3 Alasan Startup Tetap Menarik Bagi Generasi Milenial dan Gen-Z

Startup sangat dihargai karena ide-ide terbaru dan inovasi canggih mereka yang menarik, dan menginspirasi.

Agung Pratnyawan
Kamis, 06 Oktober 2022 | 10:33 WIB
Ilustrasi Startup. (Pixabay)

Ilustrasi Startup. (Pixabay)

Hitekno.com - Startup belakangan ini menjadi sorotan karena banyak bermunculan, namun tak sedikit yang berguguran. Belum lagi ramainya gelombang PHK dari para startup belakangan ini. Meski begitu banyak tantangannya, ternyata startup masih menarik bagi generasi milenial dan Gen-Z.

Pandemi yang melanda dunia kemarin telah mengguncang banyak sektor, tidak terkecuali startup turut terkena dampak signifikan dari guncangan ekonomi akibat pandemi COVID-19, meskipun tidak dengan cara yang dapat diantisipasi.

Baca Juga: - Lima Startup Pilihan Grab Ventures Velocity Batch 5 x Sembrani Wira, Bikin Penasaran - Ikut BUMN Startup Day, VCGamers Apresiasi Dukungan Pemerintah - Startup Bekingan Xiaomi Kenalkan Mobil Sport Listrik, Tampangnya Aduhay, Harganya Bikin Penasaran - Kolaborasi Google for Startups dengan Impactto, Beri Bimbingan ke Pendiri Startup

Beberapa industri startup telah tumbuh dan bahkan berakselerasi dengan cara yang tidak pernah kita bayangkan sebelum pandemi, sementara yang lain saat ini sedang mengalami perubahan struktural agar tetap mampu beradaptasi dengan situasi yang dinamis.

Namun, terlepas dari kendala tersebut, sektor startup masih dianggap sebagai kekuatan penting bagi pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja juga sering menjadi katalisator inovasi radikal, sehingga tetap menarik di kalangan pencari kerja terutama generasi milenial dan gen-z.

Di dalam perannya membantu talenta Indonesia menemukan startup yang tepat, jaringan profesional terbesar di internet, LinkedIn, menerbitkan daftar Top Startup 2022 untuk membantu pencari kerja menemukan startup terbaik untuk bekerja.

LinkedIn sangat peduli tentang bagaimana startup dapat memberikan manfaat dan memperhatikan kesejahteraan karyawan mereka, selain membantu pengguna menemukan pekerjaan atau tempat magang yang sesuai minat dan keahlian, terhubung dengan pengguna lain di industri, meningkatkan ikatan profesional yang ada, dan mempelajari keterampilan yang mereka butuhkan.

Dalam daftar tersebut, para talenta akan menemukan 15 startup Indonesia yang tidak hanya berkembang pesat, tetapi juga memenangkan hati karyawan melalui dukungan terhadap kesejahteraan karyawannya. 

Startup dengan pertumbuhan tinggi dari berbagai industri seperti Flip, Sayurbox, Sociolla (bagian dari Beauty-tech Social Bella), Tentang Anak, Ajaib dan Mamikos telah masuk dalam daftar LinkedIn Top Startup 2022. 

Perusahaan-perusahaan ini sangat dihargai karena ide-ide terbaru dan inovasi canggih mereka yang menarik, dan menginspirasi. Untuk perusahaan dapat terdaftar di LinkedIn Top Startups,  mereka harus dimiliki secara independen atau swasta, memiliki setidaknya 50 pekerja, dan memiliki kantor pusat di Indonesia.

Untuk terdaftar di LinkedIn Top Startups, perusahaan-perusahaan ini harus dimiliki secara pribadi, memiliki setidaknya 50 pekerja, dan memiliki kantor pusat di Indonesia.

Daftar tersebut disusun berdasarkan data eksklusif LinkedIn dengan mempertimbangkan 4 pilar utama, yaitu pertumbuhan pekerjaan, keterlibatan, minat kerja, dan menarik talenta terbaik untuk organisasi.

Beberapa startup berhasil masuk dalam daftar tersebut untuk kedua kalinya secara berturut-turut, antara lain Sociolla, Flip, Ula, Mamikos, Ajaib, dan Lemonilo.

Merekrut dan mempertahankan talenta yang tepat, terutama dalam jumlah besar orang selalu menantang, dan pandemi membuatnya semakin sulit. Di antara startup yang masuk dalam daftar, Sociolla adalah yang memiliki jumlah karyawan terbesar; dan mayoritas dipekerjakan selama pandemi. Co-Founder dan President Social Bella Christopher Madiam mengatakan, "Di Sociolla, karyawan adalah aset terbesar kami. Sejak pandemi dimulai pada tahun 2020, kami telah membuka banyak peluang bagi talenta terbaik untuk bergabung dengan tim sambil melakukan ekspansi bisnis yang agresif di seluruh dan di luar Indonesia. Sekarang kami memiliki anggota Gen Pink - cara kami menyebut diri kami sendiri - di seluruh Indonesia, Vietnam, dan India."

Sebagai sebuah startup, menjadi dinamis dan agile sangat penting untuk meningkatkan produktivitas dan tetap selangkah lebih maju dari persaingan, dan itu memang dapat menjadi tantangan besar untuk dilakukan apalagi sambil menjaga tim yang masih berkembang. Christopher mengatakan, "Terus terang, pada awalnya tidak mudah untuk menangani ribuan karyawan, apalagi di tengah pandemi. Agility dan empati adalah kuncinya. Kami mengambil semua pelajaran penting dari pandemi untuk membawa pengaturan kerja yang relevan bagi karyawan kami. Saat ini Sociolla telah menerapkan kebijakan Hybrid Working, dimana kami tetap memberikan fleksibilitas dan mengacu pada nilai inti kami yaitu agile, yang mana kami selalu berusaha untuk beradaptasi di setiap situasi yang kami hadapi. Kami sangat bangga melihat bahwa semua hal yang telah kami lakukan untuk menyediakan sistem dan lingkungan kerja terbaik untuk Gen Pink, telah membawa Sociolla kembali masuk dalam jajaran Top Startup tahun ini."

Dikutip dari beberapa sumber, berikut berbagai faktor yang mendorong generasi milenial dan gen-Z tertarik bekerja di startup;

Keterlibatan Karyawan

Di antara startup teratas yang masuk dalam daftar, kita dapat melihat satu kesamaan terlepas dari jumlah karyawan yang mereka miliki; mereka bekerja ekstra untuk terlibat dengan karyawan mereka dengan tindakan yang bermakna dan berhubungan.

Belajar lagi dari studi kasus Sociolla, ketika situasi berangsur-angsur berubah menjadi normal, perusahaan mengembangkan banyak aktivitas menarik untuk mempertahankan semangat positif dan membangun dinamika tim yang lebih kuat di antara Gen Pink.

Sociolla secara khusus mengadakan Sociolla Inspiring Day, yang terdiri dari berbagai kegiatan menghibur dan menyegarkan untuk GenPink di seluruh negara.

Beberapa contoh kegiatan Sociolla Inspiring Day adalah; Train your Body & Mind, The Simple Yoga for Everyone; Dancing in the Rain - Entering a New Chapter of Life in The Middle of Corona Crisis; Smart Financial Planning dan banyak lagi. Kegiatan ini membuktikan komitmen Sociolla untuk menyediakan lingkungan kerja terbaik untuk semua GenPink-nya.

Semangat Muda 

Generasi Milenial dan gen-z cenderung mencari tempat kerja yang memiliki lingkungan yang dinamis dan beragam, di mana mereka masih bisa berhubungan satu sama lain dan terus beroperasi di perusahaan yang sama.

"Budaya anak muda di sini bukan berarti menyediakan kantor keren dengan bean bag warna-warni dan meja biliar. Apalagi saat startup bergerak ke tahap akhir, milenial dan gen-Z mengharapkan budaya dan kepemimpinan perusahaan yang kuat dan relevan yang sesuai dengan mereka," kata Agnes Diah Tjondro, praktisi HR.

Ia menambahkan, era baru budaya startup yang dituntut lebih banyak talenta masa kini yang didominasi oleh generasi millennial dan gen-z merupakan kombinasi dari fleksibilitas, keterbukaan komunikasi dan pembinaan yang inspiratif, serta lingkungan yang dinamis dan beragam. Faktor fleksibilitas menjadi lebih penting sejak pandemi.

Pekerjaan hybrid adalah hal baru yang dituntut oleh generasi ini, dan kita telah melihat munculnya perusahaan rintisan yang membuang jam kerja tradisional 9 hingga 5 untuk memberi jalan kepada jam kerja yang lebih fleksibel untuk beradaptasi dengan tren baru.

Pemberdayaan Untuk Menciptakan Dampak

Meskipun tersendat, sektor startup secara keseluruhan di Indonesia terus meningkat dengan semakin banyak startup yang menjadi perusahaan mapan dan mengomunikasikan ambisi mereka yang lebih besar.

Rasa keinginan yang kuat akan sesuatu  dengan mentalitas startup adalah salah satu kualitas terbaiknya. Sikap seperti ini telah melibatkan banyak talenta untuk menjadi bagian dari perjalanan startup dalam membentuk masa depan yang lebih baik untuk semua. Selain itu, ini membantu karyawan tetap tertantang dan termotivasi, membuat mereka aktif dalam peran mereka saat ini.

"Perasaan terbaik yang dapat dirasakan oleh seorang talenta adalah dapat benar-benar menikmati sebuah pekerjaan karena percaya dengan misi perusahaan dan dapat menyaksikan dampak nyata yang dibawanya bagi kemajuan masyarakat," tutup Agnes.

Berita Terkait

TERKINI

Banyak netizen yang menduga jika wallpaper tersebut menjadi motivasi keduanya untuk kembali membawa pulang piala ke negara Tim Samba.
internet | 17:36 WIB
Melihat hal ini, netizen kemudian mengaku curiga dengan identitas tukang becak tersebut.
internet | 17:19 WIB
Kolom balasan unggahan video murid-murid beri kejutan ulang tahun untuk bapak guru ini lalu diramaikan dengan berbagai komentar.
internet | 15:36 WIB
Hitekno.com telah merangkum beragam jenis topologi jaringan komputer yang mungkin informasinya sedang kamu cari saat ini.
internet | 15:11 WIB
Simak penjelasan mengenai perbedaan HTTP dan HTTPS yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.
internet | 14:48 WIB
Bocah "buronan internasional" mampu menebak beberapa laga Piala Dunia 2022 dengan akurat.
internet | 22:25 WIB
"Pray for Garut. Semoga semuanya baik-baik saja dan tak terluka," cuit netizen.
internet | 17:48 WIB
Honda menjuluki motor tahun 80-an ini sebagai Si Kontan.
internet | 16:11 WIB
Netizen menilai bahwa Suarez terkenal karma atas aksinya pada Piala Dunia 2010 lalu.
internet | 16:04 WIB
Sneaker milik penjual di pinggir jalan ini sukses bikin netizen salfok.
internet | 14:43 WIB
Ia menjanjikan pamer foto telanjang dirinya jika Brasil bertemu dengan Jerman pada finalPiala Dunia 2022 yang sedang berlangsung di Qatar.
internet | 13:30 WIB
Meski usaia kandungan sudah lima bulan, Nella Kharisma tetap nekat Pargoy.
internet | 11:45 WIB
Untuk pembelian Kids Combo, pelanggan malah akan mendapat buku alih-alih mainan.
internet | 19:55 WIB
Der Leyen menyatakan dalam sebuah video yang diterbitkan di Twitter bahwa lebih dari 100.000 perwira militer Ukraina telah terbunuh.
internet | 19:49 WIB
"Detik-detik terciptanya anak sultan," kata netizen.
internet | 17:55 WIB
Lukaku nampak kecewa dan menangis karena tak bisa mencetak gol.
internet | 16:26 WIB
Pintu anti mainstream ini sukses bikin netizen salfok.
internet | 15:55 WIB
Meme Lukaku beredar viral di media sosial.
internet | 13:45 WIB
Tampilkan lebih banyak