Internet

2 Cara Membuat Garis Bawah Kop Surat di Microsoft Word

Mudah ini cara membuat garis bawah kop surat di Microsoft Word.

Agung Pratnyawan

Logo Microsoft Word. (Microsoft)
Logo Microsoft Word. (Microsoft)

Hitekno.com - Inilah cara membuat garis bawah kop surat di Microsoft Word yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Kop surat atau adalah kepala surat merupakan bagian paling atas pada surat resmi yang berisi identitas dari sebuah perusahaan atau instansi.

Dengan adanya kop surat, kamu akan lebih mudah mengetahui untuk siapa surat tersebut dikirimkan dan darimana asal surat tersebut berasal.

Kop surat terdiri dari nama, alamat, nomor telepon dan logo perusahaan yang bersangkutan. Nah, keseluruhan komponen dari kop surat tersebut harus ditulis dengan huruf kapital yang benar dan selengkap-lengkapnya.

Lalu antara kop surat dengan isi harus dipisahkan oleh garis panjang, agar surat tersebut terlihat lebih rapi.

Apabila kamu ingin membuat surat yang dilengkapi dengan kop surat, maka sangat disarankan untuk membuatnya menggunakan program Microsoft Word.

Seperti yang kita ketahui, Microsoft Word merupakan program pengolahan kata andalan dari Microsoft yang memiliki berbagai macam fitur lengkap untuk memudahkan kamu dalam membuat kop surat.

Ada banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk membuat garis bawah kop surat di Microsoft Word, berikut ini cara membuat garis bawah kop surat di Microsoft Word yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan kamu:

Microsoft Word. (Microsoft)
Microsoft Word. (Microsoft)

1. Cara membuat garis bawah kop surat di Microsoft Word dengan menggunakan Menu Shapes

Menu Shapes adalah salah satu menu yang digunakan untuk memasukkan ataupun menyisipkan berbagai bentuk seperti Garis (Lines), tanda panah (Block Arrow), Flowchart, Callouts dan lainnya dengan ukuran yang kamu inginkan.

Cara membuat garis bawah kop surat di Microsoft Word dengan menggunakan Shapes ini sangat mudah, karena kamu hanya tinggal menempatkan garis lurus pada bagian bawah kop surat sesuai dengan ukuran yang kamu butuhkan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka dokumen yang ingin kamu buat garis bawah pada kop surat tersebut
  • Kemudian klik menu Insert
  • Lalu klik menu Shapes
  • Setelah itu dalam pop up menu Shapes, pilih icon dengan gambar Garis atau Line
  • Selanjutnya posisikan garis tersebut di bagian bawah kop surat, jangan lupa untuk menekan tombol Shift pada keyboard agar garis yang akan kamu sisipkan menjadi lurus
  • Lalu kamu bisa menyesuaikan garis tersebut mulai dari ketebalan garis, warna garis, compound tipe dan lain – lain

2. Cara membuat garis bawah kop surat di Microsoft Word dengan menggunakan Menu Border and Shading

Border and Shading merupakan salah satu menu di dalam program Microsoft Word yang digunakan untuk memberi garis tepi pada halaman atau paragraf di sekeliling teks ( Border atau bingkai ) dan kamu juga bisa memberi warna latar belakang teks atau paragraf yang telah di ketik ( Shading atau pewarnaan ).

Untuk membuat garis pada bagian bawah kop surat, kamu bisa menggunakan menu border and shading dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  • Buat kop surat pada program Microsoft Word dengan menggunakan header & footer
  • Setelah itu masuk ke editor header & footer, dengan cara double klik pada header dimana kop surat tersebut berada
  • Lalu letakan kursor di bagian bawah Kop surat yang sudah kamu buat
  • Kemudian klik menu Home
  • Selanjutnya pada menu Paragraph, klik menu border
  • Lalu pilih menu border and shading
  • Maka akan muncul dialog box berisi pengaturan border and shading, pada pengaturan border and shading, lakukan pengaturan berikut ini :
    • Settings : pilih None
    • Style : pilih jenis garis yang kamu inginkan untuk menjadi garis bawah
    • Preview : pada preview akan terlihat garis kotak hitam, silahkan hilangkan garis-garis pada bagian kiri, kanan dan bawah dengan menekan kotak-kotak kecil yang ada di sekelilingnya sehingga yang tersisa hanya garis di bagian atas saja
  • Apabila sudah selesai, tekan tab OK

Itulah beberapa cara membuat garis bawah kop surat di Microsoft Word yang bisa kamu lakukan dengan mudah agar surat yang kamu buat terlihat lebih rapi. Selamat mencoba!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait