Internet

7 Kekurangan WordPress, Bisa Jadi Pertimbangan untuk Membangun Website

Sebelum memakainya untuk membuat website sendiri, ketahui apa kekurangan WordPress.

Agung Pratnyawan

Membuat website dengan WordPress. (Pixabay)
Membuat website dengan WordPress. (Pixabay)

Hitekno.com - WordPress boleh jadi framework atau platform terbuka yang bisa digunakan untuk membuat website sendiri, dari blog hingga toko online. Namun ketahui ada beberapa kekurangan WordPress yang harus kamu ketahui.

Banyak yang memilih WordPress sebagai platform mereka karena dianggap mudah untuk mengembangkan website sendiri. Bahkan tersedia banyak template dan plugin yang sangat membantu.

Mau buat website apa? Blog, profile perusahaan, hingga toko online bisa. Tinggal cari template atau theme yang sesuai dan modifikasi.

Meski WordPress banyak diminati oleh banyak pengguna, namun ternyata WordPress juga memiliki beberapa kekurangan atau kelemahan yang kadang perlu melakukan optimasi dan pengaturan yang lebih detail.

Berikut ini diantaranya beberapa kekurangan WordPress yang harus kamu ketahui.

1. Masalah Kecepatan

Kecepatan sering kali banyak dikeluhkan oleh pengguna WordPress, padahal speed/kecepatan website adalah satu faktor dari SEO yang sangat krusial jika diabaikan.

Jika website lambat atau lemot tentunya pengunjung akan malas dan akhirnya pergi, sehingga hal ini akan berpengaruh pada bounce rate yang tinggi.

Apa lagi jika kamu menggunakan WordPress untuk toko online yang menggunakan plugin Woocommerce atau menggunakan theme builder seperti Elementor maka hal ini akan membuat website sendiri menjadi lambat.

Ilustrasi membuka website dengan laptop. (Pixabay)
Ilustrasi membuka website dengan laptop. (Pixabay)

2. Plugin

Plugin berguna untuk menambah beberapa fungsi dalam website WordPress, maka tidak heran jika pengguna WP sering menggunakan banyak plugin.

Namun dibalik banyaknya plugin ini tentu akan terjadi masalah pada kecepatan website, dan juga keamanan karena beberapa plugin dikembangkan oleh pihak ketiga.

3. Keamanan

Meskipun pengembang WordPress telah memprioritaskan soal keamanan, namun tentu masih ada kemungkinan mengalami peretasan. Apalagi, pengembang WordPress melibatkan berbagai pihak dalam komunitas.

WordPress sendiri bisa dikatakan sangat aman. Namun jika jarang melakukan update maka faktor keamanan itupun akan hilang.

4. Keterbatasan Dalam Pengembangan

Meskipun mudah dalam segi penggunaannya, namun dalam pengembangannya terdapat beberapa kendala. Apalagi jika kamu membutuhkan pengembangan yang besar.

Untuk mendapatkan tampilan dan fungsi yang benar-benar kamu butuhkan, tidak cukup dengan kemampuan dalam bahasa pemrograman php, javascript, atau CSS serta HTML.

Kamu harus mempelajari bagaimana WordPress bekerja. Oleh karena itu diperlukan waktu dan usaha untuk mempelajarinya.

5. Tema dan warna yang monoton

Website-website hasil pengembangan WordPress pada umumnya akan memiliki tema dan warna yang hampir sama. Akibatnya pemilik website kurang memiliki karakter yang kuat dibandingkan dengan menggunakan website yang berbayar.

Hal ini akan menyebabkan menurunnya branding dari suatu perusahaan karena tidak memiliki karakter yang kuat.

Ilustrasi situs belanja online. (Pixabay)
Ilustrasi situs belanja online. (Pixabay)

6. Support

Karena WordPress itu script yang dikembangkan dengan komunitas dan dapat digunakan gratis, maka kamu tidak dapat menelpon seseorang untuk mendapatkan support. Support itu bisa kamu dapatkan melalui komunitas.

Jadi jika sewaktu-waktu WordPress kamu bermasalah maka yang harus kamu lakukan adalah dengan sabar mencari tahu di internet mengenai masalah tersebut. Serta menanyakan hal tersebut melalui forum komunitas.

Biasanya support dari komunitas dapat diandalkan, tapi jangan terlalu berharap itu bisa dilakukan dalam hitungan menit atau jam. Mungkin apa yang kamu tanyakan baru dijawab setelah beberapa hari.

7. Pembaruan plugin yang bermasalah

Pembaruan-pembaruan pada saat adanya informasi pembaruan fitur maupun fungsi kadang-kadang akan membuat fitur tersebut menjadi tidak dapat digunakan.

Padahal pembaruan tersebut dapat menambal dan memperbaiki keamanan website. Akibatnya, pengguna menjadi dirugikan karena tidak berfungsinya fitur tersebut.

Nah itu tadi adalah beberapa kekurangan WordPress selain ada beberapa keunggulan yang dapat menjadi bahan pertimbanganmu. Apakah kamu masih berencana untuk menggunakan WordPress?

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait