Raup Berkah Bulan Ramadhan dengan Memaksimalkan Potensi Bisnis Online

Banyak yangberjualan barang-barang yang dibutuhkan saat bulan Ramadhan hingga Idul Fitri.

Agung Pratnyawan
Selasa, 12 April 2022 | 15:45 WIB
Niagahoster - membuat website. (Niagahoster)

Niagahoster - membuat website. (Niagahoster)

Hitekno.com - Bulan Ramadhan tidak hanya meraih berkat dengan menjalankan ibadah saja, namun juga menjalankan usaha. Tak sedikit yang memanfaatkan momen ini untuk mengembahkan bisnis mereka.

Selama bulan Ramadhan ini banyak yang berjualan barang-barang yang dibutuhkan saat bulan Ramadhan hingga Idul Fitri.

Di bulan Ramadhan, orang-orang cenderung lebih suka berbelanja secara online karena lebih praktis dan tidak mengeluarkan banyak tenaga.

Baca Juga: Pilih Tema Buatan Developer Lokal, Sesuaikan Kebutuhan Website

Apalagi saat ini era sudah semakin digital dan belanja online juga menjadi semakin mudah. Namun, hal tersebut juga berbanding lurus dengan persaingan yang semakin ketat.

Beberapa platform yang menjadi primadonna bagi pemilik usaha di bulan Ramadhan, khususnya bagi yang baru memulai bisnis, adalah aplikasi messenger WhatsApp dan beragam platform media sosial.

Tidak sedikit dari mereka memilih untuk memasarkan produknya dengan memposting di status WhatsApp atau media sosial. Tentunya, jangkauan pasarnya tidak terlalu luas karena status WhatsApp dan media sosial hanya bisa dilihat oleh orang-orang tertentu yang ada dalam lingkaran kontak dan pertemanan.

Baca Juga: Jasa Pembuatan Website Semakin Ramai, Pastikan Jangan Salah Pilih Hosting

Pebisnis yang sudah berkembang, memilih memasarkan usahanya di beragam platform marketplace agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

Bahkan, dua marketplace terbesar di Indonesia bisa mencapai 100 juta pengunjung setiap bulan. Tapi jumlah tersebut tidak hanya dinikmati oleh 1-2 penjual, melainkan juga ribuan penjual lain yang tergabung dalam marketplace.

Niagahoster promo Ramadhan. (Niagahoster)
Niagahoster promo Ramadhan. (Niagahoster)

Memaksimalkan Potensi Ramadhan dengan Platform Sendiri

Baca Juga: Apa Kegunaan Fitur Live Chat untuk Website Bisnis?

Dengan kesadaran digital masyarakat yang sudah semakin tinggi dan semua serba online, memasarkan bisnis di status WhatsApp dan marketplace saja tentu tidak cukup.

Untuk mengembangkan usaha, tidak bisa hanya mengandalkan platform milik orang lain dan pasrah tanpa memiliki kontrol atas pengelolaan platformnya.

Bijak Putranto, Head of Niagaweb by Niagahoster, mengatakan, memiliki website bisnis sendiri sebagai platform toko online membuat pebisnis memiliki kendali penuh atas usahanya. Aktivitas branding dan promosi pun lebih leluasa di platform milik sendiri.

Baca Juga: Niagahoster Sukses Gelar WebSight 2022, Beri Insight Dunia IT dan Website

"Menggunakan marketplace itu ibaratnya kita masih menumpang dan memanfaatkan trafik milik orang lain. Yang juga berarti kita harus mengikuti peraturan dari pemilik platform tersebut. Seller di marketplace juga harus membayar biaya admin pada marketplace yang nominalnya cukup tinggi," ujarnya.

Selain bebas dari biaya admin, pemilik usaha yang memiliki platform sendiri juga bisa mengumpulkan data konsumen yang nantinya bisa digunakan untuk marketing dan membuat strategi demi meningkatkan jumlah penjualan di bulan Ramadhan ini.

Website bisnis juga tidak hanya bisa digunakan sebagai platform toko online milik sendiri, tapi juga bisa digunakan sebagai profil bisnis atau katalog yang berisi penjelasan produk yang lebih rinci. Penggunaan website pun bisa dipadukan dengan marketplace dan media sosial agar bisnis lebih kuat.

Membuat Website Bisnis dengan Mudah, Cepat, dan Harga Terjangkau

Dilansir dari blog Niagahoster, orang masih beranggapan bahwa membuat website itu ribet dan mahal karena harus mengelola semuanya sendiri. Padahal, memiliki website dengan hosting terbaik, nama domain sendiri agar terlihat kredibel, dan tema yang menarik, tidaklah serumit yang dibayangkan.

Website bisnis bisa terwujud secara mudah dengan memanfaatkan layanan membuat website dari Niagahoster menggunakan layanan Website Instan atau Jasa Pembuatan Website Niagaweb.

Pemilik usaha hanya perlu menentukan jenis website yang akan dibuat, lalu memasukkan nama domain yang diinginkan, dan Niagahoster akan membuatkan websitenya dengan harga yang terjangkau dan fitur yang lengkap.

Meskipun Niagahoster membantu membuatkan websitenya, tapi pengelolaan konten sepenuhnya tetap berada di tangan pemilik. Pebisnis bisa dengan leluasa mengisi dan mengatur konten produk, deskripsi, maupun foto dan video pada website.

Dengan website bisnis menggunakan layanan Niagahoster, usaha di bulan Ramadhan pun akan semakin lancar dan meraup berkah sebanyak-banyaknya.

Ditambah lagi dengan promo diskon spesial hingga 75% selama bulan Ramadhan untuk layanan Website Instan dan Jasa Pembuatan Website Niagaweb, pemilik usaha pun bisa semakin mudah jaring rejeki daring.

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak