Internet

Apa Itu Dark Web? Apakah Lapisan Internet Paling Mengerikan?

Tidak semua bagian internet yang tidak bisa diakses oleh sembarang orang, termasuk Dark Web.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi dark web. (pixabay)
Ilustrasi dark web. (pixabay)

Hitekno.com - Dark web masih terdengan asing bagi sebagian orang. Lantas apa itu dark web? Apakah isinya sisi gelap dari internet, atau ada sesuatu yang lain?

Dark web atau darknet adalah sebuah bagian internet yang tidak bisa diakses oleh sembarang orang. Untuk mengaksesnya, kamu memerlukan software tertentu yang bisa membuatmu anonim dan tidak dapat dilacak.

Secara umum internet dibagi menjadi tiga kategori umum yaitu surface web, deep web dan dark web. Masing-masing punya hal-hal berbeda yang disajikan.

Jejaring siber ini menyimpan informasi yang tidak banyak dikunjungi oleh pengguna internet pada umumnya, kecuali surface web. Dark web menjadi lapisan internet yang paling mengerikan.

Website yang termasuk dalam dark web hanya dapat diakses melalui Jaringan Pribadi Virtual (Virtual Private Network/VPN) atau cara khusus.

Kunjungan ke berbagai website ini biasanya dienkripsi dan penggunaan VPN memungkinkan penyembunyian identitas kamu, sehingga memberikan anonimitas yang kamu inginkan.

Dark Web adalah "dunia bawah tanah Internet". Data curian dari jaringan milik perusahaan, seperti informasi pribadi pelanggan, rekam kesehatan, dan lain sebagainya, adalah beberapa tipe data yang umum dijual di Dark Web demi mendapat keuntungan. Menginvestigasi dan menembus Dark Web bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

Ilustrasi website. (Pixabay)
Ilustrasi website. (Pixabay)

Ini karena banyak webiste dan forum di Dark Web hanya memberikan akses kepada sekelompok pengguna yang dipilih secara ketat. Biasanya pengguna diharuskan untuk menyelesaikan beberapa tugas dari administrator atau, dalam beberapa kasus disyaratkan pernah melakukan kejahatan.

Situs-situs tersebut juga tersaji dalam server "bulletproof" yang tidak mudah diakses sembarang orang. Fitur-fitur ini, berisi pengetahuan teknis tentang cara mengakses Dark Web, menjamin terjaganya kerahasiaan dan anonimitas para penggunanya.

Ada fakta unik yang perlu kamu ketahui tentang dark web. 

Faktanya adalah dark web ternyata tidak sepenuhnya untuk melakukan kejahatan. Ada beberapa oeang yang menggunakan dark web seperti pemerintahan, jurnalis, advokat, hingga pegawai perusahaan internet seperti Facebook, DuckDuckGo, dan ProPublica. Meski demikian, dark web memang lebih banyak disalahgunakan.

Studi menunjukkan bahwa 80 persen penggunaannya terkait dengan pedofilia. Ada pula orang yang menggunakannya untuk berjualan barang ilegal, konten pembunuhan, dan lain-lain. Banyak yang menganggap bahwa dark web itu tersembunyi, rahasia, dan jauh dari keramaian internet.

Namun sebenarnya siapa saja bisa mengakses dark web menggunakan Tor Browser yang gratis. Browser tersebut dimodifikasi oleh Firefox sehingga mendapatkan extension untuk privasi dan keamanan. Dark web lebih dikenal dengan konten gelap alias konten ilegal dan terkadang mengganggu untuk sebagian besar pengguna internet.

Itulah penjelasan singkat tentang apa itu dark web? Semoga informasi diatas bermanfaat.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait