Tips Berkarir di Dunia IT Global dari Niagahoster

Ketika sudah banyak perusahaan global yang menerapkan sistem remote working, jadi potensi bagi kamu yang ingin berkarir di dunia IT.

Agung Pratnyawan
Selasa, 20 September 2022 | 17:09 WIB
Niagahoster - ilustrasi berkarir di dunia IT. (Niagahoster)

Niagahoster - ilustrasi berkarir di dunia IT. (Niagahoster)

Hitekno.com - Berniat untuk menjalani karir di dunia IT? Simak dulu beberapa tips yang dibagikan Niagahoster bersama para pelaku dunia IT global. Hal ini bisa menjadi acuan yang memandu kamu.

Kesempatan berkarir di perusahaan global semakin terbuka lebar di era serba digital seperti saat ini. Ketika sudah banyak perusahaan global yang menerapkan sistem remote working atau bekerja dari mana saja yang trennya dimulai karena pandemi. Manfaat yang didapatkan pun tentu tidak sedikit.

"Incomenya sudah tidak perlu diragukan lagi. Tapi yang sangat dirasakan dengan berkarir di perusahaan global adalah network yang luas dan bisa berinteraksi dengan orang-orang yang selama ini kita anggap lebih keren. Dari situ semakin memupuk keinginan diri untuk berkarir dengan baik di dunia IT global secara remote," ujar Pahrizal Ma’rup, Senior Fullstack Engineer Alexys, Australia, dalam kesempatan Break Talk Niagahoster beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Niagahoster: Membangun Personal Branding dengan Living the Brand

Belum lagi, kesempatan tersebut didapatkan dengan tetap bisa dekat dengan keluarga dengan sistem kerja remote.

"Dengan remote working, bisa tetap dekat dengan keluarga dan work life balance tetap terjaga," tambah Lalu Lian Hari Wangi, Founder Lumbung Inovasi, di kesempatan yang sama.

Baik Rizal maupun Lian mengaku kapasitas mereka secara pribadi juga semakin berkembang sejak berkarir di perusahaan global luar negeri.

Baca Juga: Niagahoster: Integrasi Website dan WhatsApp untuk Memaksimalkan Digitalisasi Bisnis

Dengan pola pikir mereka yang banyak mengalami perubahan, mereka juga membangun komunitas di Indonesia dan membagikan pengetahuan serta pengalaman pada teman-teman yang ingin mencoba berkarir global.

Niagahoster - ilustrasi berkarir di dunia IT. (Niagahoster)
Niagahoster - ilustrasi berkarir di dunia IT. (Niagahoster)

Persiapan Mental Paling Penting

Namun dengan kultur yang berbeda, tentu dibutuhkan adaptasi yang tidak mudah ketika memutuskan untuk berkarir di perusahaan global.

Baca Juga: Kolaborasi Niagahoster dan Komunitas WordPress, Gelar Road to WordCamp 2022

"Setiap negara berbeda-beda. Misalnya di Singapura lebih disiplin dan diajak ngebut bahkan sejak pertama kali masuk kerja. Karena ketika itu masih masa adaptasi, jadi terasa semuanya sangat cepat. Berbeda lagi dengan di Eropa yang memperhatikan work life balance," cerita Rizal.

Rizal melanjutkan, hal yang paling penting untuk disiapkan sebelum berkarir di perusahaan global adalah membangun mental. Dalam perjalanan, mental memang akan menguat secara sendirinya, namun memiliki pondasi awal tentu juga penting.

"Bahasa Inggris dan skill bisa dipelajari. Bahkan terkadang mereka tidak mengharuskan bahasa Inggris yang sempurna. Untuk skill, bisa diasah dengan coba apply di perusahaan global untuk mendapatkan technical test. Meskipun nantinya gagal, tapi itu bisa menjadi ajang berlatih yang baik," katanya.

Baca Juga: Brand Marketing Con 2022 by Niagahoster: Dunia Digital Penuh Semangat

Buang Jauh-Jauh Keraguan

Lian mengatakan, kita cenderung terlalu banyak berpikir hal yang bahkan belum tentu akan menjadi kenyataan. Dari situ muncul banyak keraguan untuk mencoba peruntungan berkarir di perusahaan global. Padahal, banyak benefit yang bisa didapatkan.

"Buang jauh-jauh keraguannya. Tabrak aja dulu. Jalanin dulu. Kalau ada kendala atau gagal, belajar lagi untuk memperbaikinya. Bergabung di komunitas untuk membangun network dan menambah skill. Ada banyak cara yang bisa dilakukan," katanya.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah mengikuti sesi sharing seperti Talks yang diadakan oleh Niagahoster pada 23 September 2022, untuk mendapatkan insight mengenai karir di dunia IT.

Niagahoster pun menerapkan remote working, sehingga Talks akan menjadi platform yang tepat untuk menggali banyak pengetahuan dan info terkait.

Berita Terkait
TERKINI

Rencana Transaksi ini masih dalam tahap evaluasi awal, di mana Axiata dan Sinar Mas memiliki tujuan untuk tetap menjadi ...

internet | 10:12 WIB

Selain di Jakarta, Nobar Warga Grab tahun ini juga diadakan di Malang, Samarinda, Kediri, Gorontalo, Mataram, Pontianak,...

internet | 10:36 WIB

Dell APEX Cloud Platform for Red Hat OpenShift ini merupakan hasil kerja sama Dell dan Red Hat....

internet | 10:34 WIB

Garmin Run ini akan berlangsung pada 29 September 2024 mendatang di ICE BSD, Tangerang....

internet | 10:25 WIB

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB
Tampilkan lebih banyak