Niagahoster: Kekuatan Marketing Campaign untuk Angkat UMKM

Marketing campaign tidak hanya bisa dilakukan oleh brand besar, namun juga bisa diterapkan dalam level UMKM

Agung Pratnyawan
Jum'at, 23 September 2022 | 19:03 WIB
Marketing campaign. (Niagahoster)

Marketing campaign. (Niagahoster)

Hitekno.com - Marketing campaign yang baik tidak hanya dianjurkan untuk para brand besar, sekelas UMKM juga bisa memanfaatkan. Bagaimana marketing campaign dapat dilakukan UMKM melalui internet dan media sosial dalam mempromosikan aspek tertendu bisnisnya.

Beberapa brand di Indonesia terkenal dengan slogan mereka yang membekas di ingatan walaupun sudah lama tidak digunakan dalam iklan mapun promo yang mereka lakukan. Hal tersebut merupakan hasil dari marketing campaign yang baik.

Dilansir dari blog Niagahoster, marketing campaign adalah strategi untuk mempromosikan suatu aspek tertentu dari bisnis. Misalnya untuk meningkatkan brand awareness, atau untuk mendapatkan feedback dari konsumen.

Baca Juga: Tips Berkarir di Dunia IT Global dari Niagahoster

Marketing campaign tidak hanya bisa dilakukan oleh brand besar, namun juga bisa diterapkan dalam level UMKM. Hal tersebut dibahas tuntas dalam Kelas Telegram 10.0 Niagahoster, Rabu (21/9/2022). Nia Rezky Mardhatillah, Ketua PPI TV Writer, bertindak sebagai pemateri dalam kelas yang bertajuk "Cara Membuat Marketing Campaign yang Efektif untuk UKM" tersebut.

Berbagai manfaat pun bisa didapatkan dari marketing campaign. Antara lain mempopulerkan brand atau bisnis dalam lingkup yang lebih luas, semakin banyak yang tertarik dengan bisnis atau produk, sehingga menambah jumlah penjualan.

Ilustrasi Digital Agency. (Niagahoster)
Ilustrasi Digital Agency. (Niagahoster)

Strategi Marketing Campaign yang Efektif untuk UMKM

Baca Juga: Niagahoster: Membangun Personal Branding dengan Living the Brand

Dalam kesempatan Kelas Telegram Niagahoster, Nia menjelaskan ada 3 strategi marketing campaign yang bisa dilakukan oleh UMKM menggunakan platform internet dan media sosial. Yang pertama adalah From Push to Pull, yaitu strategi yang paling tepat digunakan untuk mempromosikan produk.

"Strategi From Push to Pull adalah membuat customer penasaran dengan produk yang kita tawarkan. Misalnya menggunakan kalimat seperti "Limited stock" atau "Limited color" yang menarik perhatian calon pelanggan," ujarnya.

Kemudian ada strategi "Do Trend Be Trend" yang menekankan pada mengikuti tren yang sedang viral untuk mempromosikan brand. Strategi ini, lanjut Nia, pasti sudah banyak diterapkan oleh UMKM yang memiliki media sosial yang aktif mengunggah konten. Dengan mengikuti tren yang sedang viral, produk dan bisnis pun tidak ketinggalan dari apa yang dicari di pasaran.

Baca Juga: Niagahoster: Integrasi Website dan WhatsApp untuk Memaksimalkan Digitalisasi Bisnis

"Berikutnya adalah strategi Be Our Part yang mengajak customer menjadi bagian dari brand dengan interaksi yang menyenangkan. Seperti menggunakan hashtag, mengadakan giveaway, atau membagikan cerita mereka dalam tema yang terkait," jelasnya.

Jangan Malu untuk Mencoba

Untuk mengetahui lebih dalam tentang marketing campaign dan strategi yang paling efektif untuk jenis bisnis yang dilakukan, Nia menyarankan UMKM untuk terus belajar dengan mengikuti kelas, membaca, melakukan riset, dan mengamati apa yang sedang dibutuhkan oleh pasar saat ini.

Baca Juga: Kolaborasi Niagahoster dan Komunitas WordPress, Gelar Road to WordCamp 2022

Dilansir dari Forbes, media sosial dan internet sudah menjadi bagian besar dalam kehidupan di era digital. Sehingga, di sana ada customer potensial yang aktif. Bisnis pun harus bisa memanfaatkan hal tersebut dalam membuat strategi marketing.

"Jadi jangan pernah malu atau ragu untuk mencoba menggunakan berbagai strategi marketing sampai menemukan formula yang paling tepat. Jika tidak tercapai, analisa lagi apa yang membuat hal itu terjadi. Mungkin tidak langsung ramai atau viral dalam sekali percobaan. Tapi setidaknya jika bisnis berkembang sedikit demi sedikit, itu sudah menjadi permulaan yang bagus," tutupnya.

Berita Terkait
TERKINI

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB

Pasar generatif AI dan cloud di Indonesia diprediksi terus tumbuh....

internet | 14:44 WIB

Studi global terbaru dari Dell Technologiesmengungkap pentingnya inovasi bagi perusahaan....

internet | 15:57 WIB

Sepeda motor dengan Karburator masih diburu, terutama untuk modifikasi....

internet | 22:01 WIB

Gojek meluncurkan jaket dengan desain baru bagi mitra driver tepat di Hari Pahlawan, 10 November 2023....

internet | 22:43 WIB
Tampilkan lebih banyak