Internet

5 Alasan Pentingnya Riset Pasar Sebelum Memulai Bisnis

Startup Sampingan membagikan bagaimana pentingnya riset pasar dalam bisnis.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi riset pasar. (Sampingan)
Ilustrasi riset pasar. (Sampingan)

Hitekno.com - Dalam membangun bisnis tidak hanya dapat bergantung dari peluang tetapi juga pengetahuan yang mendalam akan pasar untuk mengetahui potensi target market dan meminimalisir risiko. Untuk itu dibutuhkan riset pasar yang baik dan tepat.

Persaingan di dalam dunia bisnis, terutama di masa pandemi seperti saat ini semakin sengit. Tak sedikit usaha yang terpaksa harus menyerah pada keadaan hingga akhirnya menutup usahanya. Di sisi lain, pandemi menciptakan peluang-peluang bisnis baru, terutama yang memanfaatkan platform digital.

Untuk membangun bisnis tidak hanya dapat bergantung dari peluang yang ada, akan tetapi lebih dari itu. Salah satu kunci utama yang harus dilakukan para calon pelaku usaha sebelum membangun ataupun memperluas lini bisnis adalah melakukan riset pasar yang baik dan tepat. 

Head of Business: Market Research & Crowdsourcing Marketing Sampingan, platform solusi manajemen tenaga kerja yang komprehensif, Taris Adani mengatakan "Berkembangnya sebuah bisnis sangat dipengaruhi oleh pasar, karena di sanalah produk atau layanan akan ditawarkan ke konsumen. Oleh karenanya riset terhadap pasar dibutuhkan sebelum melakukan bisnis untuk memastikan bahwa produk atau layanan yang akan ditawarkan sesuai dengan kebutuhan di pasar."

Lantas, apa saja sebenarnya fungsi atau manfaat dari riset pasar sehingga penting untuk dilakukan sebelum memulai bisnis, Taris Adani merangkumnya menjadi lima poin utama.

1. Mengenal Karakter Target Pasar Lebih Dalam

Fungsi pertama dari riset pasar adalah untuk mengetahui lebih dalam mengenai bagaimana karakter konsumen yang menjadi target market dari produk.

"Dengan lebih mengenal karakter konsumen maka perusahaan akan mengetahui apa yang diinginkan pasar sehingga bisa memberikan pelayanan dan juga produk yang sesuai. Tak hanya itu, mengenal karakter dari konsumen dan target pasar juga berfungsi untuk membantu pelaku usaha ataupun perusahaan menemukan lokasi yang tepat untuk menjalankan bisnisnya," kata Taris.

2. Menganalisa Strategi yang Dilakukan Kompetitor

Tingginya kompetisi di dunia bisnis saat ini, menjadikan pelaku usaha penting mengetahui apa yang dilakukan kompetitor dalam bisnisnya. Hal tersebut dapat menentukan strategi atau sikap yang harus kita ambil dalam menjalankan bisnis.

Riset terhadap pasar dilakukan dalam rangka mempelajari dan menganalisis strategi apa yang digunakan oleh kompetitor dalam menjual produknya.  Dengan demikian, pelaku usaha dapat menyusun strategi yang lebih baik dari kompetitornya, sehingga potensi dan kesempatan untuk memenangkan kompetisi menjadi lebih besar. 

Ilustrasi aplikasi presentasi terbaik. (Pixabay)
Ilustrasi aplikasi presentasi terbaik. (Pixabay)

3. Mengetahui Kebutuhan dan Permintaan Pasar

Bagaimana pelaku usaha atau perusahaan bisa yakin bahwa produknya benar-benar diterima dan sesuai dengan permintaan serta kebutuhan konsumen? Cara mengetahuinya adalah melalui riset pasar.

Dengan melakukan riset pada pasar yang sesuai target barulah pelaku usaha bisa mengetahui apa yang dibutuhkan oleh konsumen dalam jumlah cukup besar. Ini akan menjadi peluang bagi perusahaan untuk menambah omzet dan keuntungan.

"Untuk itu, kami di Sampingan senantiasa melakukan riset pasar sebelum meluncurkan layanan atau produk baru. Tak hanya itu, kami juga memiliki layanan riset pasar yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha dalam menyusun strategi perusahaan." ungkap Taris.

4. Mencari Peluang Baru

Melakukan riset terhadap pasar bisa menambah peluang untuk mendapatkan omset serta keuntungan lebih besar. Taris mengatakan, "Peluang baru ini bukan hanya sebatas pada pasar lokal saja melainkan tidak menutup kemungkinan juga pengembangan pasar ke daerah lain maupun ke luar negeri. Selama kebutuhan dan permintaan pasar dari konsumen yang diperoleh berdasarkan riset pasar tersebut ada maka perusahaan memiliki kesempatan dan peluang baru di berbagai tempat."

5. Mengatasi Kendala dan Risiko 

Dalam bisnis apapun kendala dan risiko pasti ada dan itulah yang harus dipertimbangkan sejak awal sebelum memulai sebuah usaha. Perusahaan ataupun bisnis yang telah memperhitungkan dengan cermat apa saja kendala dan risiko yang mungkin dihadapi akan lebih mampu bertahan. Berbagai macam risiko dan kendala yang mungkin muncul saat bisnis berjalan bisa diketahui dengan melakukan riset pasar.

Contohnya kendala mendapatkan vendor terbaik, risiko kerusakan barang dan sebagainya. Berbekal data yang diperoleh dari riset terhadap pasar maka tindakan antisipasi bisa dipersiapkan.

Berita Terkait