Ruginya Bikin Ngilu, IBM Ungkap Pentingnya Perlindungan Data Pribadi di Indonesia

IBM menyambut baik langkah pemerintah untuk segera mengimplementasikan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi di Indonesia.

Cesar Uji Tawakal
Kamis, 29 September 2022 | 18:30 WIB
Ilustrasi Server IBM LinuxONE. (IBM)

Ilustrasi Server IBM LinuxONE. (IBM)

Hitekno.com - Pemerintah Indonesia telah mengesahkan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP) sebagai Undang-Undang dalam Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI untuk mendukung penguatan penyediaan pelayanan dasar dan peningkatan produktivitas masyarakat.

Pengesahan UU PDP diharapkan menjadi salah satu langkah tepat untuk meningkatkan keamanan data di tengah ramainya kebocoran data yang terjadi beberapa tahun terakhir.

Baca Juga: - Harga dan Spesifikasi Realme C11, Sekarang Cuma Dijual Segini - Cara Buka Reddit Tanpa VPN, Mudah Bisa di Laptop dan HP - Pakai Botol Ini untuk Wadah Kecap dan Saos di Warung Mie Ayam Pakai, Netizen Ketar-ketir Melihatnya

Terdapat beberapa poin penting yang tercantum dalam UU PDP meliputi; jenis data pribadi, hak pemilik data, pemrosesan data pribadi, pengecualian terhadap perlindungan data pribadi, pengendali dan prosesor, kewajiban dan tanggung jawab, peran pemerintah dan masyarakat, pejabat/petugas/data protection officer/DPO, transfer data pribadi, penyelesaian sengketa, kerja sama internasional, ketentuan sanksi administrasi/pidana.

Perlindungan data pribadi merupakan elemen yang sangat kritikal dalam strategi bisnis di era digital ekonomi seperti saat ini. Menteri Komunikasi dan informatika, Johnny G Plate mengungkapkan bahwa pengesahan RUU PDP menjadi UU merupakan salah satu wujud nyata negara melindungi data pribadi penduduknya dan akan mendorong reformasi praktik pemrosesan data pribadi untuk menghormati hak subjek data pribadi, melaksanakan keseluruhan kewajiban data pribadi, termasuk pelindungan kepada kelompok rentan seperti anak-anak dan penyandang disabilitas.

IBM menyambut baik langkah pemerintah untuk segera mengimplementasikan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi di Indonesia.

Dengan adanya Undang-Undang ini, diharapkan dapat terbentuk ekosistem digital yang aman dan bermafaat bagi para pelaku bisnis, pemerintah dan tentunya konsumen.

Ilustrasi Topeng Hacker Guy Fawkes. (Pexels)
Ilustrasi Topeng Hacker Guy Fawkes. (Pexels)

IBM Security pada laporan Cost of Data Breach 2022 mengungkapkan biaya rata-rata pelanggaran data mencapai tertinggi di ASEAN sebesar 2,87 juta dolar AS pada tahun 2022.

Oleh karena itu, untuk menekan serangan siber perusahaan atau institusi dapat memulai perjalanan digitalnya dengan bermitra dengan penyedia layanan teknologi yang dapat memberikan akses dan pemahaman atas solusi teknologi apa yang paling sesuai dan bagaimana kita memastikan adanya strategi keamanan di setiap perjalanan transformasi digital yang dilakukan.

Dalam laporannya, IBM Cost of a Data Breach 2022 juga mengungkapkan bahwa pengadopsian teknologi artificial intelegence (AI), hybrid cloud dengan pendekatan zero trust di percaya mampu menurunkan biaya pelanggaran data.

Hybrid cloud adalah tentang menemui anda di mana anda berada dalam hal pilihan infrastruktur TI yang telah anda buat dan berbagai tempat anda melakukan komputasi-apakah itu di public cloud, private cloud, atau on premise. IBM menyediakan orkestrasi, manajemen dan portabilitas aplikasi di antaranya untuk menciptakan infrastructural cloud tunggal yang aman, fleksibel, dan optimal untuk menjalankan beban kerja komputasi.

Lebih jauh lagi, dengan adanya elemen zero-trust di infrastruktur TI, perusahaan memiliki kendali atas siapa, dimana, kapan, dan bagaimana data Anda diakses.

IBM telah bermitra dengan Indonesia selama lebih dari 85 tahun, IBM memiliki misi untuk secara konsisten mendukung visi pemerintah untuk mengembangkan masyarakat digital berbasis teknologi dan pengetahuan dan membantu bisnis di Indonesia mulai beroperasi secara lebih aman, efesien dan berkelanjutan.

Berita Terkait

TERKINI

Namanya viral, Benny Rhamdani ternyata punya kekayaan selangit, begini kata LHKPN KPK.
internet | 17:38 WIB
Dalam video pernikahan Sisca Kohl dan Jess No Limit, netizen soroti bangaimana mereka menyensor wajah orangtua.
internet | 15:41 WIB
"Udah capek didemo pas 2019 kemarin," celetuk netizen lain.
internet | 15:14 WIB
Suporter cantik ini bikin netizen Tanah Air kesengsem.
internet | 14:26 WIB
Denise Chariesta mengaku kalau sosok yang disebut RD ini telah mengonsumsi narkoba.
internet | 13:51 WIB
Fatwa haram Joget Pargoy ini telah disampaikanMUI Jember dalam surat resminya bernomor 02/MUI-Jbr/XI/2022.
internet | 13:35 WIB
Pengunjung gerai es krim premium ini auto panik saat melihat tikus.
internet | 13:28 WIB
Emak-emak ini nampak mengenakan jersey timnas Indonesia dengan lambang garuda di bagian dadanya.
internet | 12:10 WIB
Kamu Nanya Kamu Bertanya-tanya berapa tarif endorse Alif Cepmek berapa? Ia mengaku sampai Rp 20 juta lho.
internet | 11:15 WIB
Cara membuat Spotify Wrapped 2022 begitu mudah.
internet | 09:48 WIB
Entah hanya candaan atau bukan, aksi penjual roti bakar yang terima pembayaran dengan bitcoin ini langsung menuai berbagai komentar.
internet | 09:13 WIB
Nama Gerald 'Jerry' Lawson sudah tidak asing. Pria asal Amerika Serikat ini dikenal sebagai bapak video game modern berkat jasa-jasanya.
internet | 07:57 WIB
Pemerintah Amerika Serikat akhirnya ikut turun gunung terkait kegaduhan di media sosial Twitter.
internet | 22:28 WIB
Petugas dengan celana pendek ini sukses bikin netizen salfok.
internet | 21:19 WIB
Setelah Apple dan Huawei, kini giliran MediaTek yang menggandeng Bullitt.
internet | 21:08 WIB
CCTV ini merekam detik-detik bodi mobil yang tiba-tiba meledak.
internet | 21:06 WIB
Elon Musk santer menyindir Apple usai membeli Twitter, apa sebab?
internet | 21:01 WIB
"Hoki seumur hidup kepake," kata sang pengunggah video.
internet | 19:50 WIB
Tampilkan lebih banyak