Manfaatkan Program Afiliasi, Ini Cara Raup THR Extra dari Internet

Cari penghasilan tambahan dari internet? Cek artikel ini.

Agung Pratnyawan
Sabtu, 16 April 2022 | 17:10 WIB
Ilustrasi penghasilan tambahan dari internet. (Niagahoster)

Ilustrasi penghasilan tambahan dari internet. (Niagahoster)

Hitekno.com - Ingin cari pendapatan tambahan? Ingin meraup THR extra dari internet? Kamu bisa memanfaatkan progam afiliasi yang sudah banyak beredar.

Dalam rilisnya, Niagahoster mengungkap ada banyak cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari internet. Modalnya pun tidak sulit, bahkan ada yang hanya membutuhkan smartphone.

Salah satu cara mudah dalam mendapatkan penghasilan tambahan dari internet tersebut adalah bergabung dalam program afiliasi.

Baca Juga: Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet, Jurnal dan Skripsi

Donny Yudhistira Nugroho, Affiliate Marketing Specialist Niagahoster, mengatakan, bergabung dalam program afiliasi tidak terbatas dari latar belakang apa saja. Asalkan punya akun dan bisa bermain media sosial atau blog, sudah bisa bergabung dengan program afiliasi.

Program afiliasi sendiri adalah program yang memungkinkan seseorang mendapatkan komisi jika ada orang lain yang ikut menggunakan produk yang ia promosikan lewat link atau kode referal khusus.

"Untuk meraup THR extra dari internet menjelang hari raya ini, paling mudah adalah join program afiliasi. Sekarang sudah semakin banyak brand dan perusahaan yang menawarkan keuntungan-keuntungan atau komisi dalam jumlah tertentu untuk afiliatornya," ujarnya dalam event BreakTalk Niagahoster, Rabu (13/4/2022).

Baca Juga: 3 Cara Mendapatkan Uang dari Internet, Bisa Sambilan Maupun Kerjaan Utama

Jumlah dari komisi yang didapatkan oleh afiliator berbeda-beda tergantung kebijakan brand atau perusahaan yang diikuti. Bisa mulai 10%, hingga 70% seperti yang diberikan oleh Niagahoster pada afiliatornya.

Ilustrasi penghasilan tambahan dari internet. (Niagahoster)
Ilustrasi penghasilan tambahan dari internet. (Niagahoster)

Memilih Brand atau Perusahaan yang Tepat untuk Afiliasi

Banyaknya brand dan perusahaan yang menawarkan program afiliasi, tentu menjadi tantangan sendiri untuk memilih mana yang paling tepat. Selain dari segi jumlah komisi yang akan diterima, Donny menyarankan calon afiliator untuk mempertimbangkan hal lain.

Baca Juga: 5 Cara Mendapatkan Passive Income dari Internet

"Akan lebih baik jika kita menjadi afiliator produk atau layanan yang sudah pernah kita gunakan dan kita sudah tahu bahwa produk atau layanan itu bagus. Dengan mempromosikan produk atau layanan yang kita sudah tahu kualitasnya, pastinya akan lebih menggugah orang lain untuk ikut menggunakannya dengan referensi dari kita," lanjutnya.

Selain itu, amatlah penting untuk mempromosikan produk atau layanan itu dengan jujur. Oleh karena itu lebih baik jika afiliator sudah tahu pasti keunggulan dan kualitas produk yang akan ia promosikan sebelum membuat konten. Hal tersebut juga menjadi proses membangun kepercayaan audiens.

"Jujur saja produk itu bagusnya apa, keunggulannya apa. Karena kalau merekomendasikan produk yang ternyata kurang bagus tapi kita menggebu-gebu mengatakannya bagus, nanti malah membuat orang lain yang sudah tertarik membeli itu jadi kecewa. Akhirnya tidak percaya dengan produk yang kita promosikan lagi," kata Donny.

Baca Juga: 4 Cara Mendapatkan Uang dari Internet, Sampingan Hingga Profesi Utama

Konten Unik Membuat Banyak Orang Tertarik

Afiliator saat ini sudah sangat banyak, baik di Instagram, TikTok, maupun blog. Tantangan bagi para calon afiliator pun bertambah, yaitu bagaimana untuk menarik perhatian banyak orang untuk mau menggunakan link afiliasi mereka.

Strategi untuk bisa bersaing dan berkembang, Donny mengatakan, adalah dengan menjadi sedikit berbeda dari yang lain. Konten-konten unik yang masih jarang atau belum pernah dibuat oleh orang lain, pastinya akan menarik perhatian.

"Untuk bisa bersaing, bertahan, dan berkembang di tengah mulai banyaknya content creator dan afiliator, kita membutuhkan perbedaan yang mendefinisikan brand yang kita promosikan atau yang mendefinisikan diri kita sendiri," katanya.

Ia melanjutkan, konten juga bisa dibuat untuk lebih engage agar banyak orang tertarik untuk menonton dan mengarah pada ketertarikan untuk menggunakan produk atau layanan yang dipromosikan dengan konten menarik itu.

"Orang bisa tertarik membeli karena konten yang menarik, atau karena konten dan brand yang terasa relate dengan dirinya. Itu artinya afiliator sudah menangkap target pasar yang tepat," tuturnya.

Selain itu, konsistensi juga penting untuk membuahkan hasil yang maksimal. Dengan konsistensi, meraup penghasilan tambahan dari internet di tengah persaingan bukan lagi sebuah mimpi.

Berita Terkait
TERKINI

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB
Tampilkan lebih banyak