Bagaimana Mendapatkan Penghasilan Tambahan dari Blog?

Tidak jarang para blogger yang bisa mendapat penghasilan tambahan dari blog atau kegiatan blogging.

Agung Pratnyawan
Jum'at, 01 April 2022 | 14:35 WIB
Ilustrasi Blogger. (Niagahoster)

Ilustrasi Blogger. (Niagahoster)

Hitekno.com - Blog masih menjadi platform yang menarik, karena memiliki potensi besar. Terutama dalam era digital ini membuka peluang mendapatkan penghasilan tambahan dari blog.

Di tengah ramainya media sosial, blog masih bertahan karena memiliki daya tarik lain yakni dalam memberikan manfaat. Antara lain, memberikan informasi pada pembaca, menambah jejaring, dan menjadi sarana membangun personal branding atau online presence bagi blogger.

Selain itu, tidak jarang para blogger yang bisa mendapat penghasilan tambahan dari blog atau kegiatan blogging.

Baca Juga: Penghasilan Blog Lebih Lancar dengan Simple WordPress Niagahoster

Muhammad Ariffudin, SEO Content Writer Niagahoster pada kegiatan LiteBites Niagahoster 45.0, mengatakan, blogging yang awalnya hanya sebuah sarana untuk membuat catatan di internet yang bisa dibaca oleh banyak orang, kini membawa banyak manfaat. Tidak hanya bagi pembaca, tapi pastinya bagi blogger itu sendiri.

"Ketika blogger mau menulis tentang suatu topik, pasti mereka harus memahami topik tersebut sebelumnya. Caranya bisa dengan riset atau membaca informasi dari sumber terpercaya, sehingga hasil tulisannya kredibel dan valid. Tidak jarang kita sebagai blogger juga dapat ilmu baru sebelum menulis sesuatu," kata pria yang akrab disapa Arif itu.

Blog yang memiliki topik tertentu lebih mudah untuk dikenal sebagai ahli di suatu bidang yang diusung. Pengunjung pun akan kembali ke blog tersebut jika membutuhkan info untuk bidang yang terkait.

Baca Juga: Cara Membuat Blog Gratis, Mudah Dilakukan Sendiri

"Punya niche atau topik utama pada blog memudahkan untuk monetisasi sesuai topik yang diangkat. Jadi blogger sebaiknya mencari satu topik yang benar-benar dikuasai dan konsisten," lanjutnya.

Memiliki niche dan konsistensi adalah beberapa cara untuk menghasilkan blog berkualitas yang nantinya akan mudah untuk dimonetisasi. Baik menggunakan adsense atau dengan cara lain.

Penghasilan Tambahan dari Blog. (Niagahoster)
Penghasilan Tambahan dari Blog. (Niagahoster)

Tingkatkan Kualitas Blog Sebelum Monetisasi

Baca Juga: 2 Cara Membuat Blog Sendiri, Mudah dan Cepat

Membuat blog harus dipikirkan matang-matang. Dari mulai memilih niche, memilih platform gratis atau berbayar, hingga menentukan nama blog agar brandingnya bagus.

"Nama blog atau domain harus benar-benar dipikirkan secara matang karena tidak bisa diedit lagi, terutama jika membuat domain dengan ekstensi populer seperti .com atau .co.id. Sebaiknya pilih nama blog yang mudah dieja dan maksimal 63 karakter. Lalu usahakan tidak menggunakan angka atau tanda penghubung," ujar Arif membagikan tipsnya.

Kemudian, blogger juga harus konsisten untuk memperbanyak jam terbang menulis dan mengasah kualitas konten agar bisa menyajikan blog yang berkualitas. Semakin diasah, akan semakin banyak skill yang bisa dipelajari untuk menambah kualitas konten. Misalnya fotografi atau videografi. Sehingga konten blog semakin bagus dan beragam.

Baca Juga: BlogVerse Niagahoster: Beberkan Rahasia Menjadi Blogger Profesional

Kualitas blog juga bisa ditingkatkan dengan memodifikasi desain dan tampilan blog supaya terlihat rapi. Selain itu, kecepatan dan keamanan blog juga penting untuk diperhatikan agar pengunjung semakin merasa nyaman saat menjelajahi blog. Ditambah lagi, blogger bisa mengoptimasi SEO agar konten blog bisa muncul di pencarian Google, sehingga kemungkinan untuk mendapat trafik semakin tinggi.

Jangan Buru-Buru Pasang Adsense

Merawat blog dan memberikan konten berkualitas adalah tantangan utama bagi para blogger. “Tantangan lain adalah untuk tidak buru-buru memasang adsense.

Sebaiknya tunggu sekitar 7-8 bulan setelah memulai blog, atau lebih baik satu tahun. Tunggu sampai konten sudah banyak dan konsisten. Hal itu juga sebagai bentuk merawat blog sebelum dimonetisasi,” tutur Arif.

Arif menambahkan, ketika blog sudah bisa memasang adsense, sebaiknya pasang adsense dengan wajar.

"Jangan sampai terlalu banyak hingga menutupi konten website, apalagi sampai lebih banyak iklan daripada kontennya. Usahakan juga memasang iklan yang sesuai atau terkait dengan tema blog kita," sarannya.

Adsense bukan satu-satunya cara untuk mengantongi penghasilan tambahan dari blog. Arif mengatakan ada cukup banyak cara untuk bisa mendapatkan tambahan cuan dari blog.

"Ketika blog sudah banyak dikenal, blogger memiliki kesempatan besar untuk diminta mempromosikan produk atau layanan brand tertentu di blognya, atau yang dikenal dengan nama keren yaitu endorsement," ujarnya.

Selain itu, ada pula program afiliasi yang sekarang sudah banyak dimanfaatkan untuk mendapatkan komisi jika blogger berhasil membuat pengunjung blognya membeli suatu produk lewat referal link yang diposting.

"Kemudian jika sudah sukses dan punya banyak pembaca setia, blogger juga bisa memanfaatkannya untuk melebarkan sayap dengan menjual produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan pembacanya," tutupnya.

Yang terpenting adalah mulai konsisten merawat blog untuk menjadi blog yang berkualitas dari berbagai aspek sebelum memulai memonetisasinya. Dari mulai nama blog, konten, desain, tampilan, kecepatan, keamanan, hingga optimasi SEO untuk mendapatkan trafik dan pengunjung setia.

Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak