Dukung Jaringan 5G di Indonesia, Ini Kolaborasi Nokia dan Indosat Ooredoo

Ini solusi Nokia untuk Jaringan 5G dari Indosat Ooredoo.

Agung Pratnyawan
Minggu, 19 September 2021 | 15:45 WIB
Logo Nokia. (Nokia)

Logo Nokia. (Nokia)

Hitekno.com - Nokia dan Indosat Ooredoo resmi mengumumkan peluncuran layanan komersial 5G di Kota Surabaya, Jawa Timur. Dengan keja sama ini, para pelanggan Indosat Ooredoo baik perusahaan dan industri bisa merasakan pengalaman baru dalam menggunkan jaringan 5G.

Nokia akan memasok peralatan dari seri terbaru produk AirScale berbasis ReefShark termasuk portofolio AirScale Single RAN (S-RAN) untuk jangkauan indoor dan outdoor. Solusi ini akan menawarkan kecepatang yang lebih kencang dan jangkauan seluler yang lebih kuat bagi para pelanggan Indosat Ooredoo, ini juga sekaligus dapat memangkas biaya bagi para operator untuk menjalankan jaringannya.

Nokia juga akan menerapkan solusi dynamic spectrum sharing (DSS), yang memungkinkan bagi Indosat Ooredoo untuk menggunakan spektrum jaringan 4G untuk layanan 5G, ini bisa mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mengaktifkan dan menjalankan layanan 5G.

Baca Juga: Samsung Galaxy A52s 5G Mendukung Jaringan 5G Indonesia, Tapi...

Nokia dan Indosat Ooredoo, bersama dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya dan Universitas Oulu, Finlandia juga akan membuka Nokia 5G Experience Center di kampus ITS di Surabaya.

Experience Center ini akan menjadi Pusat Kreativitas yang dirancang untuk pengembang teknologi, mahasiswa ITS juga dapat menggunakan untuk mengeksplorasi dan mengembangkan teknologi baru yang menggunakan 5G guna mendorong inovasi dan pengembangan sosial ekonomi di Indonesia.

Selain itu, fasilitas ini juga akan menjadi Pusat Pengetahuan dengan kemampuan 5G milimeter-wave untuk secara langsung mensimulasikan penerapan 5G guna menguji berbagai kasus penggunaan 5G.

Baca Juga: OPPO Gulirkan Pembaruan Reno5 5G, Buka Kunci Jaringan 5G

Experience Center ini juga akan menjadi Pusat Layanan Unggulan yang menawarkan sertifikasi professional 5G dan program akademik lainnya bagi talenta digital Indonesia.

Indosat Ooredoo menawarkan layanan komunikasi terdepan kepada para pelanggan di seluruh Indonesia, termasuk layanan seluler dan telepon tetap, video, internet, dan komunikasi bisnis. Nokia sebelumnya telah bekerjasama dengan Indosat Ooredoo untuk peningkatan beberapa jaringan di Indonesia, termasuk solusi jaringan IP/MPLS mobile transport dan LTE-Advanced.

Ahmad Al-Neama, President Director & CEO Indosat Ooredoo, mengatakan, "Saya sangat bersyukur dan bangga untuk meluncurkan layanan 5G Indosat Ooredoo di Surabaya sejalan dengan komitmen kami untuk terus menjadi yang terdepan dalam revolusi 5G di Indonesia. Teknologi ini akan membantu membuka banyak peluang bagi pendidikan, masyarakat, dan ekonomi daerah. Sebagai hasil kolaborasi kami dengan ITS, Nokia, dan Universitas Oulu Finlandia, kami hadirkan 5G Experience Center yang canggih untuk melengkapi inovasi dan pengembangan konten use case lokal yang relevan dengan kebutuhan kota ini. Dengan dukungan penuh dari Pemerintah, Indosat Ooredoo terus mempercepat transformasi Indonesia menjadi bangsa digital dan berkemampuan 5G."

Baca Juga: Wajib Beli, Rekomendasi 4 HP dengan Dukungan Jaringan 5G Telkomsel

Prof.Dr.Ir. Mochamad Ashari, Rektor ITS, menjelaskan: "Kami sangat senang dapat bermitra dengan Nokia untuk membawa inovasi 5G ke Indonesia, khususnya di Surabaya."

"Melalui kerjasama ini, kami bertujuan untuk menyediakan platform bagi para pemikir muda untuk berkolaborasi langsung dengan para pemimpin industri dan bisnis serta mengembangkan solusi 5G yang akan bermanfaat bagi universitas dan masyarakat luas. Peluncuran Nokia 5G Experience Center ini juga sejalan dengan agenda pemerintah yang menginginkan ITS menjadi ujung tombak untuk melakukan edukasi dan penelitian serta memberikan kesempatan kepada para mahasiswa dan kampus ITS untuk menjadi yang terdepan dalam inovasi teknologi," jelas Ashari.

Tommi Uitto, President of Mobile Networks Nokia, "Kami sangat antusias untuk meluncurkan layanan komersial 5G di Indonesia bekerjasama dengan Indosat Ooredoo sebagai mitra terpercaya kami. Portofolio AirScale Nokia akan memberikan layanan terbaik di kelasnya bagi para pelanggan Indosat Ooredoo. Kedepannya saya berharap dapat terus bekerja sama dengan Indosat Ooredoo untuk menghadirkan layanan 5G di Indonesia. Pembukaan Nokia 5G Experience Center juga akan membantu untuk menyediakan platform guna mendorong inovasi di tanah air."

Baca Juga: Masuk ke Indonesia, Radiasi Jaringan 5G Ancam Kesehatan Manusia?

Berita Terkait
TERKINI

Dibekali kamera mumpuni, ini cara membuat konten sinematik dengan SamsungGalaxy S24 Series....

gadget | 12:19 WIB

Ini beberapa fitur unggulanPOCO M6 Pro yang diklaim memberikan pengalaman lebih bagi anak muda....

gadget | 12:00 WIB

Harga Samsung Galaxy A05s masih terjangkau, cek berapa sekarang....

gadget | 10:48 WIB

Jika Anda sedang mencari komputer tanpa CPU, Anda bisa cek 4 komputer dari Acer berikut ini....

gadget | 12:44 WIB

Mulai 2 Maret 2024, Vivo V30 sudah dapat diperoleh di seluruh gerai resmi dan mitra Vivo Indonesia....

gadget | 09:48 WIB

Cek seperti apa Huawei FreeBuds Pro 3 ini....

gadget | 18:50 WIB

Samsung akan terus mengembangkan Galaxy Buds Series untuk memberikan kualitas audio dengan kecerdasan dan konektivitas t...

gadget | 15:29 WIB

Redmi Note 13 Series resmi rilis, cek apa saja yang masuk....

gadget | 15:22 WIB

Cek dulu daftar harga Redmi Note 13 Series ini, resmi dihadirkan ke Indonesia....

gadget | 16:26 WIB

Laptop gaming bertema kucing, cek seperti apa Colorfire Meow....

gadget | 18:33 WIB

POCO Indonesia membekali HP baru ini dengan layanan after sales yang memadai....

gadget | 18:09 WIB

Redmi Note 13 Series dipastikan akan meluncur Februari 2024, cek apa yang ditawarkan....

gadget | 17:59 WIB

Redmi A3, HP murah baru dari Xiaomi Indonesia....

gadget | 18:09 WIB

Apa saja HP baru dari Redmi Note 13 Series ini?...

gadget | 12:05 WIB

Lensa telefoto periskop pada smartphone bekerja dengan prinsip yang mirip dengan teknologi periskop konvensional....

gadget | 18:59 WIB

POCO C65 resmi dipasarkan, kini tersedia di berbagai toko online....

gadget | 16:15 WIB

POCO Indonesia menyiapkan harga spesial untuk POCO M6 Pro....

gadget | 17:22 WIB

Cek apa saja fitur Samsung Galaxy A25 5G yang menunjang untuk main game....

gadget | 18:45 WIB
Tampilkan lebih banyak