Internet

5 Aplikasi Pinjol yang Terdaftar di OJK, Patut Jadi Opsi untuk Kebutuhan Darurat

Saat ini sudah banyak aplikasi pinjol terpercaya yang sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Ini lima opsi di antaranya.

Cesar Uji Tawakal

Ilustrasi uang koin. (pixabay)
Ilustrasi uang koin. (pixabay)

Hitekno.com - Pinjol atau pinjaman online merupakan transaksi pinjaman yang dilakukan secara online antara pihak peminjam dengan pihak yang menyediakan jasa pinjol tersebut.

Saat ini sudah banyak aplikasi pinjol terpercaya yang sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan), aplikasi-aplikasi tersebut memberikan kemudahan untuk melakukan pinjaman tanpa menyertakan jaminan atas pinjaman tersebut.

Karena kemudahannya tersebutlah sehingga membuat aplikasi pinjol ini sangat populer di kalangan masyarakat, namun kamu harus berhati-hati ya dalam menggunakan aplikasi pinjol.

Apabila kamu tidak mampu melunasi cicilan pinjaman online yang kamu ambil maka bisa-bisa kamu akan terus diteror oleh debt collector ataupun data pribadi kamu akan dilaporkan ke pihak OJK (otoritas jasa keuangan) dan masuk ke daftar hitam layanan pinjaman di tempat lainnya.

Nah bagi kamu yang sedang kepepet membutuhkan dana tambahan, berikut ini adalah aplikasi pinjol yang terdaftar di OJK:

Ilustrasi uang. (Pixabay)
Ilustrasi uang. (Pixabay)

1. Indodana

Penyedia jasa pinjaman online ini miliki dua produk, yaitu pinjaman online secara tunai dan pinjaman online secara pay later. Nominal pinjaman online tunai yang bisa kamu dapatkan yaitu mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 8 juta dengan tenor pinjaman antara 1 bulan hingga 3 bulan.

Suku bunga yang dipersiapkan sebesar 0,57% hingga 0,8% per hari. Sementara untuk pay later bisa kamu gunakan untuk membeli barang di merchant-merchant yang sudah bekerja sama dengan Indodana, paylater dengan tenor satu bulan tidak akan dikenakan bunga namun apabila lebih dari jangka tersebut akan dikenakan bunga sebesar 3% per bulan dan juga dikenakan biaya admin fee 1% atau minimum Rp 1.000

2. Akulaku

Akulaku adalah platform perbankan dan keuangan digital yang menyediakan layanan pinjaman uang melalui dua opsi layanan yaitu pinjaman tunai yang terdiri dari dana cicil dan kta asetku.

Namun untuk menggunakan layanan dana cicil, kamu terlebih dahulu harus memastikan kalau kamu memiliki riwayat menggunakan aplikasi akulaku yang baik.

Sedangkan untuk KTA Asetku, kamu bisa melakukan pinjaman uang dengan proses pencairan yang cepat dengan menyesuaikan periode pelunasan mulai dari 1 hingga 12 bulan. Selain kedua layanan tersebut, kamu juga bisa memanfaatkan layanan akulaku paylater loh!

3. Kredit pintar

Kredit pintar adalah penyedia layanan pinjaman online berbasis aplikasi yang dengan proses verifikasi ganda agar dana pinjaman kamu terhindar dari penipuan.

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh aplikasi kredit pintar ini diantaranya yaitu plafon pinjaman hingga Rp 2,3 juta dengan tenor pinjaman mulai dari 60 hari hingga 90 hari, proses pencairan dana pinjaman hanya memakan waktu kurang dari 60 menit, hingga proses pelunasan dan pembayaran cicilan yang mudah baik melalui transfer atm, m-banking, bluepay dan alfamart

4. Cashwagon

Cashwagon merupakan salah satu penyedia pinjaman online yang bisa langsung cair hanya dalam waktu 30 menit tanpa perlu menggunakan jaminan dan slip gaji.

Tenor pinjaman melalui aplikasi ini mulai dari 10 hari, 20 hari hingga 30 hari dengan jumlah pinjaman berkisar antara Rp 500 ribu hingga Rp 2 juta untuk pinjaman pertama dan mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 5 juta untuk pinjaman selanjutnya.

5. Kredivo

Kredivo adalah aplikasi pinjaman online dengan bunga rendah yaitu sekitar 2,95% saja. Kamu bisa memilih tenor pinjaman sesuai dengan keinginan kamu mulai dari 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan.

Nominal pinjaman yang bisa kamu lakukan yaitu mulai dari Rp 1,5 juta hingga Rp 30 juta. Soal keamanan kamu tidak perlu khawatir lagi karena Kredivo memiliki sistem keamanan setara bank

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi pinjol terpercaya yang bisa menjadi solusi saat kamu sedang dalam keadaan darurat. Namun perlu diingat ya aplikasi-aplikasi tersebut memang menawarkan kemudahan dalam memberikan pinjaman tetapi alangkah lebih baik apabila kamu mempertimbangkan kembali penggunaan aplikasi pinjol tersebut agar jangan sampai di kemudian hari kamu kesulitan untuk membayar tagihan pinjaman yang kamu ambil.

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait