Internet

Mengenal Apa Itu DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN dan Cara Mengatasinya

Lengkap penjelasannya dan cara mengatasi pesan error ini.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi website. (Pixabay)
Ilustrasi website. (Pixabay)

Hitekno.com - Apa itu DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN dan bagaimana cara mengatasinya? Pesan error yang sering kali terjadi dan membuat kesal.

Sebagian dari kamu mungkin akan merasa panik ketika melihat layar putih dengan tulisan DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN pada website yang kamu tuju, padahal pesan tersebut hanyalah sebuah pesan error yang muncul ketika kamu memasukkan alamat domain yang benar namun website tersebut tidak bisa diakses.

Ada banyak hal yang menyebabkan suatu website tidak bisa diakses mulai dari adanya masalah pada website itu sendiri seperti trafik yang padat atau gangguan server, router atau modem yang terhubung dengan perangkat kamu tidak berfungsi, adanya masalah pada hardware atau jaringan di perangkat kamu, hingga masalah yang disebabkan oleh anti virus yang kamu install pada perangkat kamu sehingga melakukan pemblokiran terhadap koneksi internet.

Nah setelah kamu mengetahui pengertian dari apa itu DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN tersebut, pasti cari tahu bagaimana cara mengatasinya.

Maka kamu juga harus mengetahui langkah-langkah untuk mengatasi pesan error DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN tersebut dengan cara berikut ini :

1. Memperbarui alamat IP

Dengan cara buka menu command prompt pada perangkat kamu dan ketik ipconfig/release untuk menampilkan alamat IP yang sedang dipakai, kemudian ketik ipconfig/flushdns untuk membersihkan cache dan menghapus catatan record DNS cache pada perangkat kamu.

Apabila proses pembersihan tersebut berhasil maka kamu akan menerima pesan berupa Successfully flushed the DNS resolver Cache, setelah itu kamu bisa menambahkan alamat IP yang baru dengan mengetik ipconfig/renew

2. Restart DNS Client Service

Cara ini bisa kamu lakukan dengan mengetik net start dnscache pada menu command prompt untuk menghentikan layanan DNS Server, apabila perintah tersebut berhasil maka kamu akan menerima pesan The DNS Client service was stopped successfully dan untuk menjalankannya kembali kamu tinggal ketik net start dnscache setelah itu kamu akan mendapatkan pesan The DNS Client service was started successfully

3. Mengubah Alamat DNS Server

Kamu bisa mengubah DNS ke server publik seperti Google atau OpenDNS untuk bisa mengakses website yang ingin kamu buka. Jika kamu menggunakan server Google maka kamu bisa masukkan alamat IP Google 8.8.8.8 atau 8.8.4.4.

Namun jika kamu menggunakan OpenDNS maka kamu bisa memasukkan alamat 208.67.220.222 atau 208.67.222.220

4. Nonaktifkan VPN

VPN yang masih aktif bisa menyebabkan kegagalan dalam mengakses suatu URL

5. Mengatur Ulang Chrome Flags

Ketik chrome://flags/ di Google Chrome dan tekan tombol Enter lalu klik pada opsi Reset All untuk melakukan pengaturan ulang

Itulah beberapa penjelasan dari istilah apa itu DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN yang harus kamu ketahui. Jadi mulai sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi ya apabila tiba-tiba website yang ingin kamu kunjungi tidak bisa diakses, ikuti saja langkah-langkah diatas untuk menyelesaikan pesan error tersebut! Selamat mencoba!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait