Internet

Cek Kecepatan Internet dari PC dan HP, Harus Kencang dan Anti Lemot

Berikut cara cek kecepatan internet dari PC dan HP.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Cek Kecepatan Internet. (Pixabay)
Cek Kecepatan Internet. (Pixabay)

Hitekno.com - Kemajuan teknologi selaras dengan meningkatnya kebutuhan akses internet penggunanya. Harus super kencang dan anti lemot, begini cara cek kecepatan internet dari PC dan HP dengan mudah dan praktis.

Akses internet yang kencang menjadi jawaban dari segala kebutuhan penggunanya. Saat mendapat akses internet kencang, pengguna bisa mengakses berbagai media sosial hingga data-data lainnya yang memang membutuhkan akses internet.

Mengenai cepat atau lambat akses internet biasanya berpengaruh dan menjadi pertimbangan besar seseorang sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

Mempermudah keperluan kamu agar pekerjaan menjadi tidak terhambat, berikut cara cek kecepatan internet dari PC dan HP. Untuk kamu yang bekerja menggunakan jaringan internet, cara-cara berikut ini harus kamu coba ya.

1. Cek kecepatan internet melalui Speedtest.net

Ilustrasi HP. (pexels/Pixabay)
Cek kecepatan internet. (pexels/Pixabay)

 

Cara cek kecepatan internet menggunakan Speedtest.net ini dapat dilakukan dari PC maupun HP. Untuk HP, kamu perlu untuk mengunduh aplikasi tersebut agar dapat digunakan.

Pengujian kecepatan internet melalui Speedtest.net ini tidak hanya mampu mendeteksi kecepatan jaringan provider namun juga bisa untuk jaringan WiFi.

Hasil yang kamu dapatkan dari pengujian kecepatan internet ini adalah mengenai internet di berbagai media sosial, kecepatan koneksi untuk download hingga untuk upload.

2. Cek kecepatan internet melalui Fast.com

Ilustrasi laptop. (Pixabay/karishea)
Cek kecepatan internet. (Pixabay/karishea)

 

Situs Fast.com ini bisa kamu andalkan untuk mengukur kecepatan internet situs streaming, Netflix. Situs ini diluncurkan secara khusus oleh Netflix untuk deretan penggunanya yang kerap mengeluhkan kecepatan internet saat menonton film atau series.

Tidak perlu khawatir, Fast.com saat ini tersedia di segala jenis perangkat seperti desktop, HP, tablet hingga Smart TV yang memiliki layanan browser.

3. Cek kecepatan internet melalui Speed Smart

Ilustrasi laptop. (Pixabay/Rawpixel)
Cek kecepatan internet. (Pixabay/Rawpixel)

 

Cara cek kecepatan internet ini dapat dilakukan melalui browser, dengan mengakses https://speedsmart.net/. Tidak jauh berbeda dengan situs dan aplikasi untuk cek kecepatan internet, Speed Smart juga memiliki cara kerja yang sama.

Tidak perlu menunggu lama, saat menggunakan Speed Smart, pengguna yang membutuhkan total 40 detik untuk mengetahui apakah jaringan internet yang digunakan berjalan cepat atau justru lambat.

Saat melakukan cek kecepatan internet, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan seperti besaran PING yang adalah waktu respon koneksi internet, Download speed untuk kecepatan koneksi saat mengunduh file dan Upload speed untuk mengetahui kecepatan upload.

Menjamin koneksi internet berjalan cepat dan anti lemot, itu tadi cara cek kecepatan internet yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan praktis.

Berita Terkait