7 Pejabat dan Tokoh yang Disenggol Hacker Bjorka, Menkominfo hingga Puan Maharani

Paling baru Mahfud MD menjadi pejabat negara yang kena senggol Bjorka.

Agung Pratnyawan
Selasa, 13 September 2022 | 17:45 WIB
Ilustrasi hacker. (Pexels/Sora Shimazaki)

Ilustrasi hacker. (Pexels/Sora Shimazaki)

Hitekno.com - Hacker Bjorka menjadi bad actor dari sejumlah insiden dugaan kebocoran data belakang ini. Bahkan ia sampai membocorkan data pribadi yang diduga milik sejumlah pejabat dan tokoh penting lainnya.

Beberapa aksi hacker itu pun ramai jadi perbincangan publik belakangan ini. Terlebih beberap tidakannya yang diduga membocorkan data pribadi beberapa tokoh, termasuk menteri.

Paling baru, hacker Bjorka membocorkan data pribadi tokoh negara Menko Polhukam Mahfud MD lewat channel Telegram miliknya. Tak hanya Mahfud MD, berikut daftar data pejabat negara yang dibocorkan Bjorka. 

Baca Juga: Pria Bertopeng Diduga Bjorka Muncul di TikTok, Ngaku Orang Indonesia dan Kirim Pesan Begini ke Jokowi

Sejumlah informasi dan data pribadi yang berhasil dibocorkan di antaranya yaitu NIK, nomor telepon hingga alamat. Tak hanya data dari sejumlah pejabat, Bjorka juga mengaku telah membocorkan dokumen-dokumen penting kepresidenan, termasuk juga surat-surat rahasia dari BIN. 

Tidak hanya itu, hacker Bjorka juga menyindir sejumlah tokoh populer melalui channel Telegram dan akun Twitter miliknya.

Bahkan, usai berhasil membobol dan membagikan data-data rahasia negara dan sejumlah tokoh ke sebuah situs tempat dirinya beroperasi yakni Breach Forums, Bjorka diklaim telah merogoh jutaan US Dollar.

Baca Juga: Aksi Hacker Bjorka Membuat Pejabat Buka Mata soal Kondisi Data Kependudukan Indonesia

Atas aksi beraninya ini nama hacker Bjorka sebagai bad actor dalam kasus dugaan kebocoran data ini menjadi sorotan hingga menduduki trending topik Twitter.  

Aksi Bjorka membocorkan data-data pribadi para pejabat negara ini membuat Presiden Jokowi resah. Jokowi membentuk tim khusus untuk merenspons serangan-serangan dari Bjorka.

Daftar Data Pejabat Negara yang Dibocorkan Bjorka 

Baca Juga: Kesal Akun Twitter Kena Suspend Lagi, Hacker Bjorka Berencana Rehat

Profil hacker Bjorka. (Breached.to)
Profil hacker Bjorka. (Breached.to)

Berikut ini tim HiTekno.com telah merangkum daftar pejabat negara dan tokoh populer yang data pribadi miliknya diduga telah dibocorkan hacker Bjorka. Juga beberapa tokoh yang disenggol oleh hacker bad actor dalam kasus dugaan kebocoran data ini.

1. Menkominfo Johnny G Plate  

Pejabat negara yang pertama menjadi incara Bjorka adalah Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate. Hacker Bjorka menjalankan aksi doxing atau menyebarkan informasi data pribadi Menkominfo pada Sabtu (10/9/2022) lalu. 

Baca Juga: Hacker Berulah Lagi, Ini 7 Meme Bjorka yang Bikin Netizen Ngakak

Pembocoran informasi pribadi yang dilakukan Hacker Bjorka ini bertepatan pada hari ulang tahun Johnny G Plate yang ke-66 Johnny G Plate.

Hacker Bjorka membocorkan informasi pribadi Johnny G Plate sekaligus memberi ucapan ulang tahun melalui akun Telegramnya. 

"Happy Birthday" tulis l Bjorka di akun telegramnya.

2. Ketua DPR RI Puan MaharaniSehari setelah bocornya data pribadi Johnny G Plate, Bjorka juga menyebarkan data pribadi yang diduga adalah milik Ketua DPR RI, Puan Maharani. Data pribadi itu dibagikannya melalui akun Telegram Bjorka, pada Minggu (11/9/2022).

Bjorka menuliskan pertanyaan sekaligus kalimat sindiran terhadap Ketua DPR RI tersebut. 

"Apa kabar madam?

"Bagaimana perasaannya setelah merayakan ulang tahun ketika banyak orang protes tentang harga BBM di depan kantormu?" tulis Bjorka yang ditujukan untuk Puan Maharani. 

3. Menteri BUMN Erick Thohir 

Masih di hari yang sama, Menteri BUMN Erick Thohir juga disindir oleh hacker Bjorka melalui akun Twitter miliknya.  

"Apa kabar pak @erickthohir? Anda harus bekerja daripada berkeliling melakukan hal-hal yang tidak penting. Percayalah, Anda tidak akan pernah menjadi presiden, jangan buang-buang waktu Anda. Apakah kamu tidak peduli dengan harga bahan bakar saat ini?" Tulis Bjorka untuk Erick Thohir pada akun Twitter Bjorka, @bjorkanism.  

4. Denny Siregar 

Tak hanya pejabat negara, penulis dan pegiat media sosial Denny Siregar juga ikut disindir oleh hacker ini. Melalui akun twitter milik Bjorka @bjorkanism , ia menyinggung terkait dengan uang pajak masyarakat Indonesia. 

Bjorka menuding Denny Siregar telah menggunakan uang pajak dari masyarakat Indonesia untuk kepentingan produser film sayap-sayap patah yang tayang beberapa waktu lalu.  

"Hai @Dennysiregar7, Bagaimana rasanya hidup menggunakan uang pajak dari orang Indonesia tapi malah menggunakan internet untuk mempolarisasikan orang?" tulis Bjorka, pada Minggu (11/9/2022). 

5. Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan 

Bjorka pantang mundur meskipun akun media sosialnya beberapa kali telah ditangguhkan. Ia pun terus membuat akun media sosial baru, meski sudah dua kali mengalami penangguhan. 

Melalui akun twitter terbarunya @bjorkanesian memberikan ucapan selamat pagi yang ditujukan untuk Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan. 

"gm sir @iriawan84. how does it feel to be close friends with gambling bosses?," tulis Bjorka diakun twitternya, pada Selasa (13/9/2022).  

Isi dari tweet tersebut jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah "Selamat pagi pak @iriawan84, bagaimana rasanya berteman dekat dengan bos judi?

5. Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) 

Pejabat negara selanjutnya yang kena senggol hacker ini adalah Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Untuk  Cak Imin, Bjorka mengklaim mantan Menteri Ketenagakerjaan tersebut telah memanfaatkan dirinya untuk kampanye. 

"Yea you're seeking attention by using my name for your shitty campaign? ok now its time to check your notifications," tulis Bjorka dalam akun Twitternya.  

Isi dari tweet tersebut jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah "ya, Anda cari perhatian dengan memanfaatkan nama saya untuk kampanye Anda. Sekarang, waktunya untuk mengecek notifikasi Anda". 

6. Data vaksinasi Luhut 

Pada Senin (12/9/2022), Bjorka juga mengusik Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan, dengan mengunggah sebuah dokumen yang isinya diduga adalah data vaksin sang menteri. 

Atas aksinya ini, publik memberi perhatian khusus terhadap data vaksin Luhut tersebut lantaran diketahui dirinya hanya menerima vaksinasi Covid-19 dosis kedua.

Perhatan publik tersebut mencuat lantaran Luhut dinilai oleh masyarakat sebagai pihak yang paling aktif menggencarkan vaksin booster. 

7. Mahfud MD 

Terbaru, Bjorka berhasil membocorkan data pribadi yang diduga milik Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD. Selain mengaku memiliki data pribadi Mahfud MD, Bjorka juga menuliskan pesan untuk Menko Polhukam tersebut. 

"How are you sir? Are you sure no important databases is leaked?" tulis Bjorka melalui laman Telegram miliknya. 

Isi dari tweet tersebut jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah "Apa kabar Pak? Yakin tidak ada database penting yang bocor?" 

Demikian tadi daftar data pejabat negara yang dibocorkan Bjorka. Hingga kini belum diketahui siapa dalang di balik penyebaran informasi itu. Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak tinggal diam, diketahui ia telah membentuk tim khusus untuk mengusut kejadian ini. 

Itulah beberapa tokoh ternama hingga pejabat negara yang disindir bahkan dibocorkan data pribadi miliknya oleh hacker Bjorka. (Suara.com/ Putri Ayu Nanda Sari)

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak