Internet

Tutorial Cara Cek Umur Domain, Mudah Ikuti Langkah Ini

Berikut ini bagaimana cara cek umur domain sebuah website, lengkap apa kegunaannya.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi domain. (Pixabay)
Ilustrasi domain. (Pixabay)

Hitekno.com - Apakah kamu pernah cek umur domain? Atau kamu malah baru tahu kalau umur sebuah domain bisa dicari tahu dengan mudah? Berikut ini tim HiTekno.com rangkum tutorial cara cek umur domain untuk kamu.

Umur domain tercatat secara global di World Wide Web dan bisa diketahui dengan mudah dari berapa lama website tersebut telah terdaftar atau aktif.

Domain sendiri merupakan suatu nama yang mudah diingat untuk mengidentifikasi alamat IP fisik di internet. Dengan mengetahui umur domain maka kamu bisa menentukan reputasi dari suatu website tertentu.

Dan perlu kamu ingat ya kalau sebuah domain biasanya memiliki masa aktif minimal selama 1 tahun sehingga domain tersebut harus diperpanjang secara berkala agar tidak expired dan terhapus dari Registrar.

Domain yang expired atau terhapus dari Registrar akan menyebabkan nama domain tersebut bisa didaftarkan kembali oleh orang lain. Oleh karena itu kamu harus mengetahui cara mengecek umur domain terlebih lagi apabila kamu ingin membeli situs website tersebut.

Ilustrasi website. (Pixabay)
Ilustrasi website. (Pixabay)

Saat ini sudah banyak website yang menyediakan layanan untuk mengecek umur domain, dan salah satu website yang bisa kamu pilih untuk digunakan yaitu website whois.domaintool.

Langkah-langkah cara cek umur domain melalui website whois.domaintools bisa kamu lakukan dengan cara berikut ini:

  1. Ketik http://whois.domaintools.com pada browser di perangkat kamu dan tekan tombol Enter
  2. Pada halaman home dari website tersebut, di kolom whois look up masukkan nama domain website yang ingin kamu cari tahu umurnya
  3. Kemudian beri tanda centang pada kolom I’m not a robot dan klik pada opsi Search
  4. Setelah itu tunggu beberapa saat dan akan muncul berbagai informasi yang kamu butuhkan tentang domain tersebut, mulai dari nama domain, registrar, registered on, expires on, update on hingga status dari domain tersebut
  5. Pada kolom Registered On kamu bisa melihat kapan domain tersebut didaftarkan dan untuk mengetahui umur domain kamu tinggal hitung saja Tanggal Saat Ini dikurangi Tanggal domain tersebut didaftarkan


Itulah langkah-langkah yang harus kamu lakukan apabila ingin melakukan cek umur domain. Gimana? Mudah bukan cara cek umur domain di atas? Selamat mencoba tutorial tersebut!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait