5 Alasan Pentingnya Riset Pasar Sebelum Memulai Bisnis

Startup Sampingan membagikan bagaimana pentingnya riset pasar dalam bisnis.

Agung Pratnyawan
Minggu, 12 September 2021 | 13:30 WIB
Ilustrasi riset pasar. (Sampingan)

Ilustrasi riset pasar. (Sampingan)

Hitekno.com - Dalam membangun bisnis tidak hanya dapat bergantung dari peluang tetapi juga pengetahuan yang mendalam akan pasar untuk mengetahui potensi target market dan meminimalisir risiko. Untuk itu dibutuhkan riset pasar yang baik dan tepat.

Persaingan di dalam dunia bisnis, terutama di masa pandemi seperti saat ini semakin sengit. Tak sedikit usaha yang terpaksa harus menyerah pada keadaan hingga akhirnya menutup usahanya. Di sisi lain, pandemi menciptakan peluang-peluang bisnis baru, terutama yang memanfaatkan platform digital.

Untuk membangun bisnis tidak hanya dapat bergantung dari peluang yang ada, akan tetapi lebih dari itu. Salah satu kunci utama yang harus dilakukan para calon pelaku usaha sebelum membangun ataupun memperluas lini bisnis adalah melakukan riset pasar yang baik dan tepat. 

Baca Juga: 9 Situs Template PPT Gratis Cocok untuk Kuliah dan Bisnis

Head of Business: Market Research & Crowdsourcing Marketing Sampingan, platform solusi manajemen tenaga kerja yang komprehensif, Taris Adani mengatakan "Berkembangnya sebuah bisnis sangat dipengaruhi oleh pasar, karena di sanalah produk atau layanan akan ditawarkan ke konsumen. Oleh karenanya riset terhadap pasar dibutuhkan sebelum melakukan bisnis untuk memastikan bahwa produk atau layanan yang akan ditawarkan sesuai dengan kebutuhan di pasar."

Lantas, apa saja sebenarnya fungsi atau manfaat dari riset pasar sehingga penting untuk dilakukan sebelum memulai bisnis, Taris Adani merangkumnya menjadi lima poin utama.

1. Mengenal Karakter Target Pasar Lebih Dalam

Baca Juga: Tips Membuat Video Singkat untuk Bisnis Online

Fungsi pertama dari riset pasar adalah untuk mengetahui lebih dalam mengenai bagaimana karakter konsumen yang menjadi target market dari produk.

"Dengan lebih mengenal karakter konsumen maka perusahaan akan mengetahui apa yang diinginkan pasar sehingga bisa memberikan pelayanan dan juga produk yang sesuai. Tak hanya itu, mengenal karakter dari konsumen dan target pasar juga berfungsi untuk membantu pelaku usaha ataupun perusahaan menemukan lokasi yang tepat untuk menjalankan bisnisnya," kata Taris.

2. Menganalisa Strategi yang Dilakukan Kompetitor

Baca Juga: Cara Membuat Iklan di Facebook Ads, Kembangkan Bisnis Lebih Luas

Tingginya kompetisi di dunia bisnis saat ini, menjadikan pelaku usaha penting mengetahui apa yang dilakukan kompetitor dalam bisnisnya. Hal tersebut dapat menentukan strategi atau sikap yang harus kita ambil dalam menjalankan bisnis.

Riset terhadap pasar dilakukan dalam rangka mempelajari dan menganalisis strategi apa yang digunakan oleh kompetitor dalam menjual produknya.  Dengan demikian, pelaku usaha dapat menyusun strategi yang lebih baik dari kompetitornya, sehingga potensi dan kesempatan untuk memenangkan kompetisi menjadi lebih besar. 

Ilustrasi aplikasi presentasi terbaik. (Pixabay)
Ilustrasi aplikasi presentasi terbaik. (Pixabay)

3. Mengetahui Kebutuhan dan Permintaan Pasar

Baca Juga: Bisnis Jualan Lancar, Ini Plugin Wordpress untuk Toko Online

Bagaimana pelaku usaha atau perusahaan bisa yakin bahwa produknya benar-benar diterima dan sesuai dengan permintaan serta kebutuhan konsumen? Cara mengetahuinya adalah melalui riset pasar.

Dengan melakukan riset pada pasar yang sesuai target barulah pelaku usaha bisa mengetahui apa yang dibutuhkan oleh konsumen dalam jumlah cukup besar. Ini akan menjadi peluang bagi perusahaan untuk menambah omzet dan keuntungan.

"Untuk itu, kami di Sampingan senantiasa melakukan riset pasar sebelum meluncurkan layanan atau produk baru. Tak hanya itu, kami juga memiliki layanan riset pasar yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha dalam menyusun strategi perusahaan." ungkap Taris.

4. Mencari Peluang Baru

Melakukan riset terhadap pasar bisa menambah peluang untuk mendapatkan omset serta keuntungan lebih besar. Taris mengatakan, "Peluang baru ini bukan hanya sebatas pada pasar lokal saja melainkan tidak menutup kemungkinan juga pengembangan pasar ke daerah lain maupun ke luar negeri. Selama kebutuhan dan permintaan pasar dari konsumen yang diperoleh berdasarkan riset pasar tersebut ada maka perusahaan memiliki kesempatan dan peluang baru di berbagai tempat."

5. Mengatasi Kendala dan Risiko 

Dalam bisnis apapun kendala dan risiko pasti ada dan itulah yang harus dipertimbangkan sejak awal sebelum memulai sebuah usaha. Perusahaan ataupun bisnis yang telah memperhitungkan dengan cermat apa saja kendala dan risiko yang mungkin dihadapi akan lebih mampu bertahan. Berbagai macam risiko dan kendala yang mungkin muncul saat bisnis berjalan bisa diketahui dengan melakukan riset pasar.

Contohnya kendala mendapatkan vendor terbaik, risiko kerusakan barang dan sebagainya. Berbekal data yang diperoleh dari riset terhadap pasar maka tindakan antisipasi bisa dipersiapkan.

Berita Terkait
TERKINI

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB
Tampilkan lebih banyak