Internet

7 Keuntungan Memiliki Toko Online yang Harus Kamu Ketahui

Cek nomor 5 keuntungan memiliki Toko Online ini, paling penting!

Agung Pratnyawan

Ilustrasi website toko online. (Pixabay/200degrees)
Ilustrasi website toko online. (Pixabay/200degrees)

Hitekno.com - Ternyata ini keuntungan memiliki toko online yang harus kamu ketahui apabila kamu ingin memulai berwirausaha, pastikan kamu memahami beberapa hal berikut.Siapa sih yang tidak tahu atau tidak pernah berbelanja di toko online? Dengan teknologi internet yang semakin berkembang, hampir sebagian orang memanfaatkan adanya toko online agar tidak perlu keluar rumah lagi untuk mendapatkan apa yang diinginkan.

Toko online menyediakan apapun yang kamu butuhkan dari mulai produk rumah tangga, produk perawatan wajah, produk kesehatan, peralatan olahraga, handphone, perlengkapan anak, dan masih banyak produk lainnya yang bisa kamu temukan.

Belanja online adalah kegiatan pembelian barang dan jasa melalui media Internet. Dengan belanja melalui toko online seorang pembeli bisa melihat terlebih dahulu barang dan jasa yang hendak dibelanjakan melalui web yang dipromosikan oleh penjual.
 
Mendirikan dan mengelola bisnis toko online bisa kamu lakukan dengan cara yang mudah karena kamu tidak terikat oleh tempat dan waktu, kamu bisa menjalankan toko online kamu kapanpun dan dimanapun kamu berada. Dan pencatatan data produk, stok produk, data pelanggan, pencatatan data pengiriman, resi pengiriman, perhitungan ongkos kirim, sampai pencetakan label pengiriman bisa kamu monitor dengan baik.

Untuk kamu yang ingin membuka usaha toko online, berikut ini adalah beberapa keuntungan memiliki toko online yang bisa menjadi bahan pertimbangan kamu :

1. Memperoleh lebih banyak pelanggan

Jika kamu memiliki toko online, kamu bisa melayani semua pelanggan kamu secara bersamaan. Sehingga pelanggan tidak perlu terlalu lama menunggu antrian agar bisa dilayani dengan baik dan mereka pun bisa memilih berbagai macam produk yang telah tersedia di toko online kamu.

2. Meningkatkan penjualan

Penjualan melalui toko online bisa menjaring lebih banyak pelanggan sehingga bisa meningkatkan penjualan, karena toko online bekerja selama 24 jam. Jadi kamu juga bisa menarik pelanggan yang sangat sibuk atau pelanggan yang tidak bisa belanja langsung ke toko.

3. Hemat biaya

Keuntungan memiliki toko online yaitu kamu tidak perlu menyewa tempat khusus untuk berjualan. Untuk membuka toko online kamu hanya perlu membayar domain, hosting, design dan lainnya. Kamu sudah bisa berjualan dan mempromosikan barang dagangan hanya dengan website ecommerce.

Untuk masalah desain, semua tergantung dari tipe toko online apa yang ingin kamu buat. Jika toko online kamu merupakan dropshipper maka kamu tidak perlu menyimpan banyak stok barang, dan uang kamu akan terkumpul lebih banyak untuk hal yang lain. Jadi biaya bisnis kamu secara umum akan lebih murah jika membuka toko online.

Ilustrasi Toko Online. (Pixabay/JurnalMin)
Ilustrasi Toko Online. (Pixabay/JurnalMin)

4. Mudah mengarahkan pelanggan

Toko online kamu bisa menargetkan penjualan lebih banyak pada produk tertentu atau produk best seller dengan lebih mudah. Alasan utama mengapa pelanggan akan lebih memilih membeli produk di kategori best seller adalah karena produk tersebut sudah terbukti bagus, sehingga hal itu akan lebih atraktif bagi pelanggan yang berkunjung, apalagi kalau kamu menampilkan testimoni pelanggan yang sudah puas akan produk yang kamu jual.

5. Mudah untuk menargetkan pelanggan kembali

Salah satu keuntungan memiliki toko online adalah kamu bisa mendapatkan para pelanggan kembali untuk membeli produk. Sehingga dengan begitu akan memberikan lebih banyak keuntungan. Kamu bisa menggunakan aplikasi untuk membantu dalam menargetkan kembali pelanggan yang mampir ke toko online kamu namun tidak membeli apapun.

Atau kamu juga bisa menargetkan kembali orang yang menggunakan fitur add to cart tapi tidak membeli. Kamu bisa mengumpulkan alamat email mereka lalu menggunakan pesan pop-up untuk menawarkan produk-produk toko online kamu yang menggiurkan.

6. Mempermudah proses walaupun pesanan banyak

Kamu hanya perlu melakukan rekap dan kemudian bisa langsung memproses pengiriman ke pelanggan. Melalui toko online, tidak ada jeda waktu untuk menunggu. Sehingga banyak order pun tidak ada masalah, karena pelanggan pun tidak perlu antri, semua orderan bisa masuk bersamaan.

7. Jualan sampai ke Luar Negeri

Keuntungan memiliki toko online yaitu kamu bisa dengan mudah menjualnya ke seluruh dunia. Toko online kamu memiliki kemampuan untuk mencakup seluruh pelanggan meskipun mereka berada di Malaysia, Amerika, bahkan Eropa.

Itulah keuntungan memiliki toko online yang bisa jadi bahan pertimbangan apabila kamu ingin memulai membuka usaha. Gimana? Apa kamu sudah mulai tertarik untuk memiliki toko online untuk menambah penghasilan kamu? Selamat berwirausaha!

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait