Internet

Berikut Ini Daftar Kota yang Punya Jaringan 5G di Indonesia

Apakah kota kamu sudah mendapatkan Jaringan 5G?

Agung Pratnyawan

Ilustrasi jaringan 5G. (Huawei)
Ilustrasi jaringan 5G. (Huawei)

Hitekno.com - Cek daftar kota di Indonesia yang sudah mendukung jaringan 5G, apakah kota kamu sudah termasuk di dalamnya?

Meski jaringan 5G sudah heboh hampir setahun lalu. Bahkan, sudah banyak produk smartphone yang mendukung jaringan tersebut, namun kamu harus bersabar.

Untuk bisa menikmati kecepatan jaringan terbaru tersebut, kamu baru bisa menjajalnya di lima kota besar di Indonesia di bawah ini,

Memang, pemerintah sendiri baru akan secara bertahap menghadirkan dukungan jaringan 5G ini ke seluruh Indonesia.

Namun tetap saja, kota-kota besar menjadi sasaran utama dari proyek pemerintah tersebut.

Saat ini, setidaknya baru ada beberapa kota besar di Indonesia yang sudah mendukung jaringan 5G. Berikut ini adalah daftarnya:

  1. Jabodatabek
  2. Solo
  3. Medan
  4. Balikpapan
  5. Surabaya
  6. Makassar
  7. Bandung
  8. Batam
  9. Denpasar
Ilustrasi jaringan 5G. (Pixabay)
Ilustrasi jaringan 5G. (Pixabay)

Berdasarkan data GSMA pada Juni 2021, Menkominfo menyebutkan bahwa komersialisasi 5G sudah hadir di 62 negara oleh 157 operator seluler.

Selain Indonesia, negara Asia Tenggara lain yang juga sudah bersiap-siap untuk menyambut jaringan generasi kelima ini adalah Thailand, Filipina dan Singapura.

Di Indonesia sendiri, baru ada tiga operator seluler yang mengantongi izin untuk jaringan ini, yakni Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata.

Selain kota-kota di Jawa, pemerintah juga berencana akan memfokuskan pembangunan pendukung jaringan 5G di wilayah non Jawa-Bali, seperti pada lokasi destinasi wisata super prioritas yaitu Labuan Bajo (NTT), Mandalika (NTB), Danau Toba (Sumut), Likupang (Sulut), dan Borobudur (Jateng).

Lalu apa sih kelebihan jaringan 5G jika dibandingkan dengan jaringan 4G?

  1. Jaringan 5G menghadirkan koneksi internet lebih cepat. Kecepatan jaringan 5G mengalami peningkatan hingga 100x dibandingkan sinyal 4G, yaitu hingga 10 Gbps.
  2. Jaringan 5G diklaim bisa mengendalikan drone secara lebih stabil.
  3. Jaringan 5G memiliki latensi yang lebih rendah. Latensi merupakan jeda waktu yang dibutuhkan dalam penghantaran data dari pengirim ke penerima atau perangkat.

Itulah beberapa kota di Indonesia yang punya jaringan 5G.

Kontributor: Damai Lestari

Berita Terkait