Internet

Mengenal Apa Itu Domain dan Penjelasannya

Ketahui apa itu domain dan fungsinya.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi domain. (Pixabay)
Ilustrasi domain. (Pixabay)

Hitekno.com - Bagi kamu yang sering browsing internet mungkin sering mendengar istilah domain dan bertanya-tanya sebenarnya apa itu Domain. Tim HiTekno.com telah merangkum penjelasan apa itu domain untuk kamu.

Nah, pada bahasan kali ini kamu akan paham tentang arti dan fungsi dari domain ini. Istilah yang sering kamu temui untuk urusan website.

Domain dapat kamu temukan pada setiap website sebagai sebuah alamat dengan tulisan. Jadi tidak heran kamu akan mengenali suatu website  dari sebuah nama domain nya.

Setiap website sebenarnya diwakili oleh serangkaian angka yang disebut IP. IP ini yang nantinya digunakan komputer untuk mengambil datanya dari server, karena sistem komputasi bekerja dengan memahami angka.

Namun, akan merepotkan kamu bila kamu harus mengingat setiap angka tersebut ketika akan mengakses website, apalagi rangkaian angka ini selalu berbeda untuk setiap situs. Nah, untuk memudahkan kamu untuk mengakses suatu website di ciptakan lah domain name ini.

Ilustrasi website toko online. (Pixabay/200degrees)
Ilustrasi website toko online. (Pixabay/200degrees)

Jadi, Apa itu domain? Berikut penjabarannya.

Dikutip dari Wikipedia, nama domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti server web atau server surel di jaringan komputer ataupun internet.

Nama domain adalah alamat yang kamu gunakan untuk membuka dan mengakses sebuah website. Nama domain terdiri dari dua elemen utama, yaitu nama website dan ekstensi yang biasanya berawalan (.) dot.

Contohnya, facebook.com memuat nama website (Facebook) dan ekstensi (.com).

Registrasi nama domain ini dikelola oleh organisasi ICANN atau Internet Corporation for Assigned Names and Numbers. ICANN menentukan ekstensi yang tersedia dan memiliki database terpusat yang berisi informasi pengarahan nama domain.

Jadi, setelah membaca penjabaran diatas, sekarang kamu mengerti apa itu domain?

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait