Internet

Cara Mendapatkan Uang dari YouTube, Ini 5 Trik yang Perlu Kamu Ketahui

Bingung bagammiana cara mendapat penghasilan duit tambahan? Simak langkah-langkah berikut ini.

Cesar Uji Tawakal

Ilustrasi YouTuber. (Unsplash/ Christian Wiediger)
Ilustrasi YouTuber. (Unsplash/ Christian Wiediger)

Hitekno.com - Di zaman teknologi yang semakin berkembang seperti sekarang ini kamu bisa dengan mudah mendapatkan penghasilan tambahan melalui YouTube, ada banyak cara mendapatkan uang dari YouTube yang bisa kamu lakukan mulai dari dengan membuat video-video yang kreatif, memasang iklan dengan Adsense, menjual produk atau jasa sendiri, affiliate link, hingga melakukan live streaming.

Youtube merupakan sebuah situs web berbagi video yang populer di berbagai kalangan mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa menggunakan YouTube untuk mengunggah maupun menonton video.

Sehingga platform yang satu ini sangat cocok dimanfaatkan untuk mencari penghasilan tambahan dengan menjadi seorang YouTuber.

Namun sebelum kamu mengetahui bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube, kamu terlebih dahulu diharuskan untuk membuat akun YouTube ya!

Apabila kamu sudah memiliki akun YouTube kamu sendiri maka kamu tinggal ikuti saja langkah-langkah dibawah ini untuk mendapatkan uang:

Ilustrasi YouTuber. (Unsplash/ NordWood Themes)
Ilustrasi YouTuber. (Unsplash/ NordWood Themes)

1. Membuat video YouTube yang kreatif

Kamu bisa membuat video YouTube dengan tema yang kreatif dan unik sehingga video tersebut ditonton dari awal hingga akhir tayangan kemudian dibagikan kembali oleh orang-orang sampai akhirnya menjadi konten video viral yang akan menghasilkan uang.

Beberapa ide konten YouTube populer yang bisa menjadi rekomendasi kamu yaitu daily vlog, mukbang, kecantikan, unboxing, podcast dan masih banyak ide konten YouTube menarik yang lainnya

2. Memasang iklan dengan Adsense

Apabila pihak YouTube telah menyetujui channel kamu maka kamu perlu menautkan akun adsense untuk memilih iklan apa saja yang sesuai dengan video kamu.

Dengan cara ini penonton video di channel YouTube kamu akan melihat iklan sebelum video dimulai, jadi untuk mendapatkan uang melalui cara ini bergantung pada berapa banyak orang yang menonton iklan tersebut sampai habis

3. Menjual produk atau jasa sendiri

Apabila channel YouTube kamu sudah memiliki subscriber dengan jumlah yang banyak maka kamu bisa mencoba untuk menjual produk atau jasa apa saja melalui YouTube.

4. Affiliate link

Affiliate link adalah sistem bisnis yang mengharuskan kamu untuk memasang link tertentu di deskripsi video sehingga ketika orang lain mengklik dan membeli produk dari situs tersebut maka kamu akan mendapatkan komisi.

5. Live streaming di YouTube

Untuk kamu yang memiliki subscriber dengan jumlah yang banyak maka kamu bisa melakukan live streaming di channel YouTube kamu untuk sekedar menyapa para subscribers kamu ataupun untuk menjual produk atau mempromosikan konten-konten lainnya pada saat acara live berlangsung.

Itulah beberapa cara mendapatkan uang dari YouTube yang harus kamu ketahui agar kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Namun perlu diingat ya kalau dibutuhkan konsistensi untuk mengembangkan channel YouTube kamu agar berhasil mendatangkan uang. Selamat mencoba!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait