Internet

YouTube Siapkan Player for Education, Berisi Konten Pendidikan, Uji Coba akan Dilakukan di Negara Ini

Lebih penting lagi, Player for Education menghilangkan iklan, tautan eksternal, dan rekomendasi, jadi sama sekali tidak ada gangguan yang tertanam

Cesar Uji Tawakal

Ilustrasi YouTube. (Pixabay)
Ilustrasi YouTube. (Pixabay)

Hitekno.com - YouTube menganggap pendidikan sangat penting, mereka pun merilis pengumuman Player for Education, sebuah inisiatif baru yang sekarang tersedia di Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Dilansir dari Phone Arena, program ini diimaksudkan untuk meningkatkan pengalaman YouTube di lingkungan pendidikan, YouTube Player for Education yang baru pada dasarnya adalah pemutar tertanam yang menampilkan konten yang sering digunakan di aplikasi pendidikan.

Lebih penting lagi, Player for Education menghilangkan iklan, tautan eksternal, dan rekomendasi, jadi sama sekali tidak ada gangguan yang tertanam dalam pemutar.

Untuk mencakup lebih banyak orang dan institusi yang membutuhkan alat semacam itu, Google mengumumkan kemitraan dengan perusahaan edtech di AS, seperti EDpuzzle, Purdue University, dan Purdue Global.

Selain itu, YouTube mengonfirmasi bahwa Player for Education yang baru akan meningkatkan pemutar tersemat YouTube yang ada di Google Classroom untuk memberikan pengalaman menonton yang lebih baik kepada pengguna.

Ilustrasi YouTuber. (Unsplash/ Christian Wiediger)
Ilustrasi YouTuber. (Unsplash/ Christian Wiediger)

Sejauh pembuat konten pergi, YouTube mengungkapkan bahwa mulai tahun 2023, "pembuat konten yang memenuhi syarat" dapat menawarkan kursus gratis atau berbayar untuk memberikan pengalaman belajar bagi pemirsa.

Kursus-kursus ini dapat ditonton bebas iklan dan dimainkan di latar belakang. Seperti disebutkan sebelumnya, kursus pembelajaran ini pertama-tama akan tersedia di Amerika Serikat dan Korea Selatan dalam versi beta sebelum diperluas ke lebih banyak negara.

Alat menarik lainnya yang diumumkan pekan ini oleh YouTube disebut Quizzes, dan ini akan memungkinkan pembuat konten untuk membantu pemirsa menguji pengetahuan mereka.

Kreator akan dapat memposting Kuis mereka di tab Komunitas kapan pun mereka ingin mengajukan pertanyaan kepada penonton terkait dengan salah satu video mereka sebelumnya.

Menurut YouTube, alat baru ini akan diluncurkan dalam versi beta selama beberapa bulan mendatang, dengan semua pembuat konten yang memiliki tab Komunitas mendapatkan akses ke Kuis sekitar tahun depan.

Berita Terkait