5 Cara Cek Kecepatan Internet, Bisa dari Laptop dan HP

Tidak hanya mengukur seberapa kencang, cara cek kecepatan internet juga untuk mengetahui ada masalah atau tidak.

Agung Pratnyawan
Rabu, 17 Mei 2023 | 15:11 WIB
Aplikasi Cek Kecepatan Internet. (Google Play Store)

Aplikasi Cek Kecepatan Internet. (Google Play Store)

Hitekno.com - Apakah koneksi internet yang kamu gunakan sudah termasuk cepat? Ada lo cara cek kecepatan internet yang bisa kamu gunakan untuk mengukur dengan akurat.

Tidak hanya untuk mengukur kecepatan internet seberapa kencang, kamu juga bisa untuk mengetahui seadang ada masalah atau tidak.

Kamu bisa memakai cara cek kecepatan internet melalui metode berikut ini juga mengetahui seberapa lancar jaringan yang kamu gunakan.

Baca Juga: Cara Cek Kecepatan Internet di HP dan PC dengan Mudah

Gangguan kecepatan internet bisa disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah kendala sinyal internet. Dampaknya memang pada kecepatan internet.

Berikut ada beberapa cara cek kecepatan internet apakah jaringan sedang baik-baik saja atau tidak yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Bandwidth Place

Baca Juga: 4 Cara Tes Kecepatan Internet di Rumah, Bisa Lewat PC atau HP

Bandwidth Place diluncurkan oleh perusahaan penyedia layanan internet asal Houston, Texas pada 2002 silam. Bandwidth Place menyediakan PING, download speed, dan upload speed. PING adalah waktu respons dari koneksi internet ketika mengirim permintaan. PING diukur menggunakan satuan milidetik.

Apabila nilai PING pada hasil cek kecepatan internet rendah, itu berarti koneksi internetnya sangat baik, begitupun sebaliknya. Download speed merupakan istilah untuk menentukan kecepatan koneksi yang digunakan ketika mengunduh file atau data.

Angka pada download speed menunjukkan lamanya perangkat menerima file tersebut dan satuan yang digunakannya yaitu megabits per second (Mbps).

Baca Juga: Kecepatan Internet Indonesia Peringkat ke-2 Paling Lelet di ASEAN

Upload speed digunakan untuk mengetahui kecepatan koneksi internet dalam mengirim file ke perangkat. Misalnya membagikan foto ke media sosial atau kirim pesan. Selain itu, Bandwidth Place dilengkapi dengan kolom untuk mendeteksi jenis provider yang sedang digunakan oleh user.

Cara cek kecepatan internet dengan Bandwidth Place bisa dilakukan dengan mengakses https://www.bandwidthplace. com/ kemudian klik start pada logo oranye dan biarkan beberapa detik untuk mengetahui hasilnya.

2. Speed Smart

Baca Juga: Tingkatkan Kecepatan Internet Starlink, Elon Musk Akan Terus Tambah Satelit

Cara cek kecepatan internet dengan Speed Smart dapat diakses gratis ke situs https://speedsmart.net/. Kemudian pengguna tinggal masuk ke laman akses atau buka aplikasi di ponsel dan klik Start Speedtest. Durasi mengetahui kecepatan koneksi internet pada Speed Smart berlangsung sekitar 40 detik dengan menampilkan hasil PING, download speed, upload speed, provider, IP, server.

3. Speedtest.net

Cara cek kecepatan internet juga bisa dengan Speedtest.net yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi Ookla asal Montana, Amerika Serikat. Speedtest.net pertama kali dirilis pada 2006. Cara ini bisa mengukur kecepatan internet baik data seluler maupun wifi.

Cara cek kecepatan internet dengan Speedtest.net bisa diakses melalui link https://www.speedtest.net/ atau buka aplikasinya melalui smartphone, kemudian klik Go yang berada di bagian tengah layar. Tunggu beberapa saat sampai seluruh rekapan hasil kecepatan internet selesai dicek.

4. Fast.com

Fast.com diluncurkan situs video berbayar Netflix untuk membantu penggunanya melihat kecepatan internet yang dimiliki. Cara cek kecepatan internet dengan Fast.com pengguna cukup mengunjungi laman https://fast.com/id/ sistem kemudian akan menghitung kecepatan internet secara otomatis.

Fast.com merupakan situs yang bisa diakses secara cuma-cuma. Tidak hanya itu, Fast.com bisa diakses oleh berbagai perangkat seperti desktop, smartphone, tablet, hingga smart TV asalkan tersedia browser.

5. Meter.net

Situs Meter.net dapat digunakan untuk cara cek kecepatan internet. Kelengkapan dari layanan Meter.net ini hampir sama dengan speedtest.com yaitu PING, download speed, dan upload speed.

Proses cek koneksi internet melalui Meter.net berlangsung sekitar 30 detik melalui situs https://www.meter.net/, kemudian klik Start. Setelah menekan tombol Start, biarkan sistem memproses dan melakukan pengecekan, kemudian akan ditampilkan PING, download speed, dan upload speed sebagai hasil akhirnya.

Inilah 5 cara cek kecepatan internet yang akurat dan bisa kamu lakukan sendiri dengan mudah.

Berita Terkait
TERKINI

Rencana Transaksi ini masih dalam tahap evaluasi awal, di mana Axiata dan Sinar Mas memiliki tujuan untuk tetap menjadi ...

internet | 10:12 WIB

Selain di Jakarta, Nobar Warga Grab tahun ini juga diadakan di Malang, Samarinda, Kediri, Gorontalo, Mataram, Pontianak,...

internet | 10:36 WIB

Dell APEX Cloud Platform for Red Hat OpenShift ini merupakan hasil kerja sama Dell dan Red Hat....

internet | 10:34 WIB

Garmin Run ini akan berlangsung pada 29 September 2024 mendatang di ICE BSD, Tangerang....

internet | 10:25 WIB

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB
Tampilkan lebih banyak