Bagaimana Google Review Membantu Meningkatkan Reputasi Bisnis

Google review memberikan banyak keuntungan bagi bisnis yang memasarkan produk atau jasanya secara online.

Agung Pratnyawan

Posted: Kamis, 08 Desember 2022 | 15:59 WIB
Pentingnya Google Review dalam Membentuk Reputasi Bisnis.(Niagahoster)

Pentingnya Google Review dalam Membentuk Reputasi Bisnis.(Niagahoster)

Hitekno.com - Menurut Niagahoster, ternyata Google Review bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan reputasi bisnis. Bahkan jadi bagian penting dalam meningkat kepercayaan calon pelanggan pada bisnis.

Bagaimana membuat Google Review sebagai bagian penting untuk meningkatkan reputasi bisnis, cek ulasan dari rilis resmi Niagahoster yang diterima HiTekno.com.

Dulu, lokasi menjadi salah satu pertimbangan utama ketika membangun sebuah bisnis. Lokasi strategis dapat menarik perhatian pelanggan dan memudahkan untuk menikmati produk atau jasa yang ditawarkan.

Baca Juga: Niagahoster: Pentingnya Dukungan pada UMKM dalam Menghadapi Ancaman Resesi 2023

Kini dengan digitalisasi yang semakin digencarkan, reputasi, terutama secara online, merupakan hal yang amat penting untuk dibangun.

Hal pertama dan paling banyak dilakukan orang ketika membutuhkan suatu jasa atau produk dari suatu bisnis adalah dengan mencari tahunya menggunakan bantuan Google. Tidak hanya untuk mencari website atau akun media sosial, maupun lokasi bisnis, namun juga melihat review dari bisnis tersebut.

Menurut Forbes, lebih dari 60 persen customer melihat Google review sebelum mengunjungi suatu bisnis. Popularitas Google sebagai mesin pencarian dan Google Maps sebagai penunjuk arah, membuat Google review juga menjadi acuan banyak orang untuk mencari tahu kredibilitas suatu bisnis.

Baca Juga: Rayakan Hari Jadi ke-9, Niagahoster Adakan Charity di Berbagai Kota di Indonesia

Google review memberikan banyak keuntungan bagi bisnis yang memasarkan produk atau jasanya secara online. Untuk itu, amat penting bagi pemilik bisnis untuk memaintain Google review dengan baik untuk meningkatkan reputasi baik dan kredibiitas bisnisnya.

Reputasi Baik Tidak Didapat Secara Instan

Pentingnya Google Review dalam Membentuk Reputasi Bisnis.(Niagahoster)
Pentingnya Google Review dalam Membentuk Reputasi Bisnis.(Niagahoster)

Reputasi baik dari pelanggan tentu tidak bisa didapatkan secara instan. Memberikan pelayanan yang baik dengan produk dan jasa yang sesuai dengan standar pun harus dilakukan secara konsisten. Jika merasa puas dengan layanan yang diterima, customer pun tidak akan segan-segan untuk meninggalkan review baik mereka di Google.

Baca Juga: Niagahoster Dekati Komunitas WordPress, Ternyata Ini Alasannya

Berdasarkan riset Trustklik, 70 persen konsumen Indonesia mempercayai review online pelanggan lain. Bahkan, mereka bisa 12 kali lebih percaya pada review online dibandingkan dengan keterangan dari produk itu sendiri. Sehingga, bisnis perlu untuk mendaftar pada Google Bisnisku untuk bisa mendapatkan review dari pelanggan.

Review Google digambarkan dengan bintang 1-5 dan reputasi bisnis akan tergambar dari banyaknya bintang yang dimiliki. Seperti misalnya perusahaan penyedia layanan web hosting, Niagahoster, yang mendapatkan akumulasi 4,8 bintang dari total 2.668 total review di Google. Hal tersebut menjadi reputasi baik bagi Niagahoster sehingga dipercaya oleh ratusan ribu pelanggan.

Dilansir dari blog Niagahoster, reputasi Niagahoster berdasarkan Google review tersebut menjadi alasan 36 persen pelanggan yakin untuk menggunakan layanan Niagahoster. Tidak hanya berhenti di situ, reputasi tersebut juga menggerakkan pelanggan Niagahoster untuk merekomendasikannya pada teman atau kenalan mereka.

Baca Juga: Pererat Dukungan untuk Komunitas, Niagahoster Gelar Event Online hingga WordCamp

Google Review Sebagai Penunjang SEO

Tidak hanya penting untuk reputasi, ternyata Google review juga menunjang search engine optimization atau SEO dan ranking website di Google. Hal tersebut disebabkan karena pembaca review baik akan mengunjungi website bisnis untuk mengetahui lebih lanjut produk atau jasa yang ditawarkan.

Google juga akan melihat performa review suatu bisnis. Jika bisnis memiliki review bagus dan memberikan pengalaman baik pada pelanggan, maka Google tidak akan ragu untuk meletakkan website bisnis tersebut pada laman pencarian teratas. Karena, algoritma Google berdedikasi untuk memberikan hasil pencarian paling relevan, dan review baik akan menentukan relevansi suatu bisnis.

Analisa pelanggan secara juga bisa dilakukan menggunakan Google Bisnisku dengan fitur Analytics. Dari situ pebisnis dapat melihat performa marketing, jumlah pelanggan yang menemukan bisnis melalui Google, dan interaksi pelanggan dengan bisnis. Data tersebut juga akan membantu untuk strategi marketing yang akan dijalankan.

Berita Terkait
Berita Terkini

Ingin mencoba trading kripto? Berikut adalah 5 opsi crypto wallet yang layak dicoba....

internet | 16:37 WIB

Apa saja yang baru dalam update WhatsApp ini?...

internet | 10:10 WIB

Rencana Transaksi ini masih dalam tahap evaluasi awal, di mana Axiata dan Sinar Mas memiliki tujuan untuk tetap menjadi ...

internet | 10:12 WIB

Selain di Jakarta, Nobar Warga Grab tahun ini juga diadakan di Malang, Samarinda, Kediri, Gorontalo, Mataram, Pontianak,...

internet | 10:36 WIB

Dell APEX Cloud Platform for Red Hat OpenShift ini merupakan hasil kerja sama Dell dan Red Hat....

internet | 10:34 WIB