Internet

93% Pebisnis Mitra Niagahoster Akui Harus Beralih ke Bisnis Online

93% dari pebisnis tersebut mengakui bahwa jika ingin bertahan, bisnis harus perlu beralih ke online.

Agung Pratnyawan

Team Niagahoster. (dok. Niagahoster)
Team Niagahoster. (dok. Niagahoster)

Hitekno.com - Tahun 2021 hampir berakhir, situasi terpuruk saat pandemi masih membekas dan pebisnis pun mulai bangkit. SEO Content Team Niagahoster, Annisa Fauziyyah, mengadakan sebuah survei pada para pebisnis mitra Niagahoster tentang saluran pemasaran yang paling efektif agar bisnis mereka tetap bisa survive dan pandangan mereka terhadap pentingnya website bagi pebisnis online.

Hasilnya, 93% dari pebisnis tersebut mengakui bahwa jika ingin bertahan, bisnis harus perlu beralih ke online.  Bisnis yang memilih untuk beralih ke online juga tidak terbatas bidang retail saja, tapi juga dari industri kuliner, pendidikan, informasi teknologi, hingga pertanian. 

Ada berbagai alasan yang mereka sampaikan untuk mendukung pilihan tersebut, tapi yang terbanyak adalah untuk memperluas jangkauan pasar (34,44%). Dikarenakan pengguna internet yang setiap tahun terus meningkat, terutama di masa pandemi ini, sehingga potensi pasar digital pun semakin tinggi.

Alasan lain pebisnis beralih ke online adalah karena tidak terikat dengan jadwal buka dan tutup toko. Sehingga bisnis online bisa menerima order dari pembeli kapan saja. Penjual juga bisa lebih fleksibel untuk bertransaksi dengan pembeli. 

Alasan yang lain adalah kemudahan pengelolaan. Pebisnis hanya perlu mengelola toko online mereka melalui ponsel atau tablet dan tidak perlu menjaga toko.

"Bisnis online juga menjadi pilihan tepat bagi mereka yang memiliki modal terbatas. Bisnis online dapat memangkas beberapa pengeluaran seperti biaya sewa toko dan biaya operasional," ujar Annisa, dikutip dari Blog Niagahoster.

Bisnis Online Perlu Memiliki Website Sejak Awal Dibangun

93% Pebisnis Mitra Niagahoster Akui Harus Beralih ke Bisnis Online
93% Pebisnis Mitra Niagahoster Akui Harus Beralih ke Bisnis Online

Di antara banyaknya bisnis online yang memasarkan produk di media sosial dan marketplace, ternyata sebagian besar dari pebisnis mitra Niagahoster mengaku bahwa website adalah salah satu komponen penting untuk memasuki pasar digital. 42,06% mengatakan bahwa website sebaiknya dibuat sejak awal bisnis dibangun.

Hal tersebut juga mendukung salah satu strategi digital marketing yang perlu diperhatikan oleh pebisnis online. Yaitu jumlah traffic website. Kunjungan pada website bisnis online, menjadi indikator keberhasilan praktik digital marketing dan harus mendapatkan perhatian khusus.

Tidak sedikit peranan website yang dirasakan oleh pelaku usaha. Antara lain kemudahan dalam memberikan informasi bagi pelanggan, sebagai sarana branding bisnis, membantu pebisnis sebagai sarana penjualan, dan website ternyata juga bisa berperan sebagai sarana komunikasi dengan klien. 

"Yang ini cukup menarik ya karena dengan aplikasi messenger yang semakin marak digunakan, ternyata website juga bisa berperan dalam hal itu," tutur Annisa.

Bantuan Tim Customer Support Sangat Penting

Namun sebelum membangun website, tentunya para pebisnis harus memilih penyedia hosting yang tepat. Layanan hosting yang berkualitas akan meminimalisir potensi masalah website ke depannya. Antara lain masalah kecepatan dan keamanan website.

Berdasarkan survei, 21,43% pebisnis mengungkapkan bahwa faktor terpenting yang perlu dipertimbangkan adalah keandalan Tim Customer Support.

"Peran Tim CS amatlah krusial dalam pengembangan website karena tidak semua pebisnis memiliki keahlian teknis yang memadai," kata Annisa.

Performa server dan harga juga menjadi pertimbangan bagi para pebisnis untuk memilih layanan hosting. Dengan performa server yang mumpuni, website pasti akan lebih cepat dan stabil, dan kenyamanan pengunjung website pun akan meningkat. Penyedia hosting yang bisa menyediakan layanan terbaik dengan harga yang murah tentu akan menjadi pilihan mereka.

Para pebisnis online tidak perlu mencari jauh-jauh, karena Niagahoster adalah salah satu penyedia hosting dan domain yang menyediakan semua itu dan bisa menjadi pilihan untuk mengembangkan website bisnis. Apalagi karena masih banyak promo hosting dan domain hingga 80% dalam rangka Anniversary Niagahoster ke-8 yang bisa dimanfaatkan hingga 15 Desember 2021.

Adapula program free access kursus digital online gratis di Niagahoster Course yang bisa dimanfaatkan untuk menggali pengetahuan tentang digital marketing.

Business Online Owner Survey Report 2021 Niagahoster bisa dibaca lebih lanjut melalui link berikut: Survei Bisnis Online: 93% Percaya Go Online Perluas Pasar - Niagahoster.

Berita Terkait