Internet

Gegara Netizen, Hacker Bjorka Dinilai Semakin Ngelunjak

Makin nggak ada takutnya, hacker Bjorka berani keluarkan berbagai pernyataan di media sosial.

Agung Pratnyawan

Hacker Bjorka. (Breach Forums)
Hacker Bjorka. (Breach Forums)

Hitekno.com - Pakar keamanan siber menilai hacker Bjorka makin ngelunjak gegara mendapatkan angin segar dari Netizen Indonesia. Terutama berbagai pernyataan di media sosial sosok yang disebut-sebut bertanggungjawab atas beberapa kasus dugaan kebocoran data belum lama ini.

Dikutip dari Beritahits.id, hacker Bjorka nampak kakin tak segan mengunggah berbagai pernyataan di media sosial dengan nada menyerang pemerintah Indonesia.

Menurut Pakar Keamanan Siber Rudy Alamsyah, keberanian Bjorka di media sosial ini karena mendapat dorongan angin segar dari netizen Indonesia.

Tidak hanya netizen, Bjorka juga merasa tertantang karena sebelumnya Menteri Kominfo Johnny G Plate meminta masyarakat agar tidak terprovokasi dengan peretas Bjorka.

"Jadi Bjorka viral karena dikasih panggung dan kesalahan pejabat kita yang berikan komentar lalu akhirnya Bjorka mendapat panggung dan merilis beberapa data," kata Ruby dalam wawancara di Kanal Youtube tvOneNews dikutip HiTekno.com pada Selasa, (13/9/2022).

Padahal, kata Ruby, data yang disebarluaskan baik yang dijual maupun diberikan gratis hanya kumpulan-kumpulan data dari kasus kebocoran data yang pernah terjadi sebelumnya.

Data yang Hacker Bjorka rilis di media sosial selama kurang lebih sepekan, bahkan kualitas dan kuantitasnya tergolong buruk. Lebih jelek dibandingkan kebocoran data yang pernah terjadi di Indonesia.

Profil hacker Bjorka. (Breached.to)
Profil hacker Bjorka. (Breached.to)

Sebelumnya, Hacker Bjorka juga telah mengungkapkan motif di balik aksinya yang diduga mendoxing situs-situs milik pemerintah Indonesia. Bjorka bertindak untuk seseorang yang dekat dengannya.

Berdasarkan cerita Bjorka yang ditulis di Twitter, seseorang tersebut merupakan kakek tua warga Indonesia yang tinggal di luar negeri, namun dia sudah kehilangan statusnya sebagai WNI karena kebijakan tahun 1965.

"Saya punya teman orang Indonesia yang baik, dan dia bercerita banyak tentang betapa kacaunya Indonesia. aku melakukan ini untuknya," cuit akun Bjorka dikutip Beritahits.id pada Minggu, (11/9/2022).

Motif terselubung Bjorka muncul sampai menghebongkan jagat media sosial tak lain mewujudkan mimpi sang kakek yang sudah almarhum. Dan menunjukan betapa mudahnya Bjorka dapat membobol data yang dikelola pemerintah Indonesia.

"Saya hanya ingin menunjukkan betapa mudahnya bagi saya untuk masuk ke berbagai pintu karena kebijakan perlindungan data yang buruk. Apalagi jika dikelola oleh pemerintah," ucap dia.

Itulah tanggapan pakar keamanan siber soal keberanian hacker Bjorka mengeluarkan berbagai pernyataan di media sosial. (Beritahits.id/ Evi Nur Afiah).

Berita Terkait