay/ Geralt)

Ilustrasi AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan. (Pixabay/ Geralt)

Hitekno.com - Google Gemini sedang trending dan banyak diperbincangkan belakangan ini. Banyak orang menyebut, Google Gemini adalah pesaing ketat ChatGPT milik OpenAI. Namun apa itu Google Gemini?

Belakangan ini, kamu mungkin pernah mendengar tentang ChatGPT atau tentang Bard Google, tetapi kamu mungkin belum pernah mendengar tentang apa itu Google Gemini.

Jelas ini tak jauh-jauh dari topik kecerdasan buatan. Tak dapat dipungkiri jika kecerdasan buatan menjadi salah satu topik yang cukup sering diperbincangkan akhir-akhir ini.

Baca Juga: Model Bahasa Kecil Baru Buatan Microsoft Mampu Ungguli ChatGPT

Pada acara I/O Google 2023, kecerdasan buatan menjadi pembicaraan di panggung. Sebagian besar obrolan seputar fitur yang akan hadir di rangkaian aplikasi Google Workspace dan produk lain seperti Search dalam waktu dekat.

Ketika berbicara tentang hal ini, ChatGPT menjadi yang paling mendominasi, padahal Google tengah berusaha mengembangkan saingannya yang dikenal dengan nama Google Gemini.

Jika melihat fitur ChatGPT, maka kita akan dipertemukan dengan sebuah teknologi yang mampu memberikan informasi lengkap hanya dengan mengetikkan kata kunci atau memintanya menulis topik tertentu.

Baca Juga: Lazada Punya Fitur Chatbot Berbasis ChatGPT, Namanya LazzieChat

Kepopuleran ChatGPT ini membuat Google dengan bangga mengumumkan jika mereka tengah mengembagkan Google Gemini.

Apa itu Google Gemini?

Gemini merupakan kependekan dari Generalized Multimodal Intelligence Network. Ini adalah lompatan terbaru Google di bidang kecerdasan buatan.

Baca Juga: Infinix Siapkan Smartphone Pertama dengan Asisten Suara Berbasis ChatGPT

Tidak seperti model AI tradisional dan ChatGPT yang dirancang untuk menangani satu jenis data, Gemini adalah jaringan intelijen multimodal yang mampu memproses berbagai jenis data dan tugas secara bersamaan. Ini termasuk teks, gambar, audio, video, model 3D, dan bahkan grafik.

Tapi Gemini lebih dari sekadar model tunggal. Ini adalah jaringan model, masing-masing berkontribusi pada keseluruhan kemampuan sistem.

Arsitektur jaringan ini memungkinkan Gemini untuk menangani berbagai macam tugas tanpa memerlukan model khusus untuk masing-masing tugas.

Baca Juga: ChatGPT Sampai di India, Pengguna Keluhkan Baterai Boros dan HP Panas

Berbagai model dalam jaringan berkolaborasi, berbagi informasi, dan belajar dari satu sama lain, menjadikan Gemini alat AI yang sangat serbaguna dan kuat.

Menurut Google, AI Gemini yang akan datang dibangun untuk menjadi multimodal, dengan fokus pada alat dan integrasi API. Ini akan memungkinkan upaya kolaboratif yang lebih luas. Itu juga dibuat untuk mengakomodasi perkembangan masa depan, seperti peningkatan memori dan perencanaan.

Saat ini, Google Gemini masih dalam tahap pengembangan Google. Hitekno.com belum mendapatkan informasi lebih lanjut tentang fitur apa saja yang akan diusung Google Gemini ini.

Akan tetapi kabarnya, Google Gemini memiliki kemampuan bertenaga PaLM 2 yang diungkapkan di Google I/O termasuk Duet AI, alat untuk menghasilkan teks dan gambar dalam aplikasi seperti Google Docs dan Sheets.

Ini bukan hanya membantu kamu menemukan ide, tapi juga bisa mempermudah kamu dalam mengolah data.

Itulah pengertian Google Gemini yang tengah diperbincangkan karena dianggap jadi saingan berat ChatGPT. Bagaimana menurutmu?

Kontributor: Damai Lestari
Berita Terkait
TERKINI

Rencana Transaksi ini masih dalam tahap evaluasi awal, di mana Axiata dan Sinar Mas memiliki tujuan untuk tetap menjadi ...

internet | 10:12 WIB

Selain di Jakarta, Nobar Warga Grab tahun ini juga diadakan di Malang, Samarinda, Kediri, Gorontalo, Mataram, Pontianak,...

internet | 10:36 WIB

Dell APEX Cloud Platform for Red Hat OpenShift ini merupakan hasil kerja sama Dell dan Red Hat....

internet | 10:34 WIB

Garmin Run ini akan berlangsung pada 29 September 2024 mendatang di ICE BSD, Tangerang....

internet | 10:25 WIB

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB
Tampilkan lebih banyak