Internet

Cara Membuat CV di Canva Gratis yang Wajib Kamu Coba

Begini nih cara membuat CV di canva gratis.

Dinar Surya Oktarini

Edit foto online dengan Canva. (Canva)
Edit foto online dengan Canva. (Canva)

Hitekno.com - CV atau curriculum vitae adalah salah satu dokumen terpenting yang harus kamu siapkan sebelum melamar pekerjaan, magang, atau bahkan melamar beasiswa. Kamu bis amengikuti cara membuat CV di canva gratis. 

Dokumen ini berisi daftar riwayat hidup. Informasi yang disebutkan dalam sebuah CV mencakup data pribadi, latar belakang pendidikan, prestasi, keterampilan, pengalaman profesional, dan lain-lain. Cara membuat CV tidak harus dengan software desain yang rumit seperti Adobe Illustrator.

Ternyata, kamu juga bisa membuat CV di Canva dengan cara yang amat mudah. Kamu tidak membutuhkan teknik khusus untuk membuatnya. Bahkan, cara-cara ini dapat dilakukan dalam waktu singkat. Jadi, kamu bisa menghemat waktu. Canva sendiri merupakan aplikasi desain yang dapat dimanfaatkan untuk membuat logo, editor video ataupun membuat desain brosur dan CV yang menarik serta kekinian.

Cara membuat CV di Canva terbilang cukup mudah, praktis, dan anti ribet. Bahkan Canva juga sudah menyediakan template CV yang menarik secara gratis maupun berbayar. Berikut cara membuat CV di Canva yang HiTekno.com rangkum dari berbagai sumber.

Canva/Youtube
Canva/Youtube

Format CV yang Wajib Diisi

Isi CV harus menggambarkan prestasi akademis dan pengalaman kita. Maka dari itu, yang wajib dicantumkan dalam CV adalah:

1. Data diri seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi, alamat email.
2. Riwayat pendidikan yang mencakup almamater dan gelar.
3. Pengalaman kerja mencakup posisi yang pernah ditempati, durasi bekerja, job description, perusahaan tempat bekerja, sertakan pula pengalaman kegiatan organisasi, sukarelawan, maupun magang.
4. Keterampilan pendukung yang memuat keahlian dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan.

Poin-poin penting di atas dicantumkan secara urut. Sertakan deskripsi atau penjelasan yang diperlukan pada setiap poin, sehingga perjalanan hidup kamu tergambar lengkap dan jelas. Jika ada, tuliskan pula pencapaian seperti kejuaraan kompetisi atau tambahan informasi lain yang dirasa perlu dicantumkan sebagai bagian dari isi CV.

Cara Membuat CV di Canva dengan Template

Tahap paling pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat akun Canva. Caranya sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

• Buka aplikasi Canva.
• Pilih masuk menggunakan akun Facebook, email, atau Google.
• Masukkan detail yang diperlukan seperti nama lengkap dan pekerjaan.
• Tap Sign up.
• Konfirmasi akun via alamat email.
• Selesai. Akun Canva siap digunakan.

Disarankan kamu mengingat email dan password yang digunakan di akun Canva, mengingat jika hendak login di perangkat lain, hasil pekerjaanmu masih tersimpan di akun yang sama.

Cara Membuat CV di Canva dengan Template

Setelah selesai membuat akun, maka langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah mencari dan memilih template CV yang dirasa menarik dan sesuai dengan seleramu.

• Tap menu Templates di bagian bawah.
• Tap "Resume" pada kolom pencarian di bagian atas.
• Pilih template yang dirasa menarik. Jika ingin membuat dengan desain sendiri, pilih Blank.
• Cara membuat CV di Canva selanjutnya kamu hanya perlu mengubah format di template dengan data diri kamu.
• Setelah itu Save.
• Cara membuat CV di Canva selesai.

Sebagai informasi, ada cukup banyak pilihan template yang bisa dipakai. Biasanya para pengguna memilih kategori "Corporate Resume" atau "Creative Resume". Itu tadi cara membuat CV di Canva, selain melalui website, kamu juga bisa mendesain CV kamu di smartphone dengan mengunduh Canva melalui App Store atau Play Store.

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha

Berita Terkait