Sah, Akun Facebook Donald Trump Sudah Dipulihkan

Susul Twitter, media sosial racikan Meta mulai kembalikan akun Donald Trump yang sempat ditangguhkan.

Cesar Uji Tawakal
Jum'at, 10 Februari 2023 | 18:46 WIB
Donald Trump. (Instagram/ realdonaldtrump)

Donald Trump. (Instagram/ realdonaldtrump)

Hitekno.com - Masa Donald Trump di penjara media sosial telah berakhir, karena mantan presiden itu dilaporkan telah diberi kembali kendali atas akun Facebook dan Instagram-nya lebih dari dua tahun setelah di-boot dari platform setelah kerusuhan Capitol AS.

Dilansir dari RT.com, Trump mendapatkan kembali kendali atas akunnya minggu ini, beberapa outlet media melaporkan pada hari Kamis (9/2/2023).

Meta Platforms Inc., perusahaan induk Facebook dan Instagram, mengatakan bulan lalu bahwa larangan Trump akan berakhir, mengingat dia telah mendeklarasikan pencalonannya dalam pemilihan presiden 2024.

Baca Juga: Android 14 Mulai Unjuk Gigi, Pembaruan di Sektor Apa Saja?

"Publik harus dapat mendengar apa yang dikatakan politisi mereka - yang baik, yang buruk dan yang jelek - sehingga mereka dapat membuat pilihan berdasarkan informasi di kotak suara," kata Meta dalam sebuah pernyataan.

Ilustrasi Instagram. (Pixabay)
Ilustrasi Instagram. (Pixabay)

Perusahaan itu menambahkan bahwa mereka telah menciptakan "pagar pembatas baru" untuk mencegah pelanggaran berulang terhadap kebijakannya, termasuk hukuman yang lebih berat jika Trump melanggar aturannya.

Trump sebelumnya telah dipulihkan oleh Twitter, yang berarti dia sekarang pada dasarnya bebas untuk memposting konten di semua platform media sosial arus utama.

Baca Juga: Usung 12 Core, Snapdragon 8cx Gen 4 akan Tenagai Sejumlah Tablet

Miliarder Elon Musk, yang mengakuisisi Twitter seharga $44 miliar Oktober lalu, mengundang Trump kembali ke platform pada November.

Namun, mantan presiden itu belum melanjutkan tweeting dan mengatakan bahwa dia tidak melihat alasan untuk kembali di tengah kesuksesan platformnya sendiri, Truth Social.

Akun Facebook dan Instagram Trump tidak memiliki konten baru yang diposting pada Kamis sore. Di Facebook, di mana dia memiliki 34 juta pengikut, pesan terakhirnya adalah permohonan 6 Januari 2021 agar "semua orang di Capitol AS tetap damai."

Baca Juga: 3 Hero Assassin MLBB yang Bisa Counter Hayabusa, Hero OP Auto Tumbang

Akun Instagram-nya memiliki 23.4 juta pengikut, sedangkan akun Twitter-nya yang masih menganggur memiliki 87.6 juta. Sebagai perbandingan, ia memiliki kurang dari lima juta pengikut di Truth Social.

Mengingat jangkauan besar platform media sosial lama, Trump mungkin tergoda untuk kembali menggunakannya saat perlombaan memanas untuk nominasi presiden 2024 Partai Republik.

Namun, kehadiran eksklusifnya di Truth Social meningkatkan nilai platformnya sendiri, berpotensi membuat sahamnya dalam bisnis bernilai miliaran dolar.

Faktanya, hingga Juni, dia secara kontrak diwajibkan untuk menunggu setidaknya enam jam setelah posting Truth Social-nya untuk mengirim konten yang sama di platform lain.

Pembatasan itu tidak berkaitan dengan pesan politik, dan dia mungkin memilih untuk tidak memperbarui perjanjian eksklusivitas ketika berakhir pada Juni.

Berita Terkait
TERKINI

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB
Tampilkan lebih banyak