Tingkatkan Kepercayaan pada Teknologi Keuangan, Ini Pentingnya Verifikasi Identitas Berbasis Sertifikat Elektronik

Begini cara meningkatkan kepercayaan pada teknologi keuangan dengan verifikasi identitas online berbasis sertifikat elektrontik.

Cesar Uji Tawakal
Jum'at, 30 September 2022 | 15:00 WIB
Ilustrasi uang. (Pexels)

Ilustrasi uang. (Pexels)

Hitekno.com - Cepatnya penetrasi digital di Indonesia, tentunya membawa banyak dampak positif. Revolusi digital yang turut menyentuh sektor keuangan tentunya membawa banyak dampak positif bagi masyarakat.

Salah satunya adalah meningkatnya inklusi keuangan terutama bagi masyarakat underbanked, atau mereka yang tidak memiliki akses langsung kepada layanan keuangan dan perbankan, dimana layanan keuangan digital menjadi tali penyambung inklusi keuangan untuk dapat terus diperluas di Indonesia.

Migrasi transaksi keuangan menjadi serba digital tentunya memerlukan tingkat kepercayaan antara pengguna dan platform digital, mengingat interaksi tak lagi dilakukan secara tatap muka.

Baca Juga: Nostalgia Lihat Brosur HP Jadul Nokia N Series Ini, Netizen: Dulu Sering Mengkhayal Beli

Terutama dalam proses verifikasi identitas, yang merupakan proses yang wajib dilakukan untuk mengakses sebuah layanan keuangan. Disinilah peran Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) menjadi semakin diperlukan, dengan layanan verifikasi identitas berbasis sertifikat elektronik, dapat membantu para penyedia layanan keuangan digital menyediakan layanan verifikasi identitas secara online yang sesuai dengan prinsip pengenalan nasabah dalam Uji Tuntas Nasabah yang aman, tepercaya, cepat, dan legal di mata hukum.

Verifikasi menjadi salah satu alat bagi instansi keuangan untuk dapat memberikan layanan terbaik kepada nasabahnya. Bagi layanan keuangan konvensional, verifikasi dilakukan dengan membawa berbagai dokumen identitas.

Namun, dengan semakin berkembangnya teknologi tentunya verifikasi pun mengikuti zaman dan mulai bertransformasi dengan menggunakan metode verifikasi identitas secara online yang didukung oleh berbagai Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) yang juga mendorong proses verifikasi dapat dilaksanakan dalam waktu yang lebih singkat.

Baca Juga: Putus dari YouTuber Chandra Liow, Indira Ayu Maharani Curhat dapat Perlakuan Kasar Begini

Hal ini dapat dilihat dari transisi yang telah dilakukan di India, dimana adopsi verifikasi identitas secara online yang dilakukan oleh berbagai instansi keuangan seperti bank telah memotong waktu verifikasi pengguna yang tadinya dilakukan selama 5 hari dapat dilaksanakan selama beberapa detik .

Sati Rasuanto, CEO dan Co-Founder VIDA menjelaskan “Verifikasi identitas secara online telah menjadi standar yang harus diterapkan oleh berbagai pemain industri keuangan untuk dapat melanjutkan misi mereka memperluas inklusi keuangan di Indonesia.

Tentunya untuk mendukung misi tersebut, PSrE seperti VIDA hadir membantu rekan bisnis kami menjalankan verifikasi identitas secara online dengan lebih efisien dan sesuai dengan prinsip pengenalan nasabah dalam Uji Tuntas Nasabah (CDD-Customer Due Diligence) dengan bantuan teknologi verifikasi biometrik berdasarkan data kependudukan dari Dukcapil dan liveness detection.

Baca Juga: Rumor Spesifikasi Snapdragon 8 Gen 2 Kembali Mencuat, Performanya Mengundang Tanda Tanya

Hal ini dapat diperkuat dengan penerbitan sertifikat elektronik sebagai bukti dari identitas digital terverifikasi yang sah.”

Sertifikat elektronik sendiri sudah didefinisikan di dalam UU Informasi Transaksi Elektronik (ITE) sebagai sertifikat yang bersifat elektronik yang memuat Tanda Tangan Elektronik dan identitas yang menunjukkan status subjek hukum para pihak dalam Transaksi Elektronik yang dikeluarkan oleh PSrE.

Berisi data identitas pengguna yang sudah terenkripsi, sertifikat elektronik menjadi barang bukti bahwa pengguna telah sesuai dengan identitas yang terekam di dalam sertifikat elektronik tersebut.

Keberadaan sertifikat elektronik dalam industri layanan keuangan juga makin diperkuat dengan disahkannya Undang Undang Pelindungan Data Pribadi (UU PDP) baru-baru ini, yang mengatur kebijakan lebih detail mengenai definisi data pribadi dan hak dan kewajiban dalam mengelola data pribadi.

Beberapa pengaturan tersebut adalah penegasan kewajiban melindungi data pengguna layanan digital yang lebih terdefinisi sanksinya bagi mereka yang lalai dalam melakukan pelindungan data penggunanya.

Verifikasi dan Inklusi Keuangan

Bagaimana inklusi keuangan dapat didukung oleh verifikasi yang aman? Sati lebih lanjut menjelaskan, “Verifikasi identitas yang aman akan membangun rasa percaya antara pengguna dan layanan digital."

"Tentunya dengan rasa percaya tersebut akan mendorong semakin banyak masyarakat untuk mulai masuk ke dalam ekosistem digital dan memperluas layanan keuangan digital kepada lebih banyak masyarakat Indonesia," imbuhnya.

"Bagi VIDA sendiri, kami telah bekerja sama dengan banyak instansi layanan keuangan digital, salah satunya Kredivo yang dimana kami mendukung dan meningkatkan skala proses pengajuan di dalam aplikasi Kredivo dengan proses verifikasi identitas secara online yang cepat dan tentunya membuat masyarakat lebih mudah untuk dapat merasakan layanan keuangan digital secara langsung," lanjutnya.

Sebagai penyedia sertifikat elektronik terdepan, VIDA terus menjunjung tinggi tiga nilai penting yang dihadirkan melalui produk-produknya, yaitu Speed, Scale and Secure.

Speed yakni kemampuan teknologi VIDA untuk memproses, memverifikasi dan melakukan otentikasi data pengguna dalam waktu singkat.

Secure yakni memberikan jaminan lebih terhadap keamanan data dari pengguna dengan enkripsi end-to-end, dan telah dijamin oleh berbagai akreditasi kelas global seperti ISO 27001 dan WebTrust.

Scale dimana dalam kerja sama ini teknologi VIDA mampu memproses pemrosesan data dalam skala besar.

“VIDA juga terus memperkuat pemrosesan verifikasi dalam skala besar yang penting untuk memberikan lebih banyak masyarakat kemampuan untuk mendapatkan layanan teknologi keuangan. Untuk itu VIDA telah mampu memproses lebih dari 800.000 identitas setiap harinya.” tutup Sati.

Berita Terkait
TERKINI

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB

Pasar generatif AI dan cloud di Indonesia diprediksi terus tumbuh....

internet | 14:44 WIB
Tampilkan lebih banyak