Gadget

Siap Ekspansi, Zoom Ingin Saingi Google Workspace dan Microsoft Office

Tidak hanya aplikasi video conference, Zoom menyiapkan layanan lain untuk bersaing dengan Google Workspace dan Microsoft Office.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi aplikasi Zoom. (Unsplash/Allie)
Ilustrasi aplikasi Zoom. (Unsplash/Allie)

Hitekno.com - Zoom bersiap melakukan ekspansi, bukan hanya menawarkan aplikasi video conference. Bahkan ingin menjadi pesaing Google Workspace dan Microsoft Office di masa mendatang.

Paling baru, Zoom dilaporkan sedang menyiapkan ekspansi besar yang diperkirakan akan diluncurkan pada akhir tahun mendatang.

Dimulai dengan persiapan untuk meluncurkan aplikasi email hingga kalender nantinya.

Kehadiran aplikasi tersebut akan mengubah Zoom dari yang awalnya hanya aplikasi video conference, menjadi aplikasi produktivitas.

Bahkan diyakini langkah ekspansi Zoom ini akan menyaingi Google Workspace hingga Microsoft Office.

Aplikasi kalender dan email selama ini memang banyak digunakan sebagai alat bantu untuk produktivitas seperti pengingat jadwal.

Artinya, Zoom nanti bisa berintegrasi lebih dalam dengan perusahaan yang berlangganan.

Microsoft Office. (Microsoft)
Microsoft Office. (Microsoft)

Sementara itu, Google terus berupaya menyingkirkan Zoom dalam pasar aplikasi video conference. Contohnya tombol Meet yang kini terhubung di aplikasi Kalender Google.

Lebih lagi Zoom mampu tumbuh cepat dalam beberapa tahun terakhir sehingga banyak orang-orang yang terus menggunakan platform, seperti dilansir dari The Verge, Kamis (15/9/2022).

Sedangkan layanan Microsoft Teams dan Google Meet perlahan mulai makin terintegrasi dengan berbagai aplikasi lain.

Jika Zoom memang mau beralih ke aplikasi alat bantu kerja dengan hadirnya fitur email dan kalender, maka platform itu bukan lagi jadi pesaing Meet dan Teams, tetapi juga Microsoft Office dan Google Workspace.

Hal itu pun dinilai sulit karena Google perlu waktu bertahun-tahun untuk menyaingi Microsoft lewat produk populer seperti Gmail hingga Google Docs.

Kita nantikan saja ekspansi Zoom yang disiapkan nanti, apakah bisa menyaingi Microsoft Office dan Google Workspace. (Suara.com/ Dicky Prastya)

Berita Terkait