Internet

Harus Tahu, Ini Cara Membuat CV Online Menarik Agar Dilirik HRD

Gunakan situs ini untuk membuat CV online dengan menarik namun mudah.

Agung Pratnyawan

Membuat CV Online - Canva. (Canva)
Membuat CV Online - Canva. (Canva)

Hitekno.com - Cara membuat CV online tentu sangat membantu, sehingga tidak perlu berlama-lama di depan laptop. Cara membuat CV online menjadi hal yang penting untuk kamu ketahui apalagi juga kamu ingin melamar pekerjaan. Curriculum Vitae atau CV adalah dokumen yang memberi informasi tentang kualifikasi seorang pencari kerja.

Informasi yang disebutkan dalam sebuah CV mencakup data pribadi, latar belakang pendidikan, prestasi, keterampilan, pengalaman profesional, dan lain-lain. Pada saat melamar pekerjaan, biasanya curriculum vitae menjadi komponen utama yang dilihat oleh HRD.

Tidak hanya isinya yang menjadi perhatian HRD dan tim rekrutmen, namun juga keseluruhan dari CV termasuk tampilannya.

Semakin menarik CV yang kamu buat, semakin besar peluang untuk mendapatkan panggilan wawancara dari HRD. Sekarang membuat CV agar lebih menarik bisa lewat online jadi praktis dan gratis pula.

Sebab kita tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam membuat layout CV, memilih font bagus. Berikut cara membuat CV online yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Cara Membuat CV Online dengan Canva

Membuat CV Online -  Canva. (Canva)
Membuat CV Online - Canva. (Canva)

Canva dikenal luas sebagai alat desain grafis yang dapat digunakan semua orang. Situs ini menyediakan berbagai kebutuhan desain grafis online dengan antarmuka mudah digunakan. Tak cuma membuat poster, Canva bisa membantu kamu membuat CV.

Semua tools desain grafis Canva tersedia untuk pembuatan resume juga. Itu berarti kamu dapat menambahkan elemen, bentuk, gambar khusus, atau lainnya ke CV.

  • Pilih dari pustaka Canva atau melalui template-template CV yang telah disediakan di dalam
  • Canva atau desain dari awal dengan template A4 kosong.
  • Klik kotak teks untuk menambahkan pengalaman profesional yang pernah kamu miliki dengan mudah pada template yang tersedia.
  • Sesuaikan warna, font, dan tata letak sesuai kebutuhan kamu.
  • Setelah cara membuat CV online selesai, kamu hanya perlu mengunduh CV lamaran kerja dalam format apapun sesuai yang kamu butuhkan, sematkan secara online atau cetak.

2. Cara Membuat CV Online dengan BikinCV.com

Membuat CV Online -  BikinCV. (bikincv.com)
Membuat CV Online - BikinCV. (bikincv.com)

BikinCV merupakan sebuah platform untuk membuat Curriculum Vitae (CV) secara online dengan praktis. Pengguna hanya perlu mengisi data dengan lengkap kemudian CV bisa didownload dalam bentuk PDF. Pada aplikasi ini disediakan berbagai template yang menarik yang kamu bisa pilih sesuai selera.

  • Login ke dashboard BikinCV di laman www.bikincv.com
  • Isi data, pengguna akan diminta untuk mengisi form data diri, foto terbaru, riwayat pendidikan, hobi, riwayat pekerjaan, kemampuan dan beberapa data lain untuk melengkapi CV.
  • Pilih desain, pada bagian ini kamu bisa memilih desain sesuai selera. Beragam desain CV menarik yang bisa kamu pilih dengan berbagai warna.
  • Setelah cara membuat CV online selesai, kamu bisa mendownload CV melalui dashboard.

3. Cara Membuat CV Online dengan Kickresume

Membuat CV Online -  KickResume. (kickresume.com)
Membuat CV Online - KickResume. (kickresume.com)

Kickresume merupakan salah satu aplikasi untuk membuat Curriculum Vitae (CV) dengan berbagai desain yang unik dan menarik. Aplikasi ini juga bisa digunakan pengguna secara gratis dan tanpa membuat akun pun bisa. Untuk pemula, kickresume sangat direkomendasikan karena toolsnya yang mudah dipahami.

  • Klik pada laman https://www.kickresume.com
  • Isi data diri secara lengkap
  • Apabila data sudah terisi dengan lengkap, kamu bisa mengunduhnya sebagai PDF.

Pada aplikasi Kickresume tersedia fitur grammar checker di mana bisa memudahkan pengguna yang akan membuat CV dalam bahasa Inggris. Kamu bisa menyesuaikan CV dengan background dan pekerjaan yang kamu lamar. Apabila ingin lebih mudah, Kickresume juga bisa membuat CV melalui data LinkedIn kamu.

4. Cara Membuat CV Online dengan Zety.com

Membuat CV Online -  Zety. (Zety)
Membuat CV Online - Zety. (Zety)

Salah satu situs yang tidak kalah menarik dalam pembuatan CV adalah Zety. Pada situs ini sebelum membuat CV secara online, kamu bisa mendapatkan tips atau rekomendasi dari tim rekrutmen profesional. Zety juga menyediakan berbagai jenis template yang membuat pengguna bisa leluasa memilih.

  • Kamu bisa ke laman www.zety.com
  • Kamu harus login terlebih dahulu, apabila belum memiliki akun, kamu harus mendaftar terlebih dahulu. Kamu bisa menghubungkan ke google account, facebook, atau twitter.
  • Cara membuat CV online kemudian kamu bisa memulai membuat CV sesuai yang kamu inginkan sesuai kreativitas.
  • Apabila kamu baru memulai membuat CV, maka Zety akan memberikan berbagai tips, pada bagian atas template terdapat kolom tips yang bisa kamu baca.
  • Setelah kamu membuat CV dari template yang tersedia, kamu bisa mengunduhnya.

5. Cara Membuat CV Online dengan CV Maker

Membuat CV Online -  CVMaker. (CVMaker)
Membuat CV Online - CVMaker. (CVMaker)

Situs pembuatan CV online secara gratis lainnya adalah CV Maker. Tidak perlu mendaftar dengan akun baru untuk login, kamu bisa memulai login dengan akun facebook. Kamu bisa menikmati beragam template yang disediakan CV Maker. Situs ini terkenal lebih mudah dibanding situs-situs yang lain. CV Maker bisa menyimpan CV dalam format PDF, HTML, dan TXT.

  • Login ke situs https://cvmkr.com atau kamu bisa login dengan akun facebook.
  • Kemudian kamu pilih creat CV.
  • Buat CV sesuai kreativitas kamu.
  • Setelah selesai, kamu bisa mengunduhnya.

Itulah cara membuat CV online, desain CV saja belum cukup. Kamu juga harus memperhatikan setiap detail yang ada di dalam CV-mu. Dengan begitu, HRD akan terkesima dan meloloskanmu ke tahap berikutnya.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait