Startup Broom Rilis Layanan Buyback

Buyback dari startup Broom memungkinkan showroom mobil bekas mendapatkan sumber dana dan pendapatan yang lebih baik melalui pemanfaatan stok inventori.

Agung Pratnyawan
Sabtu, 29 Oktober 2022 | 15:12 WIB
Startup Broom Rilis Layanan Buyback. (Broom)

Startup Broom Rilis Layanan Buyback. (Broom)

Hitekno.com - Broom resmi mengumumkan Buyback, yakni ayanan penjualan mobil sementara dengan opsi pembelian kembali bagi showroom mobil bekas di Indonesia sebagai solusi perputaran stok inventori.

Produk Buyback dari startup Broom memungkinkan showroom mobil bekas mendapatkan sumber dana dan pendapatan yang lebih baik melalui pemanfaatan stok inventori yang biasanya menumpuk.

Dengan menjual sementara kendaraan yang ada di inventori mereka, showroom dapat membeli stok mobil lainnya yang sesuai dengan minat atau kebutuhan terkini pasar. Skema ini memungkinkan showroom melakukan usaha yang lebih fleksibel, cepat, dan efisien.

Baca Juga: 3 Alasan Startup Tetap Menarik Bagi Generasi Milenial dan Gen-Z

Selanjutnya, Buyback memperbolehkan showroom membeli kembali kendaraan bekas yang telah dijual sebelumnya sesuai waktu yang diinginkan – memaksimalkan nilai ekonomis dari aset yang dimiliki.

Dengan berbasis hubungan jual-beli, layanan Buyback dari dari startup Broom dapat diakses semua kalangan showroom mobil bekas.

Bukan hanya itu, produk Buyback dari Broom ini juga menawarkan fleksibilitas di sisi durasi pembelian kembali serta jenis dan umur kendaraan yang dapat mengikuti layanan ini.

Baca Juga: Lima Startup Pilihan Grab Ventures Velocity Batch 5 x Sembrani Wira, Bikin Penasaran

Saat ini, showroom dapat memilih durasi pembelian kembali dengan opsi mingguan (7 hari dan 14 hari) maupun bulanan (30 hari dan 60 hari) yang disepakati bersama saat pengajuan sesuai kebutuhan showroom.

CEO & Co-Founder Broom, Pandu Adi Laras mengatakan "Keterbatasan akses finansial dan manajemen inventori adalah beberapa masalah utama yang dihadapi oleh bisnis konvensional seperti seperti showroom mobil bekas untuk mengembangkan bisnisnya secara optimalnya. Dengan hadirnya produk Buyback ini, Broom berharap dapat memberikan solusi fleksibel bagi para pemilik showroom untuk memaksimalkan potensi sumber daya serta dan cash flow untuk mengembangkan bisnis mereka.”

Berdasarkan data BPS, pertumbuhan kendaraan penumpang dari 2018 - 2020 mencapai 6.5%. Melihat tren ini, Broom optimis pasar mobil bekas akan terus tumbuh, sejalan dengan peningkatan jumlah showroom yang kini mencapai 40,000 di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Ikut BUMN Startup Day, VCGamers Apresiasi Dukungan Pemerintah

Broom didirikan pada Juni 2021 dengan 5 showroom sebagai konsumen pertamanya. Sejak itu, Broom telah berkembang pesat dan telah membantu lebih dari 3.000 showroom yang tersebar di area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Surabaya.

Produk Buyback dari Broom juga tercatat telah terbukti membantu showroom meningkatkan rata-rata jumlah inventaris showroom hingga 65% dan mendorong pertumbuhan omset hingga 2,5x lipat perbulannya.

Peluncuran Aplikasi broom.id

Baca Juga: Startup Bekingan Xiaomi Kenalkan Mobil Sport Listrik, Tampangnya Aduhay, Harganya Bikin Penasaran

Dalam acara hari ini, Broom juga meluncurkan aplikasi broom.id yang ditujukan bagi pemilik showroom mobil bekas untuk mempermudah pengajuan Buyback yang selama ini dilakukan melalui situs broom.id.

Aplikasi ini juga dapat digunakan sebagai platform manajemen showroom dan inventori kendaraan secara digital, langsung dari smartphone masing-masing.

"Melalui aplikasi ini, Broom menghadirkan teknologi yang memudahkan operasional bisnis showroom dan mengakses fitur serta layanan Broom. Pengguna dapat melakukan registrasi serta verifikasi showroom, dan kendaraan secara otomatis, mengajukan Buyback, serta memonitor bisnis mereka dari mana saja dan kapan saja . Dengan hadirnya layanan berbasis aplikasi ini, kami berharap dapat meningkatkan kepuasan dan kenyamanan showroom pengguna sekaligus meningkatkan produktivitas showroom," jelas COO Broom, Claussen Sindhuwinata.

Dimulai dengan produk Buyback dan aplikasi broom.id, Broom akan terus berupaya memberikan kemudahan dan membantu operasional serta bisnis showroom secara digital dan komprehensif, dari suplai kendaraan, penjualan kendaraan, hingga value added services lainnya.

Berita Terkait

TERKINI

Mantan Tapi Menikah, web series terbaru yang diadaptasi dari cerita Wattpad. Tertarik menontonya?
internet | 18:27 WIB
Situs-situs ini berguguran usai pemerintah negara tersebut memutuskan untuk mengirim bantuan berupa tank ke Ukraina.
internet | 17:56 WIB
Perubahan kondisi di Ramadan tahun ini, mulai dari dicabutnya PPKM hingga kenaikan harga, mendorong terjadinya perubahan gaya belanja masyarakat dalam memenuhi kebutuhan persiapan puasa dan lebaran.
internet | 17:44 WIB
Dengan bertemakanValentine Day,DatascripMall menyiapkan berbagai promo menarik. Cek apa saja.
internet | 16:25 WIB
Ia mendapat pemberitahuan pemecatan jam dua pagi saat sedang memberi makan bayi perempuannya.
internet | 16:11 WIB
Bagi bisnis kecil, Bigin menawarkan solusi CRM sederhana namun kuat tanpa kendala pemakaian dan biaya.
internet | 15:59 WIB
Netizen menduga tindakan tersebut didasari oleh kebucinan Vino G Bastian terhadap istri tercintanya, Marsha Timothy.
internet | 13:54 WIB
Momen kebahagiaan dua sekuriti ini telah ditonton lebih dari 10 juta kali.
internet | 13:33 WIB
CEO TikTok Shoi Zi Chew akan menuturkan kesaksian di depan anggota Komite Energi dan Perdagangan DPR AS.
internet | 11:19 WIB
"Ya Allah om, ganteng sekali," puji netizen.
internet | 21:08 WIB
"Mood banget," kata netizen.
internet | 20:38 WIB
Jangan sembarang pakai kata Body Count tanpa tahu apa artinya. Simak penjleasan ini.
internet | 19:03 WIB
Lengkap dan beragam, pilih salah satu dari kata-kata Valentine Day 2023 berikut ini.
internet | 14:58 WIB
Mudah bisa diam-diam download status WhatsApp teman tanpa ketahuan, ikuti tutorial WhatsApp ini.
internet | 14:22 WIB
Lengkap dengan subtitle Indonesia, Ini link nonton Crash Course in Romance episode terbaru.
internet | 13:34 WIB
Cuplikan video FTV tersebut ramai dengan komentar netizen.
internet | 12:44 WIB
Baru-baru ini beredar sebuah video yang menampilkan maskot Mixue dengan maskot lain yang berbentuk panda berwarna biru.
internet | 12:39 WIB
Dirinya lalu terkejut ketika melihat seekor cumi-cumi kecil berwarna hitam yang sedang begitu asyik berenang.
internet | 10:06 WIB
Tampilkan lebih banyak